Infobantul’s Blog

melihat bantul dengan telinga

Angin kencang, empat pohon tumbang

KP Peristiwa pohon tumbang rabu siang terjadi di 4 titik di Kabupaten Bantul,masing-masing di Karangnongko Sewon, Pelagaran Srigading Sanden, Samas Srigading Sanden dan Pandansimo Srandakan. Staf Kantor Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat (Kesbanglinmas) Bantul Agus Jaka Sunarya menjelaskan pohon tumbang di Karangnongko dan Samas melintang dijalan sehingga pohon harus segera dievakuasi supaya tidak mengganggu arus lalu-lintas. Sedangkan pohon tumbang di Pelagaran menimpa dapur milik salah satu warga. Jaka mengaku belum menerima informasi lebih lanjut tentang pohon tumbang di Pandansimo sehingga belum mengetahui kerusakan yang ditimbulkan. Jaka menjelaskan angin kencang yang terjadi sekitar pukul 10.00 hingga pukul 11 siang menjadi penyebab tumbangnya pohon. Jaka menambahkan selain pohon tumbang rabu siang juga terjadi musibah tanah longsor di Srimartani Piyungan. Joko mengatakan tidak terdapat korban jiwa dalam peristiwa tanah longsor maupun pohon tumbang. Joko menambahkan kemarin juga terjadi peristiwa tanah longsor di 4 lokasi. masing-masing di Cino Mati Dlingo, Tangkil Dlingo dan Selopamioro Imogiri. Di lokasi kejadian Gepeng, warga Samas mengatakan angin yang terjadi Rabu siang sangat kencang sehingga menyebabkan tumbangnya salah satu pohon di sebelah selatan jembatan pintu masuk ke Pantai Samas. Kebetulan saat itu kondisi jalan sepi sehingga tidak terdapat korban jiwa. Gepeng menambahkan beberapa rumah kehilangan sebagian gentengnya karena tertiup angina kencang. Namun sebagian besar rumah yang terkena angin sudah tidak ditempati pemiliknya. (lila)

KP Proses Pencairan dana stimulan program padat karya di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Bantul rawan untuk kepentingan kampanye. Kepala Disnakertrans Bantul Sugeng Sudaruno mengaku dapat melihat indikasi kepentingan kampanye dari terdapatnya proposal yang seragam untuk satu kelurahan dengan kegiatan yang sama. Akibatnya terdapat lebih dari 20 proposal untuk satu kecamatan. Untuk membatasi semakin banyaknya proposal yang masuk Disnakertrans hanya akan menerima proposal hingga pertengahan Februari 2009. Sugeng menghargai semangat warga masyarakat untuk mengajukan proposal namun untuk menentukan proposal yang berhak mendapat dana stimulan program padat karya tetap melalui pencermatan. Sebab pada tahun 2009 Disnakertrans Bantul hanya mendapat alokasi dana stimulan program padat karya sekitar 3,8 Milyar rupiah untuk kegiatan di 21 titik. Sugeng menambahkan pencairan dana program padat karya bertepatan dengan masa kampanye pemilu 2009. Sementara itu Sekertaris Daerah Bantul Gendut Sudarto saat dihubungi lewat telpon mengaku optimis dana stimulan program padat karya akan tepat sasaran. Gendut berharap Disnakertrans Bantul tetap mematuhi petunjuk pelaksanaan. Gendut menilai sangat sulit untuk memanfaatkan pencairan dana program padat karya untuk kampanye. Sebab terdapat mekanisme pertangungjawaban penggunaan dana lewat laporan. (totok)

KP Hingga memasuki akhir masa jabatan Komisi D DPRD Bantul baru memriksa 20 persen bangunan fifik di Bantul. Anggota Komisi D DPRD bantul Agung laksmono menilai dengan wilayah kerja lebih besar di lapangan maka fungsi pengawasan komisi D DPRD Bantul belum optimal. Agung menilai seharusnya Komisi D memeriksa seluruh proyek bangunan fisik di Bantul. Agung menjelaskan kesibukan anggota Komisi D DPRD Bantul yang merangkap menjadi anggota Panitia Anggaran dan Panitia Musyawarah menyebabkab Komisi D DPRD Bantul tidak dapat memanfaatkan secara optimal jatah 10 kali kunjungan ke lapanagan setiap bulan. Namun sebenarnya Komisi D DPRD bantul cukup memeriksa 50 persen sehingga memenuhi syarat untuk menjadi sampel pengawasan. Agung menambahkan akibat kurangnya pengawasan masih terdapat bangunan yang tidak berkualitas. (totok)

KP Alokasi piutang Dinas Pertanian dan Kehutanan (Dipertahut) Bantul kepada petani untuk pembelian bibit mencapai 1,6 miliar rupiah. Kepala Dipertahut Bantul Edy Suharyanto menjelaskan sebagian besar petani yang berhutang adalah petani bawang merah Sanden karena gagal panen akibat banjir tahun 2004. Edy menambahkan pihaknya masih memberi waktu pembayaran hutang hingga Juli 2010. Sebelumnya pembayaran hutang juga telah diperpanjang karena gempa bumi tahun 2006. Dipertahut Bantul hingga saat ini siap membeli beberapa komoditas pertanian bila harganya jatuh diantaranya padi, jagung, kedelai, kacang tanah, bawang merah dan cabai. Edy menambahkan pada musim panen Januari hingga Februari 2009 pihaknya telah membeli 22 ton jagung pipilan kering karena harga yang anjlok. Sedangkan selama tahun 2008 dana talangan hanya terpakai senilai 20 juta rupiah untuk membeli gabah karena harga komoditas pertanian pada tahun 2008 cukup bagus. Edy menambahkan saat ini masih terdapat 506 juta rupiah dana talangan yang siap digunakan untuk membeli komoditas pertanian yang harganya jatuh. (lila)

KP Jumlah siswa lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) di Bantul yang melanjutkan kuliah ke Perguruan Tinggi semakin meningkat selama tiga tahun terakhir. Kepala Dinas Pendidikan Menengah dan Non Formal kabupaten Bantul Masharun Ghozali mengatakan tahun 2005 jumlah lulusan SMA yang melanjutkan kuliah mencapai 17%, tahun 2006 meningkat menjadi 28%, tahun 2007 menjadi 42% dan tahun 2008 menjadi 52%. Masharun menjelaskan prosentase tersebut merupakan rata-rata tiap tahun dari semua sekolah. Untuk sekolah favorit jumlah lulusan SMA yang melanjutkan kuliah mencapai 80% tiap tahunnya. Naiknya jumlah lulusan SMA yang melanjutkan kuliah menurut Masharun disebabkan karena terdapatnya bimbingan konseling potensi anak di tiap sekolah dan penjaringan anak berbakat oleh beberapa perguruan tinggi dan lembaga-lembaga pendidikan. Di bagian lain Kepala Sekolah SMA 1 Bambanglipuro Sugito mengatakan kondisi ini menyebabkan animo lulusan SMP yang melanjutkan ke SMA masih tinggi. Sugito menjelaskan hampir tiap tahun sekolahnya kelebihan jumlah pendaftar saat penerimaan siswa baru. Hal ini juga menyebabkan pengelola SMA 1 Bambanglipuro tidak tertarik merubah sekolahnya menjadi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). (lila)

KP Hakim Tunggal PN Bantul V Banar rabu siang menjetuhkan putusan pidana denda 400 ribu rupiah subsidair I bulan penjara kepada Sujiyono warga Plebengan Sidomulyo Bambanglipuro. Terdakwa dalam sidang kasus peredaran minuman beralkohol. Hakim menyatakan terdakwa terbukti melanggar peraturan daerah kabupaten Bantul nomor 6 tahun 2007 tentang larangan peredaran minuman beralkohol. Menangagapi putusan ini terdakwa menyatakan menerima. Terdakwa diajukan ke persidangan setelah tertangkap menjual 70 botol minuman beralkohol dalam razia yang digelar jajaran Polsek Bambanglipuro selasa 3 Januari 2009. (totok)

KP Pemerintah kabupaten Bantul memperhatikan nasib pejuang veteran diantaranya dengan memberikan santunan sebesar 250 ribu rupiah perbulan. Wakil Bupati Bantul Sumarno menyampaikan pernyataan ini seusai mersemikan gedung juang veteran Bantul di Mandingan Ringinharjo Bantul. Sumarno berharap gedung baru dapat menjadi sarana bagi veteran untuk kegiatan. Sementara itu Ketua Panitia persemian Syahrowadi melaporkan saat ini terdapat lebih dari 1000 veteran dan 830 janda veteran di kabupaten Bantul yang sebelumnya tidak memiliki gedung untuk menggelar kegiatan. Syahrowadi menambahkan peresmian bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Veteran ke 52 januari lalu. (totok)

Info Bantul Radio Persatuan Bantul 94.2 FM Senin-Sabtu pukul 05.45 WIB dan pukul 16. 45 WIB

Februari 5, 2009 - Posted by | Info Harian

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: