Infobantul’s Blog

melihat bantul dengan telinga

Kuota raskin 2009 turun

27 Februari 2009
KP Kuota beras miskin (raskin) 2009 untuk Bantul mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya. Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan Provinsi DIY Seno Atmaja mengatakan tahun 2009 penerima raskin di Bantul sebanyak 49.157 rumah tangga miskin (RTM). Jumlah ini turun dibandingkan tahun 2008 namun Seno tidak menyebutkan jumlah RTM penerima raskin tahun 2008. Seno menambahkan pembagian raskin 2008 mundur karena terdapat 4 kali perubahan data raskin dari Menko Kesra. Data terakhir RTM penerima raskin provinsi DIY sebanyak 215.032 RTM baru diperoleh tanggal 16 Februari 2009. Sekda Provinsi DIY kemudian mengirimkan surat kepada para bupati dan wali kota di DIY untuk bersiap-siap mendistribusikan raskin tahun 2009.
Sementara itu Kepala Bulog Divisi Regional DIY Murino Mujiyono menambahkan salah satu penyebab keterlambatan distribusi raskin adalah molornya penetapan instruksi presiden (inpres) nomor 1 tahun 2009 tentang pelaksanaan program bantuan rumah tangga miskin untuk kesejahteraan warga. Murino menjelaskan inpres tersebut baru keluar Februari 2009 karena terdapatnya revisi data RTM. Menko Kesra menginginkan data penerima raskin tertulis nama dan alamatnya dengan jelas. Sedangkan data sebelumnya yang merupakan data RTM 2005 hanya menyebutkan jumlahnya saja.
Menanggapi kemunduran distribusi raskin tersebut Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bantul Mahmudi menjadwalkan pendistribusian raskin untuk dua bulan sekaligus masing-masing Maret dan April 2009. Mahmudi menjelaskan Senin 2 Maret 2009 distribusi raskin jatah Januari 2009 harus sudah mulai dibagikan. Kemudian jatah Februari 2009 akan dibagikan pertengahan Maret. Jadwal tersebut sama untuk Bulan April yang dibagi menjadi dua kali pembagian. Pada awal April dibagikan raskin jatah Maret dan akhir April dibagikan raskin jatah April. Mulai Mei 2009 distribusi normal 1 kali dalam 1 bulan. Mahmudi mengimbau para Lurah untuk mempersiapkan pembagian raskin. (lia)

PNS punya ijazah STKIP Catur Sakti
BKD tidak dapat beri keputusan
Kp Badan Kepegawaian Daerah (BKD) kabupaten Bantul belum dapat mengambil keputusan terhadap Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang memiliki ijazah Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan (STKIP) Catur Sakti. Menyusul maraknya pemberitaan terdapatnya sekitar 1.400 ijazah STKIP Catur Saksti yang ilegal. Kepala BKD Bantul Maman Permana mengaku berdasarkan hasil konsultasi ,Kopertis belum memberikan batasan ijazah yang ilegal apalagi menunjuk nama pemilik ijazah ilegal. Maman mengaku masih menunggu jawaban dari Kopertis sebelum bertindak. Sebab bila BKD mulai bertindak maman khawatir justru akan menimbulkan keresahan di kalangan PNS. Berdasarkan data terdapat mulai tahun 2002 hingga 2008 terdapat 125 PNS yang mengajukan ijin tugas belajar di STKIP Catur Sakti. Maman menegaskan bila terbukti ijazah mereka ilegal maka BKD akan membatalkannya. Maman menambahkan untuk pada tahun 2009 BKD tidak akan memberikan ijin tugas belajar di STKIP catur sakti. (tok)

Dinas perizinan perkenalkan perizinan paralel
Kp Dinas Perijinan kabupaten Bantul memperkenalkan produk perizinan paralel mulai 23 Februari 2009. Kepala Bidang Pelayanan dan Informasi Dinas Perijinan Bantul Dian Mutiara mengatakan dengan produk perizinan paralel maka warga dapat mengurus lebih dari satu produk perizinan baik izin teknis maupun operasional secara bersamaan. Produk ini dapat menghemat waktu dan biaya karena prosesnya 12 hari kerja sama dengan pengurusan ijin tunggal. Berdasarkan data terdapat 12.836 permohonan ijin selama tahun 2008 dengan rata-rata 1.070 perbulan. Izin penggunaan los pasar merupakan permohonan paling banyak diikuti ijin gangguan (HO),Ijin Mendirikan Bangunan (IMB), dan Tanda Daftar Perusahaan. Dina menambahkan peluncuran produk perizinan paralel ini sekaligus menandai kepindahan kantor Dinas Perijinan ke bekas kantor Dinas Pendapatan Daerah. (tok)

Hujan deras Rabu malam
4 pohon tumbang, 10 rumah tergenang
KP Hujan lebat disertai angin yang terjadi Rabu malam menyebabkan pohon tumbang dan rumah-rumah tergenang air. Petugas lapangan Kantor Kesbangpolinmas Bantul Agus Jaka Sunarya menjelaskan Rabu malam tim dari Kesbangpolinmas mendapat laporan 3 pohon tumbang di Jalan Srandakan. Petugas segera mengevakuasi pohon yang melintang di jalan tersebut. Petugas kemudian mendapatkan laporan ketika masih berada di lokasi pohon tumbang tentang rumah tergenang. Petugas kemudian menuju Dusun Tirto Triharjo Pandak dan mendapati 10 rumah tergenang air. Sekitar pukul 11 malam petugas kembali menerima laporan pohon tumbang di Dusun Krekah Gilangharjo Pandak. Namun karena hujan yang turun sangat deras disertai angin kencang maka evakuasi yang terakhir dlakukan Kamis pagi. Petugas bergotong royong dengan warga untuk mengevakuasi pohon yang tumbang mengenai rumah Suryadi warga Krekah. Jaka menambahkan kerugian ditaksir mencapai 7 juta rupiah, sedangkan kerugian 10 rumah tergenang belum dilaporkan oleh perangkat desa setempat. Jaka menambahkan Kamis siang pihaknya juga menerima laporan pohon tumbang di Dongkelan Sewon dan longsor di Dlingo. Namun kedua musibah tersebut tergolong kecil. Jaka mengimbau warga untuk menebang pohon yang sudah tua terutama pohon yang menjulang sangat tinggi. Jaka menambahkan bila memiliki pekarangan luas maka penanaman pohon harus diatur jaraknya 10 meter dari rumah warga. (lia)

Selang satu minggu setelah kunker
DPRD kembali tinggalkan kantor
KP Belum genap 1 minggu setelah kunjungan kerja, anggota DPRD Bantul kembali meninggalkan kantornya untuk mengikuti bimbingan teknologi (bintek) di Hotel Safir Yogyakarta selama 3 hari sejak Rabu malam. Kabag Umum DPRD Bantul Sigit Widodo mengatakan anggaran yang dikeluarkan untuk bintek senilai 3,8 juta per orang dengan jumlah anggota dewan yang mengikuti bintek sebanyak 45 orang. Sigit menambahkan bintek sudah menjadi agenda yang dibahas dalam berbagai pertemuan di DPRD Bantul. Tahun 2009 diagendakan dua kali bintek untuk anggota dewan.
Di bagian lain anggota fraksi PKS DPRD Bantul Amir Syarifudin mengatakan adanya bintek tidak mengganggu kerja anggota dewan. Bintek yang sedang dijalaninya di Hotel Safir mengagendakan materi pengawasan BPK. (lia)

Pameran batik Kecamatan Pandak tandai kebangkitan batik Bantul
KP Pameran batik tingkat kecamatan oleh para pengusaha batik Kecamatan Pandak menandai kebangkitan industri batik di bantul. Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Bantul yahya menyampaikan pernyataan ini saat membuka pameran batik di Balai Desa Wijirejo Pandak Selasa kemarin. Untuk mendukung keberadaan dan kelangsungan industri batik Yahya mengimbau aparat desa dan pegawai negeri sipil untuk menggunakan batik pada setiap hari Jumat dan Sabtu. Hadir dalam acara tersebut antara lain Muspika Kecamatan Pandak, anggota Komisi C DPRD Bantul dan tamu undangan lainnya. Dalam sambutannya Lurah Desa Wijirejo Cipto Widodo mengharapkan agar pemerintah dapat menyediakan showroom bagi perajin batik Wijirejo sebagai sarana pemasaran. Sementara itu Ketua Penyelenggara Mardi yuwono mengatakan acara ini bertujuan untuk mendukung kelangsungan industri batik Wijirejo yang cukup terkenal di wilayah Provinsi DIY. Pameran berlangsung selama 2 hari dan diikuti 10 stan batik. Berdasarkan data sebelum gempa terdapat 34 perajin batik di Desa Wijirejo namun saat ini jumlahnya tinggal 13 perajin. (tok)

Mobile 8 tidak akan bangun tower baru
Kp Mobile 8 sebagai salah satu operator seluler mengaku tidak akan membangun tower BTS baru untuk melayani pengguna kartu CDMA hepi. Pimpinan mobile 8 regional Jawa Tengah Slamet Suparmaji menyampaikan pernyataan ini saat melaunching produk kartu CDMA Hepi kamis siang di Hotel Melia Purosani. Slamet menjelaskan mobile 8 sudah memiliki 50 BTS yang digunakan untuk melayani pengguna kartu fren. Karena kedua produk dilkeluarkan oleh perusahaan yang sama maka penggunaan BTS dapat secara bersamaan. Langkah ini sekaligus mendukung upaya pemerintah untuk menata penggunaan tower bersama. Slamet optimis dengan 50 BTS akan mampu melayani seluruh pelanggan di DIY dan sekitarnya. Sebagaimana launching di 12 kota sebelumnya maka operator juga memperkenalkan produk unggulan diantaranya kampus hepi yang memungkinkan komunikasi secara gratis di lingkungan kampus. (tok)

Februari 27, 2009 - Posted by | Info Harian

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: