Infobantul’s Blog

melihat bantul dengan telinga

Caleg kirap bersama

17 Maret 2009

KP Senin siang KPU Bantul menggelar kirap calon legislatif (caleg) semua partai politik. kirab dimulai dari Perempatan Klodran hingga kompleks perkantoran Bupati Parasamya. Divisi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih KPU Bantul Nurudin Latif mengatakan sebanyak 525 caleg mengikuti kirap tersebut. Selama kirap berlangsung semua caleg akan diperkenalkan kepada masayarakat. Acara diakhiri dengan penandatanganan ikrar kampanye damai di Parasamya yang disaksikan oleh Muspida Kabupaten Bantul.

Menyambut kampanye terbuka tersebut partai-partai politik mulai melakukan berbagai persiapan. Diantaranya Partai Golongan Karya (Golkar) yang menggandeng seluruh komunitas pemuda partai untuk berkampanye. Ketua DPD Partai Golkar Agus Subagyo menyebutkan beberapa komunitas pemuda akan meramaikan kampanye terbuka diantaranya generasi muda partai golkar (Gempar), remaja golkar (Regol) dan kawula muda golkar (KMG). Dengan peran serta kaum muda Agus berharap kampanye terbuka akan berlangsung dinamis namun tetap tertib. Golkar mentargetkan perolehan 10 kursi di tingkat DPRD II dengan perincian 2 kursi di tiap daerah pemilihan (dapil). Agus menjelaskan kerja keras partai terutama diperlukan pada dapil 1 dan 4. Berdasar pengalaman pemilu sebelumnya perolehan suaranya terbesar terdapat pada kedua dapil tersebut sehingga perlu kerja keras untuk mempertahankannya. Golkar mendapatkan jatah berkampanye tanggal 24 Maret 2009 dan 3 April 2009.

Di bagian lain Kepala Bidang Wilayah PKS Bantul Agus Sumartono mengatakan jatah kampanye daerah pada Selasa 17 Maret di zona utara Bantul tidak akan digunakan oleh PKS Bantul. Simpatisan PKS di seluruh Provinsi DIY akan memfokuskan kampanye di Stadion Mandala Krida dengan menghadirkan Ketua MPR sekaligus Ketua Majelis Pertimbangan Partai PKS Pusat Hidayat Nurwahid. Guston memperkirakan masa yang berangkat dari Bantul mencapai 17.000 simpatisan. Masing-masing kelompok masa di 17 kecamatan akan dibekali 5 buah bus. Sebagian dari mereka akan mengawali keberangkatan dari Bantul di Masjid Agung Bantul sekaligus menunaikan sholat sebelum berkampanye. Sedangkan untuk jatah yang kedua tanggal 26 Maret kampanye difokuskan pada tiap dapil. Simpatisan tiap dapil berhak mengeluarkan kreatifitasnya dalam berkampanye. Senada dengan Partai Golkar, PKS juga mentargetkan perolehan 10 kursi di tingkat PDRD II dengan perincian 2 kursi pada tiap dapil. (lia)

 

DPT bertambah

KP Daftar pemilih tetap (DPT) Kabupaten Bantul mengalami perubahan dari 711.737 menjadi 712.729. Anggota KPU Bantul Nurudin Latif menjelaskan perubahan tidak disebabkan karena penambahan pemilih baru, namun karena kesalahan teknis pada pemasukan data. Para pemilih sudah terdaftar di tingkat bawah namun belum terdaftar di tingkat Kabupaten. Latif mencontohkan terdapatnya 10 lembar DPT namun daftar yang sampai ke KPU hanya 9 lembar. Perubahan DPT terjadi di dua kecamatan diantaranya Kecamatan Banguntapan dan Imogiri. Di Kecamatan Banguntapan terdapat 83 pemilih yang belum terdaftar, sedangkan di Kecamatran Imogiri terdapat 809 pemilih yang belum terdaftar. Latif menambahkan rekapitulasi yang dilakukan KPU sesuai dengan peraturan pemerintah nomor 1 tahun 2009 pasal 1 butir ke 4 mengenai rekapitulasi DPT secara nasional yang harus dilakukan KPU sebanyak 1 kali. (lia)

 

Bupati dipastikan cuti untuk kampanye

Kp Bupati Bantul Idam Samawi dipastikan akan mengajukan cuti untuk menjalankan tugas politiknya sebagai juru kampanye. Menurut keterangan Sekertaris Daerah kabupaten Bantul Gendut Sudarto ijin akan diajukan ke Gubernur atau menteri dalam negeri. Gendut mengaku hingga saat ini belum mendapat perintah untuk membuat surat ijin cuti termasuk untuk wakil bupati sumarno. Gendut menambahkan sama dengan bupati,wakil bupati juga harus mengajukan ijin bila akan menjadi juru kampanye. (tok)   

 

Lulusan STKIP Catur Sakti diimbau kumpulkan fotokopi ijazah

Kp Pemerintah kabupaten Bantul memerintahkan semua lulusan STKIP Catur Sakti untuk mengumpulkan foto copy ijazah untuk diverifikasi oleh Kopertis. Sekertaris Daerah kabupaten Bantul Gendut Sudarto mengatakan langkah ini untuk mempercepat penyelesaian permasalahan. Gendut menilai Kopertis merupakan pihak yang paling berhak menentukan status ijazah. Setelah terdapat kejelasan status maka pemerintah kabupaten Bantul baru dapat mengambil kebijakan sesuai peraturan kepegawaian. Berdasarkan data PNS yang memiliki ijazah STKIP Catur Sakti tersebar di Dinas Pendidikan,Dinas Kesehatan serta kecamatan. Berkaitan dengan pengelolaan STKIP Catur Sakti menurut Gendut sepenuhnya berada di tangan yayasan. (tok)

 

Tahanan kabur berhasil ditangkap

Kp Hanya dapat menikmati udara bebas sekitar 5 jam Joko Mulatsih 24 tahun tahanan rutan Pajangan akhirnya tertangkap. Menurut keterangan Kepala Rutan Pajangan Sukamto joko tertangkap saat minum kopi di sebuah warung angkringan sebelah barat stasiun tugu. Penagkapan melibatkan 60 personil petugas rutan pajangan. Sukamto menjelaskan joko merupakan tahanan kasus pencurian disertai kekerasan yang baru menjalani masa hukuman 7 bulan dari putusan PN Bantul selama 1,5 tahun. Joko merupakan residivis yang sudah 5 kali menjalani hukuman di rutan pajangan. Warga Sorowajan Panggungharjo Sewon ini melarikan diri dari rutan pajangan minggu 15 Maret 2009 sekitar pukul 4 sore. Diduga joko memanfaatkan waktu istirahat setelah sholat dzuhur untuk bersembunyi di salah satu bangunan yang sedang direnovasi. Selanjutnya joko melaompati pagar tembok setinggi 4 meter yang tidak dilengkapi pengaman untuk melarikan diri. (tok)

 

Pelaku pencabulan tertangkap

Kp Akibat mencabuli anak dibawah umur nurwidayat 44 tahun warga Banyuurip Caturharjo Pandak senin siang dilaporkan ke Polres Bantul. Pencabulan dilakukan terhadap Bintang 13 tahun tetanggannya. Peristiwa terjadi kamis siang 12 Maret 2009 di rumah tersangka. Berawal saat korban main ke rumah tersangka bersama salah satu temannnya. Tiba-tiba tersangka menyuruh teman korban pulang sedangkan korban dipaksa tinggal di rumahnya. Saat itulah peristiwa pencabulan terjadi. Akibat perbuatannya tersangka diancam Undang-Undang Perlindungan Anak No 23 tahun 2002 dengan ancaman pidana penjara maksimal 15 tahun. (tok)

Maret 17, 2009 - Posted by | Info Harian |

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: