Infobantul’s Blog

melihat bantul dengan telinga

Penyakit dengan gejala cikungunya mulai menyerang

23 Februari 2009

Kp penyakit dengan gejala menyerupai cikungunya menyerang Suratinah 36 tahun warga dusun 1 Bawuran Pleret Bantul. Suratinah mengaku sudah 2 minggu tidak dapat menggerakkan kakinya. Tidak seperti penyakit cikungunnya yang biasanya didahului dengan meningkatnya suhu badan. Kedua kakinya tidak dapat digerakkan secara mendadak. Sehingga untuk menjalankan kegiatan sehari-hari harus digendong oleh anggota keluarga lainnya. Dokter yang memeriksa penyakitnya juga tidak dapat mendeteksi penyakitnya. Dokter hanya menyarankan agar suratinah berobat ke rumah sakit. Namun untuk berobat ke rumah sakit dirinya mengaku tidak memiliki cukup biaya. Setelah meminum secara rutin obat dari dokter kondisi suratinah berangsur membaik. Kedua kakinya sudah dapat digunakan untuk berjalan. Namun bila terlalu capek akan kambuh. Selain suratinah penyakit yang sama juga menyerang anak balitanya

Dibagian lain kepala dusun 1 Bawuran Sumardi mengatakan hartinah terserang penyakit ini di rumah suaminya di dusun Tegalrejo Bawuran. Karena suaminya harus bekerja orangtua hartinah memutuskan untuk membawanya pulang. Sumardi mengaku tidak terdapat warga lain yang terserang penyakit serupa. Sebagai kepala dusun Sumardi mengaku hanya dapat mengupayakan keringanan biaya berobat bagi warganya. Sumardi mengaku belum dapat mengambil langkah lebih lanjut karena belum mengetahui penyebab penyakit.

Dibagian lain Kepala Dinas Kesehatan Bantul Siti Nurzaenab mengaku siap melakukan pengecekan bila jumlah penderitanya mengalami peningkatan. Siti menjelaskan penyakit cikungunya disebabkan oleh virus yang dibawa nyamuk aides aldopitus yang menyerupai aides aigepty yang membawa virus demam berdarah. Namun tidak seperti demam berdarah yang mematikan cikungunya sama sekali tidak mematikan. Siti menjelaskan pencegahan cikungunya dapat dilakukan dengan memelihara kebersihan lingkungan. Zaenab menjelaskan penyakit cikungunnya sebenarnya dapat sembuh tanpa pengobatan dalam waktu 5 hingg 6 hari. Bila terpaksa harus berobat cukup di Puskesmas. (tok)

 

Kenaikan gaji PNS sudah disiapkan

Kp Bupati Bantul Idham Samawi memastikan pemerintah kabupaten Bantul sudah menyiapkan anggaran untuk kenaikan gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebesar 15 persen. Idam mengaku tinggal menunggu instruksi dari pemerintah pusat mengenai waktu dimulainya pemberian kenaikan gaji. Idam menilai informasi kenaikan gaji sudah disampaikan oleh pemeritah pusat sebelum desember 2008. sehingga pemerintah daerah kabupaten Bantul memiliki persiapan cukup panjang. Idam mengaku sebelumnya pemerintah pusat sempat menginformasikan kenaikan gaji PNS mulai januari pada pertengahan tahun. Akibatnya pemerintah kabupaten Bantul terpaksa meminjam uang mencapai 18 milyar rupiah untuk menutupnya. (tok)

 

Try out Unas SMP swasta rendah

KP Hasil try out ujian nasional (Unas) sekolah menengah pertama (SMP) swasta di Bantul rendah. Kepala SMP Patria Bantul Waluyo mengaku pada putaran pertama try out kelulusan siswanya kurang dari 50%. Waluyo menjelaskan dari total 9 siswa yang mengikuti try out Bahasa Indonesia hanya 4 siswa yang lulus. Waluyo menambahkan hal ini tidak hanya terjadi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia saja, namun hampir merata di semua mata pelajaran. Waluyo menilai hasil tersebut terlalu rendah sehingga perlu meningkatkannya. Try out direncanakan berlangsung selama 6 kali dengan rincian pendanaan 2 kali dibiayai Pemerintah Kabupaten Bantul 1 kali dibiayai Pemerintah Provinsi DIY dan 3 kali secara swadaya. Standar yang diterapkan oleh Dinas Pendidikan Dasar Kabupaten Bantul adalah 6 kali try out tersebut, sekolah berhak menambahkan try out diluar try out standar. Waluyo menambahkan Unas untuk SMP akan berlangsung mulai 27 April 2009. Waluyo berharap terdapat pertemuan antara sekolah swasta, pemerintah dan Komisi A terkait dengan kesuksesan Unas.

Sementara itu Anggota Komisi A DPRD Bantul Agus Efendi mendukung pertemuan antara sekolah swasta, Dewan Pendidikan, Dinas Pendidikan Dasar dan Komisi A untuk membahas persiapan Unas. Agus menilai pertemuan tersebut akan menjadi evaluasi try out yang telah dilaksanakan dan pertimbangan keputusan selanjutnya. Sekolah juga dapat mengajak orang tua siswa berperan aktif untuk meraih kesuksesan Unas. (lia)

 

KPUD Bantul sudah terima surat suara DPR RI

KP Surat suara untuk pemilihan DPR Republik Indonesia jum’at petang sudah diterima Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Bantul. Ketua KPUD Bantul Budi Wiryawan menjelaskan pihaknya sudah menerima 725.971 surat suara yang dikemas dalam1.452 dus. Jumlah tersebut sudah termasuk 2% surat suara cadangan. Surat suara diterima KPUD Bantul Jumat petang dan memakan waktu pembongkaran hingga 3 jam. Budi menambahkan surat suara tersebut segera disortir oleh petugas KPUD Bantul untuk mengetahui terdapatnya surat suara yang rusak. KPUD Bantul akan segera membuat berita acara sebagai laporan kepada KPU pusat bila terdapat surat suara yangrusak. Budi menilai kedatangan surat suara lebih cepat dari perkiraan. Sementara itu KPUD mengagendakan pelipatan surat suara mulai minggu depan. Sabtu siang KPUD Bantul sedang mengecek kesiapan bekas gedung pertanahan nasional dan bekas gedung Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Namun sentra logistik tetap berada di gudang kantor KPUD Bantul. (lia)

 

PKK adakan lomba masak

Susu menjadi komposisi yang harus dimasukkan

KP Tim Penggerak PKK Kabupaten Bantul bekerjasama dengan salah satu perusahaan susu anak-anak mengadakan perlombaan memasak kudapan kreasi Sabtu pagi di Rumah Dinas Bupati Bantul. Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bantul Ida Idham Samawi dalam sambutannya mengatakan perlombaan bertujuan agar ibu-ibu mampu menyajikan masakan sehari-hari yang beragam, bergizi dan berimbang. Dalam perlombaan kali ini susu menjadi salah satu unsur gizi yang harus terdapat dalam masakan. Perlombaan diikuti oleh 20 kelompok peserta yang berasal dari 17 kecamatan di Kabupaten Bantul. Juara I lomba akan memperoleh uang pembinaan senilai 250.000 rupiah, Juara II mendapatkan 200.000 rupiah dan juara III mendapatkan 150.000 rupiah. (lia)

 

Pencuri beo ditangkap

Kp Geri warga Jagalan Timbulharjo Sewon sabtu siang tertangkap warga karena tertangkap warga mencuri burung beo di sekitar rumahnya. Warga yang emosi sempat memukuli pelaku sebelum akhirnya menyerahkan ke Polsek Sewon. Menurut keterangan seorang saksi melihat pelaku mengambil burung beo dari dalam sangkar dan memasukan ke sakunya. Saat dimintai keterangan pelaku mengaku mencuri burung beo di sekitar kolam renang tirto tamansari. Namun saat petugas memeriksa tidak menemukan warga di sekitar kolam renang tirta tamansari yang kehilangan burung beo. Saat kembali dimintai keterangan pelaku mengaku mencuri burung beo di wilayah mantrijeron Yogyakarta. Petugas akhirnya menyerahkan pelaku ke Polsek Mantrijeron. (lia)

Februari 23, 2009 - Posted by | Info Harian |

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: