Infobantul’s Blog

melihat bantul dengan telinga

Bupati penuhi undangan Panwas

11 Maret 2009

Kp Bupati Bantul Idam Samawi selasa siang memenuhi undangan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Bantul berkaitan dengan laporan indikasi kampanye dalam sarasehan pembangunan yang digelar APDESI. Ditemui seusai menjawab pertanyaan seputar pelaksanaan Sarasehan Pembangunan Idam membantah terdapatnya inidkasi kampanye.  Idam mengaku memperkenalkan seluruh Caleg yang datang dalam sarasehan pembangunan tidak terbatas pada Caleg dari partai politik tertentu. idam mengaku sudah menghadiri ratusan kegiatan sarasehan pembangunan yang digelar berbagai lembaga. Sehingga dirinya heran bila baru saat ini terdapat pihak yang mempermasalahkan.

Sementara itu anggota Panwaslu Bantul Herlina mengaku memberikan 5 pertanyaan kepada Idam Samawi berkaitan dengan pelaksanaan Sarasehan Pembangunan. Antara lain kapasitasnya dalam Sarasehan Pembangunan dan hubungan dengan caleg yang hadir dalam Sarasehan Pembangunan. Herlina menjelaskan Idam Samawi kemungkinan dapat dipanggil kembali berdasarkan pengembangan dari keterangan saksi-saksi lain. Sebab Panwaslu masih akan meminta keterangan dari ketua APDESI Jiyono. (tok)

 

Apdesi sesalkan pernyataan Ketua Fraksi PKS

KP Apdesi Bantul menyesalkan pernyataan Ketua Fraksi PKS Bantul Agus Sumartono yang mempermasalahkan sarasehan pembangunan karena Apdesi mengundang Ketua Provinsi DIY Yuke Indra Laksana dalam acara tersebut. Ketua Apdesi Bantul Jiyono dalam konferensi pers yang digelar di Kebun Buah Mangunan Selasa siang mengatakan setiap orang berhak datang dalam sarasehan pembangunan meski tidak diundang. Jiyono menjelaskan dalam sarasehan di Dusun Wonolelo, undangan disebarkan melalui masjid-masjid sehingga mudah diperoleh. Sebagai tindak lajut, Jiyono menyatakan siap berdiskusi lebih lanjut tentang permasalahan sarasehan pembangunan dengan Ketua Fraksi PKS Agus Sumartono secepatnya. Jiyono akan menunggu kedatangan Agus untuk berdiskusi, namun bila Agus tidak segera datang Jiyono mengatakan pihaknya akan mengundang yang bersangkutan. Jiyono menambahkan sarasehan pembangunan diadakan untuk melengkapi Musrenbang yang hanya diadakan satu tahun sekali sehingga Jiyono menilai belum mampu memfasilitasi seluruh kebutuhan masyarakat. Jiyono mencontohkan permohonan pembangunan gardu ronda, pagar makam dan tempat ibadah tidak mungkin mendapatkan prioritas pembahasan dalam Musrenbang. Jiyono menilai sarasehan pembangunan merupakan wadah yang tepat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang dimaksud. Penyelenggaraan sarasehan pembangunan memerlukan dana 12 juta rupiah dan direncanakan menjadi kegiatan rutin dua kali dalam satu tahun. Jiyono menambahkan sarasehan pembangunan akan mendatangkan Bupati Bantul di hadapan warganya secara langsung karena Bupati saat ini Idham Samawi adalah sosok yang berpihak terhadap rakyat.

Menanggapi konferensi pers Apdesi, Ketua Fraksi PKS Agus Sumartono menjelaskan pernyataannya tidak terkait dengan kedatangan Ketua DPRD Provinsi DIY. Agus mempermasalahkan pembahasan dalam sarasehan pembangunan dan seputar perkenalan caleg yang juga dikeluhkan beberapa peserta sarasehan. Agus mengaku mendapat keluhan peserta karena sarasehan membahas mengenai pencalegan, bukan terfokus pada pembangunan desa. Agus menilai Apdesi menghina Pemerintah Daerah karena anggaran justru digunakan untuk kegiatan kampanye. Menurut Agus sarasehan pembangunan hanya sebagai wadah untuk basa basi, bukan penyampaian aspirasi masyarakat. Mengenai fasilitasi pembangunan desa, Agus menilai terdapat berbagai wadah yang dapat digunakan untuk membantu masyarakat. Agus menambahkan untuk membantu masyarakat tidak harus mendatangkan Bupati secara langsung. (lia)

 

Semua parpol lolos ikuti kampanye

jadwal kampanye terbuka mulai Senin (16/3)

jadwal kampanye terbuka mulai Senin (16/3)

KP KPU Bantul menyatakan seluruh partai politik di Bantul berhak mengikuti pemilihan umum 2009 karena telah mengumpulkan nomor rekening kampanye tepat waktu. Menurut aturan yang berlaku, suatu parpol dianggap mengikuti pemilu secara tidak sah bila tidak mengumpulkan nomor rekening kampanye ke KPU. Humas KPU Bantul Bambang Nugroho mengatakan semua partai politik di bantul telah menyerahkan nomor rekening dana kampanye disertai dengan saldo awalnya. Saldo awal terbesar dimiliki PDI Perjuangan senilai 5,3 juta rupiah. Sedangkan saldo terendah senilai 100.000 rupiah, namun Bambang tidak menyebutkan partai pemilik saldo dana kampanye tersebut. Bambang menambahkan audit dana kampanye akan dilakukan setelah penyelenggaraan pemilu selesai. (lia)

 

 

 

Kebun buah mangunan mulai ramai

Pengunjung tidak dikenai retribusi masuk

KP Kebun Buah Mangunan, salah satu agrowisata yang terletak di Desa Mangunan Dlingomulai ramai dikunjungi wisatawan sejak beberapa pohon buahnya mulai berbuah.. Koordinator pengelola Supriyatno mengatakan jumlah pengunjung ketika hari libur pencapai 150 hingga 200 orang. Supriyatno menambahkan pengunjung mulai tertarik mencicipi buah baik selama berada di Kebun Buah maupun dibawa pulang. Supriyatno menjelaskan untuk buah-buahan yang dikonsumsi langsung setelah dipetik, tidak dikenai retribusi. Namun bila buah-buahan tersebut dibawa pulang, wisatawan diharuskan membayar sesuai harga buah tersebut di pasaran. Saat ini pohon jeruk keprok sedang berbuah, sedangkan pohon lain yang pernah berbuah di Kebun Buah Mangunan diantaranya durian, rambutan, mangga dan jambu air. Saat ini terdapat 120 pohon jeruk keprok, 1.500 pohon durian, 950 pohon rambutan, 900 pohon mangga dan 150 pohon jambu air yang ditanam di Kebun Buah Mangunan. Supriyatno menambahkan peternakan sapi juga sedang dikembangkan di Kebun Buah Mangunan. Pengelola berhasil menjual 23 ekor sapi dari 60 induk yang dipelihara. Meski kebun buah telah ramai, Supriyatno mengaku hingga kini belum terdapat penarikan retribusimasuk Kebun Buah Mangunan. Pengunjung hanya dikenai biaya parkir kendaraan sebesar 1.000 rupiah untuk sepeda motor atau 2.000 rupiah untuk mobil.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Edy Suharyanto mengatakan pihaknya telah mengusulkan peraturan bupati yang menetapkan retribusi Kebun Buah Mangunan senilai 5.000 per orang. Edy menjelaskan pihaknya telah berkonsultasi dengan Komisi B DPRD Bantul mengenai penetapan retribusi tersebut. Edy menambahkan untuk beberapa wahana seperti flying fox, pemancingan dan kolam renang juga akan ditarik retribusi tersendiri. Edy mencontohkan pengunjung akan dikenai retribusi 10.000 per orang untuk permainan flying fox dan 5.000 per orang untuk panjat tebing. (lia)

 

Pimpinan PT SPS akan dihadirkan secara paksa

Kp Komisi B DPRD Bantul akan menghadirkan paksa pimpinan PT Surya Pelem Sewu bila tidak hadir dalam pertemuan lanjutan di Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Bantul rabu pagi. Ketua Komisi B DPRD Bantul Sumiharto mengatakan DPRD memiliki hak menghadirkan paksa bila pimpinan perusahaan tidak menghadiri undangan. Namun berdasarkan informasi terakhir Direktur Operasional yang akan mewakili pimpinan perusahaan dalam pertemuan esok. Sumi berharap pertemuan esok akan memperjelas nasib buruh PT Surya Pelem Sewu. Mengntisipasi kemungkinan terburuk berupa Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) Sumi meminta kepada karyawan untuk menghitung hak-haknya. Sumi juga meminta kepada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Bantul untuk melakukan langkah serupa. Sehingga buruh tidak sepihak dalam mengajukan hak-haknya. Pernyataan ini diasampaikan menyusul kembali digelarnya aksi oleh puluhan karyawan Surya Pelem Sewu di halaman kantor DPRD Bantul selasa siang.

Menanggapi salah satu usulan buruh tentang pembentukan Peraturan Daerah yang mengatur ketenagakerjaan Sumi menilai belum perlu. Sebab menurut sumi belum terdapat peraturan pemerintah yang mengaturnya. Sumi menjelaskan saat ini masalah ketenagakerjaan di indonesia masih diatur dengan Undang-Undang. Sumi menambahkan pemerintah kabupaten Bantul tidak tepat bila mengeluarkan pearturan daerahnya. (tok) 

Maret 10, 2009 - Posted by | Info Harian |

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: