Infobantul’s Blog

melihat bantul dengan telinga

Sebagian besar parpol belum kantongi izin kampanye

17 Maret 2009

Kp Sebagian besar Partai Politik di Bantul belum menyampaikan permohonan ijin menggelar kampanye terbuka ke Polres Bantul. Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Bantul Tentrem Widodo mengaku hingga selasa siang baru menerima tembusan permohonan ijin menggelar kampanye terbuka dari PAN dan PKNU yang akan menggelar kampanye rabu siang. Tentrem menjelaskan berdasarkan peraturan partai politik harus mengajukan ijin tiga hari sebelum pelaksanaan kampanye. Namun pada prakteknya partai politik baru menyampaikan permohonan ijin sehari sebelum pelaksanaan kampanye,bahkan beberapa partai politik tidak menyampaikan ijin. Tentrem mengatakan tanpa surat ijin kampanye dinyatakan liar dan akan dibubarkan. Namun pada parkteknya sulit untuk membubarkan kegiatan kampanye mengingat terbatasnya jumlah personil keamanan. (tok)

 

Jumlah PNS masuk Bantul besar

Kp jumlah permohonan mutasi PNS masuk ke Bantul jauh lebih besar dibanding Mutasi keluar Bantul. Berdasarkan data Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Bantul pada tahun 2008 terdapat 40 permohonan mutasi PNS masuk ke Bantul sedangkan mutasi PNS keluar Bantul hanya 2. Kepala Bidang Mutasi BKD Sahadi menjelaskan alasan utama mutasi PNS masuk ke Bantul ingin berkumpul dengan keluarga. Namun seluruh permohonan mutasi masuk Bantul tidak dapat dipenuhi karena tidak terdapatnya formasi yang seusai. Berdasarkan data formasi guru SD yang masih terbuka,sedangkan formasi lainnya sudah penuh. Pemerintah kabupaten Bantul mensyaratkan pendidikan strata 1 bagi guru SD yang akan mutasi ke Bantul. sementara itu sedikitnya jumlah permohonan mutasi keluar Bantul disebabkan kebijakan pemerintah kabupaten Bantul yang memperbolehkan mutasi setelah PNS bersangkutan mengabdi selama 8 tahun. (tok)

 

12.500 PNS terima NIP baru

Kp 12.574 Pegawai Negeri Sipil di Bantul selasa siang menerima konversi Nomor Induk Pegawai (NIP). Bila jumlah PNS di Bantul 12.662 maka terdapat 88 PNS yang proses konversi NIPnya belum selesai. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Bantul Maman permana mengatakan konversi NIP bertujuan lebih memudahkan proses administrasi . Maman menjelaskan sebelumnya PNS memiliki NIP 9 digit yang berbeda antara satu depertemen dengan departemen lainnya. Saat ini seluruh PNS memiliki NIP 18 digit yang sama. Maman menilai meski lebih panjang namun NIP baru relative mudah dihafal. Sebab 18 digit NIP baru terdiri dari tahun,bulan dan tanggal lahir,tahun,bulan dan tanggal pengangkatan.jenis kelamin serta 3 digit nomor urut secara nasional. (tok)

 

90% kebutuhan sayur Bantul didatangkan dari luar daerah

KP Kebutuhan sayur di Bantul yang masih didatangkan dari luar daerah ke pasar-pasar tradisional menjadi keprihatinan tersendiri bagi dunia agribisnis di Bantul. Hal ini kemudian menjadi alasan Pemerintah Kabupaten Bantul menggalakkan penanaman sayuran. Salah satunya penanaman kacang panjang di Bulak Mayungan Potorono Banguntapan pada lahan seluas 6.000 meter persegi yang dipanen Selasa pagi. Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan (Dipertahut) Kabupaten Bantul Edy Suharyanto memastikan hampir 90% kebutuhan sayuran pasar tradisional di Bantul didatangkan dari luar daerah. Di sisi lain Bantul baru saja meresmikan pasar-pasar tradisional awal 2009 diantaranya Pasar Niten, Imogiri dan Piyungan. Pasar-pasar tersebut sangat potensial menjadi sasaran pemasaran sayuran oleh petani Bantul. Edy menambahkan Desa Potorono juga memiliki potensi pemasaran yang luas karena berdekatan dengan Kota Jogja. Kota Jogja mendatangkan kebutuhan sayur dari luar karena lahan relatif sempit sehingga dapat menjadi bidikan pasar petani Desa Potorono.

Di bagian lain Ketua Kelompok Tani Sido Rukun Mayungan Potorono Supomo mengaku menanam kacang panjang karena mendapat bantuan modal dari Dipertahut Bantul. 14 anggota kelompok tani kemudian serentak menanam kacang panjang dan membuahkan hasil yang cukup bagus. Supomo mengatakan kacang panjang yang berhasil dipanen panjangnya rata-rata mencapai 75 hingga 80 sentimeter. Supomo mengaku tertarik untuk melanjutkan penanaman kacang panjang sebagai selingan penanaman jagung. Penanaman kacang panjang perdana ini dilaksanakan pada musim penghujan. Supomo menjelaskan petani mensiasati kelebihan air dengan pembuatan bedengan dan pemasangan mulsa.

Senada dengan Supomo, Lurah Desa Potorono M. Dalhar membenarkan terdapatnya bantuan modal penanaman sayur di desanya. Saat ini realisasi bantuan modal baru digunakan untuk penanaman kacang panjang. Namun Dalhar berharap dengan dibukanya pasar sayur di Banjardadap Potorono sejak dua minggu lalu akan menggugah animo petani untuk menanam sayuran.

Sementara itu Kabid Holtikultura Dinas Pertanian (Diperta) Provinsi DIY Ning Rahajeng menambahkan Diperta menyalurkan permodalan melalui program pengembangan sayuran ke Dinas Pertanian di daerah. Permodalan berupa bantuan pinjaman langsung masyarakat (BPLM) sebesar 25 juta rupiah per kelompok tani. Pinjaman tersebut harus dapat dikembalikan dalam waktu tiga tahun. Namun setelah lunas petani boleh meminjam kembali. Ning menjelaskan bantuan sengaja diberikan dalam bentuk pinjaman supaya tidak habis untuk memenuhi kebutuhan konsumtif petani. Ning menambahkan Kelompok Tani Sido Rukun mendapatkan BPLM tahun 2008. Mengenai pemasaran sayuran, Ning berjanji akan menghubungkan petani ke pasar yang lebih luas bila Desa Potorono akan dijadikan sebagai sentra penanaman kacang panjang. (tok)

 

Nyari kerja, motor hilang

KP Karena ingin mendapatkan pekerjaan di sebuah konter handphone, Ina warga Karangweni RT03 Tirtomulyo Kretek harus kehilangan sepeda motor Astrea Grand miliknya. Ironisnya tersangka yang melarikan sepeda motornya adalah Aan 21 tahun warga Prawirodirjan Gondomanan Yogyakarta yang menawarkan pekerjaan kepada korban. Peristiwa terjadi Minggu pukul setengah lima sore di sebuah konter handphone di Dongkelan Sewon. Saat itu tersangka mengaku membutuhkan motor untuk mengantarkan ibunya. Tanpa rasa curiga korban meminjamkan sepeda motornya kepada tersangka. Namun setelah ditunggu tersangka tidak juga mengembalikan sepeda motornya. Korban kemudian melaporkan kehilangan tersebut ke Polsek setempat Selasa pagi. (lia)

Maret 18, 2009 - Posted by | Info Harian |

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: