Infobantul’s Blog

melihat bantul dengan telinga

Gakumdu nyatakan laporan sarasehan pembangunan di Pundong kadaluarsa

12 Maret 2009

Kp Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakumdu) Bantul mengembalikan berkas laporan indikasi kampanye dalam Sarasehan Pambangunan ke Panwaslu Bantul rabu siang. Anggota Panwaslu Bantul Harlina mengatakan Gakumndu menyatakan berkas laporan sarasehan pembangunan di Pundong kadaluwarsa sedangkan berkas laporan sarasehan di Palbapang kurang bukti dan saksi. Untuk dapat kembali memsukan laporan ke Gakumndu Panwaslu Bantul berupaya melengkapi barang bukti dan saksi. Namun hingga rabu siang tidak terdapat pihak yang bersedia memberikan kesaksian termasuk anggota Panwas kecamatan setempat. Harlina mengaku kecewa dengan sikap anggota panwas kecamatan ini. Sebab menurut harlina berdasarkan hasil klarifikasi indikasi kampanye dalam sarasehan pembangunan sudah cukup kuat. Harlina menambahkan Panwaslu akan terus menindaklanjuti kasus ini dengan meminta klarikiasi dari Caleg yang hadir dalam Sarasehan Pembangunan.

Sementara itu setelah pemeriksaan terhadap bupati Bantul dan Ketua APDESI kegiata Sarasehan Pembangunan tetap bergulir. Berdasarkan jadwal rabu 11 maret 2009 Sarasehan pembangunan digelar di 2 lokasi masing-masing Karangtengah Imogiri pada pagi hari sedangkan malam harinya di Tamantirto Kasihan. Harlina menegaskan bila masih terdapat indikasi kampanye seperti pada penyelenggaraan sebelumnya maka Panwaslu akan kembali melakukan pemeriksaan. Harlina berharap pemeriksaan dapat menjadi pelajaran bagi penyelenggara untuk tidak melakukan kegiatan yang dapat diindikasikan kampanye. (tok)

 

Ratusan surat suara rusak

sortir dan pelipatan surat suara di Kantor KPU Bantul

sortir dan pelipatan surat suara di Kantor KPU Bantul

KP Hingga hari kedua pelipatan surat suara, jumlah surat suara rusak mencapai 300 lembar. Anggota KPU Bantul Nurudin Latif mengatakan rata-rata kerusakan di tiap gudang mencapai 100 lembar. KPU memiliki gudang logistik di tiga tempat meliputi Kantor KPU Bantul, gudang Kantor Pora dan bekas Kantor BPN Bantul. Rata-rata kerusakan disebabkan oleh lunturnya tinta warna merah dan surat suara sobek. Namun petugas juga menemukan surat suara yang berlubang. Latif menambahkan kerusakan akan didata dan dilaporkan kepada KPU Pusat. Sedangkan pemusnahan surat suara rusak menunggu instruksi KPU Pusat. Latif memperkirakan sebelum kampanye terbuka yang dimulai Senin 16 Maret diselenggarakan, surat suara rusak sudah dapat dimusnahkan.

 

sementara itu Humas KPU Bantul Bambang Nugroho menambahkan KPU akan meminta ganti surat suara yang rusak kepada KPU Pusat. Kategori kerusakan surat suara meliputi lubang, sobek dan warna yang luntur pada kolom logo parpol, nomor dan nama caleg. Bantul mendapatkan 725.971 surat suara pada tiap tingkatan legislative yang akan dipilih. Jumlah tersebut sudah termasuk cadangan 2%, namun belum termasuk tambahan surat suara untuk pemilu ulang. Setiap daerah pemilihan (dapil) akan mendapatkan 1.000 lembar surat suara tambahan bila memerlukan pemilu ulang. Bambang menambahkan KPU mempekerjakan 400 orang yang terbagi menjadi 40 kelompok untuk pelipatan dan sortir surat suara. Pekerja memperoleh upah secara borongan senilai 75 rupiah per lembar dipotong pajak 10%. (lia)

 

TBC di Bantul masih sulit ditemukan

RS khusus penyakit paru-paru diresmikan

KP Peresmian Rumah Sakit khusus Penyakit Pernafasan dan Paru-paru (P4) Rabu siang menjadi harapan tersendiri untuk memberikan penanganan terhadap pasien penderita P4. Rumah Sakit yang dibangun atas bantuan Palang Merah Jepang sejak 1 Juni 2008 dengan biaya mencapai 119,2 juta Yen Jepang secara resmi diserahkan oleh Palang Merah Jepang. kepada Pemerintah Provinsi DIY. Dalam sambutannya Kepala Tim Rekontruksi Palang Merah Jepang Yogyakarta Mihoko Goto mengatakan saat ini DIY tidak lagi menjadi provinsi yang tidak memiliki rumah sakit khusus P4. Rumah Sakit khusus P4 dibangun di bekas gedung lama di Desa Palbapang Bantul dengan luas bangunan mencapai 1.000 meter persegi. Fasilitas yang ditawarkan rumah sakit meliputi USG, Bronchoscope, EKG, ICU dan kamar inap. Mihoko menambahkan permohonan awal Dinas Kesehatan adalah rekontruksi gedung 2 lantai namun Palang Merah Jepang memutuskan untuk membangun 3 lantai supaya sesuai dengan standar pemerintah Indonesia.

Di bagian lain Kepala Dinas Kesehatan Bantul Siti Noor Zaenab yang ditemui seusai peresmian mengatakan terdapat peningkatan jumlah penderita TBC di Bantul. Pada tahun 2007 berhasil ditemukan 220 penderita TBC BTA, sedangkan pada tahun 2008 meningkat menjadi 260. Penderita TBC BTA berpotensi menularkan penyakitnya kepada 10 hingga 15 orang dalam waktu satu tahun bila tidak segera mendapat perawatan. Zaenab mentargetkan penemuan TBC BTA mencapai 500 penderita pada tahun 2009. Zaenab menjelaskan peningkatan jumlah penderita TBC mengindikasikan keberhasilan penemuan karena selama ini kendala yang dihadapi Dinkes adalah cara menemukan penderita TBC. Zaenab menambahkan upaya yang telah dilakukan dengan menetapkan sukarelawan sebanyak 20 orang di seluruh Kabupaten Bantul. Setiap kecamatan saat ini memiliki satu sukarelawan kecuali Kecamatan Banguntapan, Bantul dan Kasihan yang memiliki 2 sukarelawan karena kepadatan penduduknya. Setiap sukarelawan akan mendapatkan reward 200.000 rupiah bila berhasil menemukan 1 penderita TBC. (lia)

 

Jumlah peserta POR pecahkan rekor

Wakil Bupati Bantul Sumarno demo memanah dalam pembukaan POR Pelajar Kabupaten Bantul 2009

Wakil Bupati Bantul Sumarno demo memanah dalam pembukaan POR Pelajar Kabupaten Bantul 2009

KP Jumlah peserta Pekan Olah raga (POR) pelajar Kabupaten Bantul tahun 2009 memecahkan rekor sebelumnya. Kepala Kantor Pora sekaligus Ketua Panitia Edi Bowo Nurcahyo dalam sambutannya mengatakan jumlah peserta POR pelajar kali ini mencapai 4.844 pelajar. Namun hal ini menurut Edi merupakan tantangan yang berat dalam seleksi atlet untuk dikirim ke POR pelajar tingkat Provinsi. Edi menambahkan para peserta berasal dari tingkat TK hingga SMA. Atlet yang berhasil menjuarai POR tingkat kabupaten akan dikirim ke tingkat provinsi. Edi menambahkan terdapat 11 cabang yang diperlombakan dalam POR 2009 diantaranya sepak bola, bola voli, bola basket, tennis meja, tennis lapangan, bulu tangkis, sepak takraw, atletik, senam prestasi, senam ceria dan pencak silat. POR Kabupaten Bantul 2009 ini dibuka oleh Wakil Bupati Bantul Sumarno di Lapangan Trirenggo Bantul Rabu pagi. Acara pembukaan dimeriahkan dengan atraksi marching band dari SD Muhammadiyah Bodon yang menjuarai kejuaraan tingkat nasional dan demo memanah oleh Wakil Bupati Bantul Sumarno. (lia)

 

 

Bupati tidak akan desak pemeriksaan Catur Sakti

Kp Bupati Bantul Idam Samawi mengaku tidak akan mengeluarkan perintah kepada Inspektorat Daerah Bantul untuk melakukan pemeriksaan khusus berkaitan dengan ijazah ilegal Catur Sakti. Idam menilai ijazah ilegal Catur Sakti hanya merupakan bentuk ketidak sempurnaan dari sebuah penyelenggaraan pendidikan. sehingga tidak membutuhkan keterlibatan Inspektorat daerah untuk menanganinya. Idam mengaku pemerintah kabupaten Bantul justru mendesak Kopertis untuk segera mengeluarkan data pemilik ijazah Catur Sakti yang diindikasikan ilegal. Idam berharap Kopertis dapat mengeluarkan data secepat mungkin. (tok)

 

3 sepeda motor ludes dilalap si jago merah

Kp 3 sepeda motor milik Hardi warga Mojosari Baturetno Banguntapan selasa malam ludes dilalap si jago merah. Menurut keterangan saksi peristiwa terjadi sekitar pukul 8 malam saat korban pergi ke mushola. Tiba-tiba api berkobar dari dalam dapur korban. Warga yang melihat berusaha memadamkan api. Setelah api dapat dipadamkan 3 sepeda motor yang disimpan di dalam dapur habis terbakar. Sementara bagian dapur korban tidak seluruhnya terbakar. Asal api hingga saat ini belum dikeathui. namun akibat kejadian ini korban menderita kerugian mencapai 22,5 juta rupiah. (tok)

Maret 12, 2009 - Posted by | Info Harian |

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: