Infobantul’s Blog

melihat bantul dengan telinga

Dukuh Semampir dinonaktifkan

KP Pemerintah Desa Panjangrejo Pundong sabtu siang akhirnya memberhentikan sementara kepala dukuh Semampir Darmadi. Lurah Desa Panjangrejo Gunadi Wibowo mengatakan putusan ini berdasarkan rapat jajaran Muspika Pundong,pemerintah desa Pnajangrejo dan 4 perwakilan warga Semampir di Balai desa setempat. Gunadi mengaku akan segera memberikan surat keputusan pemberhentian sebagai kepala dukuh. Selanjutnya Pemerintah Desa Panjangrejo akan menunjuk pejabat sementara untuk menjalankan tugas sebagai kepala dukuh agar pelayanan kepada warga tidak terganggu. Gunadi mengaku akan menggelar rapat untuk menunjuk pejabat sementara paling lambat sepuluh hari kedepan. Sementara itu pemeriksaan terhadap dukuh lama akan terus berlangsung. Gunadi berharap seluruh warga dusun semempir dapat menghormati keputusan ini.

Putusan pemerintah Desa Panjangrejo ini berawal dari tuntutan puluhan warga dusun semempir sabtu siang ke balai desa setempat untuk menuntut mundur dukuhnya. Koordinator warga Dulkarim mengatakan selama masa jabatannya kepala dukuh Semampir selalu meminta pungutan kepada warga yang menerima bantuan. Mulai dari Bantuan Langsung Tunai,kompor gas,rekonstruksi susulan,dana santunan kematian korban gempa hingga sertifikasi tanah massal. Selain itu warga juga memberikan nilai buruk terhadap kepala dusun dalam bidang pemrintahan,pembangunan dan kemasyarakatan. Sehingga tuntutan mundur menjadi harga mati. (tok)

 

KP Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) kabupaten Bantul Abu Dzarin akan lebih mengintensifkan penarikan Pajak Biaya Perolehan Hak Atas Tanah (PBPHAT). Kepala BPKAD Bantul Abudzarin Norhadi mengaku selama ini masih terdapat banyak kebocoran. Akibatnya retribusi dari PBPHAT kabupaten Bantul pada tahun 2008 masih mencapai 9 milyar rupiah jauh lebih sedikit dibanding kabupaten Sleman yang sudah mencapai 30 milyar rupiah. Abu mengaku kebocoran biasa terjadi akibat sikap pemilik tanah yang tidak jujur. Untuk itu BPKAD Bantul akan bekerjasama dengan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT),Notaris,Kantor Pajak Pratama (KPP) dan Badan Pertanahan Nasional (BPN) untuk mengoptimalkan penarikannya. Abu mengatakan BPKAD Bantul mentargetkan perolehan 14 milyar rupiah dari retribusi PBPHAT tahun 2009. (tok)

 

KP Jumlah lulusan Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) di Bantul yang menjadi wirausaha baru mencapai 10 persen. Kepala Bidang SMK Dinas Pendidikan menengah dan Nonformal Bantul Bambang Sartono menilai kondisi ini tidak terlepas dari masih lemahnya motivasi siswa. Bambang mengaku jumlah siswa yang berjiwa wirausaha sangat terbatas. Walau demikian SMK di Bantul menurut Bambang terus berupaya agar semakin banyak lulusan SMK yang menjadi wirausaha. Bambang menjelaskan upaya ini antara lain dilakukan dengan menyiapkan kurikulum khusus dengan melibatkan praktisi-prakstisi di bidang wirausaha. Selain sarana pendukung proses belajar yang sudah sesuai dengan kondisi sebenarnya. Sartono menilai ini baru menjadi proses awal dalam peningkatan jumlah lulusan SMK yang menjadi wirausaha. Sehingga Bambang optimis sepuluh tahun kedepan dampak positifnya baru terasa. (tok)

 

KP Badan Kesejahteraan Keluarga,Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BKK,PP,KB) bantul mentargetkan jumlah keluarga miskin di Bantul turun menjadi 46.442 pada tahun 2009 dan 34.832 pada tahun 2010. Kepala bidang Data dan Perencanaan BKK,PP dan KB Bantul Sutatik mengaku optimis dapat mencapainya dengan catatan tidak terjadi bencana alam. Berkaitan dengan rencana pembangian beras bagi warga miskin tahun 2009 yang menggunakan data Badan Pusat Statistik Sutatik memastikan akan terdapat selisih. Meski jumlah penerima raskin 46.658 jauh lebih besar dibanding target waga miskin. Namun menurut sutatik target ini diperkirakan baru tercapai pada akhir tahun 2009. Tataik menambahkan sejak duku jatah raskin selalu lebih sedikit dibanding jumlah keluarga miskin. (tok) 

 

KP Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Bantul sudah menerima laporan kepulangan 6 tenaga kerja Indonesia (TKI) akibat krisis keuangan global. Kepala Disnakertrans Bantul Sugeng Sudaruno mengatakan perusahaan yang memulangkan 6 TKI tersebut adalah perusahaan di Malaysia. Kepulangan 5 TKI difasilitasi oleh PT Karya Tama dan 1 TKI olah PT Dian Jogja Perdana. Sugeng tidak dapat memperkirakan jumlah tersebut akan bertambah atau tidak. Namun dia mengaku masih terdapat  kemungkinan terdapatnya data kepulangan TKI ke Bantul yang belum diterima oleh Disnakertrans. Bagi 6 TKI yang dipulangkan tersebut Sugeng akan mengusahakan cairnya asuransi tenaga kerja dari perusahaan asuransi yang mendampingi mereka selama bekerja. Besar asuransi sangat bervariasi berdasarkan panjang kontrak kerja. Sugeng menjelaskan untuk kontrak kerja 2 tahun TKI dapat memperoleh asuransi hingga 20 juta rupiah.

Di sisi lain pemberangkatan TKI ke Timur Tengah khususnya Qatar terus berlangsung. Disnakertrans melalui PT Fioken telah menyalurkan 18 TKI ke Qatar November 2008 dan 12 TKI pada 22 Januari 2008. Sedangkan 18 TKI yang juga akan diberangkatkan ke Qatar tahap selanjutnya sedang menunggu proses pembuatan Visa. Melihat fenomena ini Disnakertrans untuk sementara memprioritaskan sosialisasi pemberangkatan TKI ke negara-negara yang tidak terkena dampak krisis global seperti Qatar, Kuwait, Libia dan Selandia Baru. Namun demikian Sugeng mengaku pihaknya tetap membebaskan TKI untuk memilih daerah tujuan kerja yang diminati. (lil)

 

KP Perajin tungku di Dusun Semampir Panjangrejo Pundong mengeluhkan penurunan pembeli sejak berlangsungnya program konversi minyak tanah ke gas elpiji. Legi, salah satu perajin mengaku jumlah pembelian menurun karena minat masyarakat untuk menggunakan gas elpiji meningkat. Saat ini Legi hanya menjual kepada tengkulak dari Krapyak Timur yang membeli tungkunya selama 1 bulan sekali. Sepinya pembeli menurut Legi juga menyebabkan turunnya harga tungku. Sebelumnya Legi menjual 1 buah tungku dengan harga 2.000 hingga 4.000 rupiah per buah berdasarkan ukuran tungku. Kini Legi hanya menjual tungku dengan harga 1.500 hingga 3.500 per buah. Legi mengaku setiap 1 karung tanah liat yang dibeli seharga 5.000 rupiah dapat digunakan untuk membuat 12 buah tungku ukuran kecil. Namun karena Legi masih harus membeli bahan bakar untuk pembakaran tungku, keuntungan yang diperoleh sangat minim.

Senada dengan Legi, Tumiyem yang juga perajin tungku di Dusun Semampir mengeluhkan minimnya penjualan sejak berlangsung program konversi. Selain itu Tumiyem juga mengalami kesulitan dalam mengeringkan tungku memasuki musim penghujan. Bila pada musim kemarau untuk mengeringkan tungku hanya butuh waktu beberapa jam,pada musim hujan dia membutuhkan waktu hingga 3 hari. Akibatnya jumlah tungku siap jual juga menurun. Selain menjual kepada para tengkulak, Tumiyem juga menitipkan tungku kepada suaminya untuk dijual di Wonosari. Musim penghujan menyebabkan penjualan ke Wonosari juga tersendat karena khawatir tungku kehujanan di perjalanan. (lil)

 

KP Tim Persiba Bantul kembali berhasil meraih poin penuh setelah mengalahkan Persiku Kudus dengan skor1-0 pada pertandingan sabtu sore di stadion Sultan Agung. Satu-satunya gol kemenangan Persiba Bantul dicetak Ezequil Gonzales pada menit ke 22 memanfaatkan blunder pemain belakang Persiku Kudus. Pertandingan berjalan keras sehingga beberapa kali wasit terpaksa menghentikan pertandingan. Ditemui seusai pertandingan pelatih Persiba Bantul Nandar Iskandar mengakui anak asuhnya bermain tidak begitu bagus. Sehingga keteteran menghadapi permainan Persiku Kudus yang memiliki motivasi kuat untuk mencuri satu poin setelah pada pertandingan sebelumnya kalah dari PSIM Yogyakarta. Menghadapi 2 pertandingan tandang Nandar mengaku berat karena Persebaya Surabaya dan Perseman Manokwari merupakan tim yang bagus. Apalagi Persebaya yang baru menjalankan pertandingan pertamanya pada putaran kedua liga Indonesia. Namun nandar optimis dapat mencuri poin dari 2 pertandingan ini. (tok)

 

Info Bantul Radio Persatuan Bantul 94.2 FM Senin-Sabtu pukul 05.45 WIB dan pukul 16.45 WIB

Februari 9, 2009 - Posted by | Info Harian

1 Komentar »

  1. Salam nggo DIAS…

    Komentar oleh GOM | Februari 11, 2009 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: