Infobantul’s Blog

melihat bantul dengan telinga

Tak digaji, nggrudug kantor pusat

KP 40 karyawan Baitul maal wattanwil Keluarga Besar Muslim (BMT KBM) senin siang mendatangi kantornya di Dusun Pringgolayan Banguntapan untuk menuntut pembagian penghasilan. Heru salah satu karyawan mengaku tidak dibayar sejak November 2008. Bahkan sebulan terakhir heru terpaksa menganggur karena kesulitan mendapat nasabah menyusul turunnya kepercayaan terhadap BMT KBM. Ketika terdapat protes dari nasabah Heru hanya memberi keterangan bahwa pimpinan kantor tidak dapat dihubungi. Karena kantor BMT KBM dalam keadaan terkunci dan pimpinan kantor tidak dapat dihubungi, Heru dan teman-temannya segera mendatangi kantor pusat Muamalat Center Indonesia (MCI) di Jalan Kaliurang. Mereka menuntut pencairan uang nasabah dan karyawan senilai 230 juta rupiah.

Sementara itu Pimpinan MCI Subardono mengatakan dirinya akan segera datang ke kantor BMT KBM . Subardono menambahkan tidak dapat datang lebih awal karena harus bertemu dengan pemilik rumah kontrakan yang difungsikan sebagai kantor BMT KBM untuk mendapatkan kunci. Subardono tidak memberikan keterangan lebih lanjut dan tergesa-gesa menutup telepon ketika dihubungi. (lila)

 

KP Petani di kecamatan Kretek, Sanden dan Bambanglipuro menjual padi yang belum layak dipanen kepada para tengkulak. Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan (Dipertahut) Kabupaten Bantul Edy Suharyanto mengatakan sekitar 800 hektar tanaman padi yang belum layak panen telah dijual oleh petani sekitar satu minggu terakhir. Menurut Edy hal itu sangat bertentangan dengan komitmen Kabupaten Bantul yang menyarankan petani supaya menjual dalam bentuk beras. Edy menambahkan harga jual para pedagang saat ini relatif tinggi sekitar 2.500 rupiah per kilogram sehingga para petani ingin segera menjual padinya. Khusus petani di Sanden menurut Edy persipan mengolah lahan untuk tanaman bawang merah menjadi alasan petani segera menjual padinya. Menghadapi fenomena ini, Dipertahut akan segera mengecek kondisi di lapangan untuk menentukan tindak lanjut penanganannya.

Sementara itu Purwanto, petani di desa Sumbermulyo Bambanglipuro mengaku tidak berani menjual padi sebelum siap panen karena merugikan.. Padi yang dibeli dengan sistem ijon harganya sangat rendah bila dibandingkan dengan padi yang telah dipanen. Purwanto mengatakan saat ini padi milik petani Sumbermulyo baru berumur 50 hari dan belum siap panen. Purwanto akan memanen padi setelah berumur 90 hari. (lila)

 

KP Tim SAR Pantai Parangtritis Minggu siang berhasil menemukan 3 korban tenggelam di Pantai Parangtritis masing-masing Arif Budi Nugroho, Andrea Setyo Budi dan Risky Firmansyah. Menurut keterangan Komandan Tim SAR Pantai Parangtritis Suroyo ketiga korban yang tercatat sebagai  pelajar SMP Muhammadiyah 1 Paguyangan Brebes ditemukan diantara pantai Parangtritis dan Depok antara pukul 9 hingga 12 siang. Suroyo menjelaskan setelah diperiksa oleh tim identifikasi polres Bantul jenazah ketiga korban langsung diserahkan kepada Kepala Sekolah dan guru untuk dibawa pulang ke Brebes. Suroyo menambahkan tim SAR masih terus melakukan mencarian terhadap 2 korban lain yang belum ditemukan. (totok)

 

KP Guru Tidak Tetap (GTT) dan Pegawai Tidak Tetap (PTT) kabupaten Bantul mengajukan kuota khusus dalam penerimaan Calon Pagawai Negeri Sipil (CPNS) kepada pemerintah kabupaten Bantul. Ketua GTT PTT Subardi menjelaskan meski penerimaan CPNS terbuka untuk umum,namun tes untuk  GTT PTT harus terpisah dari peserta umum. Subardi menilai selama ini GTT PTT kalah bersaing dengan pendaftar yang jauh berusia lebih muda dalam memperebutkan lowongan CPNS. Subardi meminta kepada pemerintah kabupaten Bantul untuk mulai memberikan kuota khsusu bagi GTT PTT mulai tahun ini. Subardi berharap pemberian kuota bagi GTT PTT akan terus berjalan sambil menunggu keluarnya Peraturan Pemerintah tentang pengangkatan GTT PTT menjadi CPNS.

Menanggapi permintaan ini Wakil Bupati Sumarno yang menerima pengurus GTT PTT meminta kepada Dinas Pendidikan Dasar serta Dinas Pendidikan menegah dan nonformal untuk mengajukan daftar GTT PTT yang memenuhi persyaratan untuk menjadi CPNS. Sumarno mengaku akan menyampaikan surat kepada bupati Bantul. Sumarno menambahkan keputusan ini masih menunggu pembahasan di tingkat kabupaten. (totok)

 

KP Produksi ikan tangkap selama tahun 2008 turun 13 persen bila dibandingkan tahun 2007. Kasi Pengembangan Pengawasan Pengendalian Kelautan dan Lingkungan Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan Bantul Istriyani mengatakan produksi ikan tangkap tahun 2007 mencapai 245 ton, sedangkan tahun 2008 turun menjadi 213 ton. Menurut Istri kurangnya nelayan melaut menjadi penyebab penurunan produksi ikan tangkap. Berkurangnya perjalanan laut para nelayan disebabkan karena cuaca sepanjang tahun 2008 kurang mendukung. Migrasi ikan ke perairan lain juga menyebabkan produksi ikan tangkap menurun. Nelayan memilih untuk menjaring ikan di tempat lain seperti Cilacap bila ikan sedang migrasi. Selain produksi ikan tangkap, produksi ikan perairan umum juga turun dari 394 ton tahun 2007 menjadi 289 ton tahun 2008. Namun produksi ikan budidaya naik dari 1.200 ton tahun 2007 menjadi 1.600 ton tahun 2008. Istri menambahkan pihaknya telah memberikan bantuan peralatan penangkap ikan senilai 82 juta rupiah. Bantuan diberikan kepada 3 kelompok nelayan, masing-masing di Pantai Samas, Kuaru dan Pandansimo. (lila)

 

KP Pemerintah kabupaten Bantul tetap akan menarik pelungguh sekertaris Desa atau Carik yang menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Sebab berdasarkan peraturan carik yang menjadi PNS tidak boleh menerima pengahsilan dari pelungguh. Kepala bagian pemerintahan Desa Setda Bantul Misbakhul munir menjelaskan penarikan pemerintah kabupaten Bantul menarik pelungguh setelah carik mulai menerima gaji. Munir mengatakan proses pengangkatan carik menjadi PNS maupun pengisian jabatan carik oleh PNS akan berlangsung dalam 3 tahap. Bila tidak terdapat kendala maka pada tahun 2009 seluruh jabatan carik di kabupaten Bantul akan diisi PNS. (totok)

 

KP Pemeriksaan aset daerah berkaitan dengan rencana audit Badan Pemeriksa Kuangan tidak akan mengganggu kinerja Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Abudzarin norhadi menjelaskan setiap SKPD cukup mengumpulkan laporan tertulis berkaitan dengan aset daerah. Namun bila BPK menghendaki pemeriksaan secara fisik maka sudah siap. Sehingga menurut Abu setiap SKPD cukup menyiapkan asetnya di kantor masing-masing. Abu menambahkan Badan Pengelola Keuangan dan Aset daerah tidak memiliki cukup ruangan untuk menampung seluruh aset milik pemerintah kabupaten Bantul. (totok)

 

KP Wakil Bupati Bantul Swumarno berharap setiap pejabat harus mampu meningkatkan Daya Saing Daerah. Peningkatan daya Saing daerah antara laindapat diukur dengan keberhasilan penyelenggaraan otonomi daerah,peningakatan pelayanan,pemberdayaan dan peran masyarakat. Sumarno menyampaikan pernyataan ini seusai melantik 4 pejabat eselon 3 dan 6 pejabat eselon 4 di lingkungan pemerintah kabupaten Bantul senin siang di gedung induk komplek parasamya. Pejabat yang dilantik antara lain dari Badan Perencanaan dan Pembangunan Dearah (Bapeda),Kantor Inspektorat kabupaten Bantul Dinas Perijinan,Bagian protokol dan Bagian umum setda Bantul serta Sekertariat kecamatan Srandakan. (totok)

 

KP Regu drumband SD Muhammadiyah Bodon Jambidan Banguntapan berhasil meraih juara umum pada kejuaraan nasional Persatuan Drumband Indonesia Pusat ke 12 di Surabaya 28 Januari hingga 1 Februari 2009. Kepala Sekolah SD Muh Bodon Sukemi Tirta mengatakan pihaknya mengirimkan 2 regu mewakili Provinsi DIY masing-masing kelas bukan terompet dan kelas terompet. Regu bukan terompet berhasil memperoleh juara umum. Sukemi menjelaskan regu bukan terompet meraih juara 1 dalam 4 kriteria meliputi lomba baris berbaris, kecepatan, unjuk gelar dan ketahanan fisik. Sedangkan dalam kategori lomba rampak hanya berhasil meraih juara 2. Dengan demikian SD Muh Bodon memperoleh Tropi juara umum, tropi dari 4 kelas dan piagam. Sukemi menambahkan 72 anak yang mengikuti perlombaan masing-masing mendapatkan nilai tambahan 2 poin pada Ujian Akhir Sekolah (UAS) dan Ujian Akhir Nasional (UAN) mendatang. (*)

 

Info Bantul Radio Persatuan Bantul 94.2 FM Senin-Sabtu pukul 05.45 WIB dan pukul 16.45 WIB

Februari 3, 2009 - Posted by | Info Harian

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: