Infobantul’s Blog

melihat bantul dengan telinga

Mega: Waspadai penggelembungan DPT

23 Maret 2009

Kp Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Megawati Sukarnoputri berpesan kepada seluruh kader untuk mewaspadai munculnya tindak kecurangan dalam pemilu 2009 dengan modus penggelembungan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT). Mega menegaskan praktek kecurangan seperti ini sudah terjadi dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Timur. Bahkan berdasarkan hasil pengkajian PDIP sudah menemukan indikasi ini di kabupaten Ngawi Jawa Timur. Berdasarkan data terdapat lebih dari 2 ribu nama pemilih yang sama dalam DPT yang dikeluarkan KPU kabupaten Ngawi,selain 2 ribu nama dengan Nomor Induk Kependudukan yang sama serta lebih dari 11 ribu nama dengan tanggal lahir yang sama. Mega menilai kondisi ini sangat merugikan partai-partai yang benar-benar berjuang untuk mendapatkan suara dari rakyat. Mega menjelaskan kondisi menunjukan terjadinya kemunduran dalam berdemokrasi. Selain penggelembungan jumlah DPT kecurangan juga dapat terjadi saat proses penghitungan suara menggunakan komputer. Sehingga mega berharap pengawasan dilakukan dari tahap awal hingga akhir. Pernyataan ini disampaikan dihadapan ribuan kader yang memenuhi Gedung Olahraga Patalan Jetis sabtu siang

Sementara itu Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Bantul Joko Purnomo menilai penggelembungan jumlah DPT merupakan cara lama yang ditempuh penguasa untuk mempertahankan kekuasaan. Praktek-praktek seperti ini sudah pernah terjadi pada masa orde baru. Untuk mengantisipasi terjadinya kecurangan DPC PDIP Bantul akan memantau seluruh tahapan pemilu 2009. Joko mengaku hingga saat ini belum melihat indikasi terjadinya kecurangan di kabupaten Bantul. Walau demikian Joko mengaku tetap akan meningkatkan kewaspadaan sehingga tidak menjadi pihak yang dirugikan.

Dibagian lain Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Bantul untuk sementara belum menemukan indikasi pelanggaran kampanye pada pelaksanaan kampanye terbuka PDIP sabtu siang. Anggota Panwaslu Bantul Harlina mengatakan berdasarkan laporan awal dari Panwascam Jetis pelaksanaan kampanye masih melibatkan anak-anak. Namun Harlina mengaku masih menunggu laporan tertulis dari Panwascam. Harlina menjelaskan selain melanggar Undang-Undang Pemilu melibatkan anak-anak dalam kampanye juga melanggar Unadang-undang Perlindungan anak. Harlina mengaku akan memanggil penyelenggara kampanye bila pelaksanaan kampanye masih melibatkan anak-anak. (tok)

 

Difabel berharap TPS ramah difabel

KP Difabel berharap tempat pemungutan suara (TPS) memiliki akses yang mudah bagi mereka. Hal ini dikemukakan oleh kaum difabel dalam sosialisasi pemilu untuk kaum difabel di Kantor Dinas Sosial Sabtu pagi. Dalhar warga Timbulharjo Sewon mengeluhkan jalan masuk ke TPS di rumah Kepala Dukuh tempat tinggalnya yang banyak memiliki tangga. Dalhar yang sehari-hari menggunakan kruk ini merasa kesulitas bila tidak terdapat ram atau jalan khusus difabel. Dalhar menyarankan petugas membangun tenda di halaman rumah yang rata seperti ketika simulasi diadakan di halaman Kantor Dinas Sosial. Dalhar menambahkan setelah mengikuti simulasi pemungutan suara di halaman Kantor Dinas Sosial dia memiliki sedikit gambaran tentang pemilu yang akan datang. Meski demikian Dalhar mengaku masih belum dapat menentukan caleg pilihannya.

Senada dengan Dalhar, Zaki peserta dari Pleret yang menggunakan kursi roda berharap TPS dibangun di luar ruangan. Dia menjelaskan TPS yang dibangun di halaman yang sejajar dengan jalan di sekitarnya akan mempermudah difabel memasuki TPS. Penyediaan akses khusus difabel menurut Zaki mutlak diperlukan bila TPS dibangun di ruangan yang lebih tinggi dari halaman di sekitarnya. Bagi pengguna kursi roda menurut Zaki juga diperlukan petugas yang membantu menaiki jalan yang agak menanjak. Zaki juga berharap penempatan bilik suara tidak terlalu tinggi karena dirinya harus duduk di atas kursi roda ketika melakukan pemungutan suara.

Di bagian lain Divisi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih KPU Bantul Nurudin Latif mengatakan pihaknya menyarankan petugas KPPS untuk membangun TPS yang ramah terhadap difabel. Latif mengaku elah menyampaikan saran tersebut dalam sosialisasi terhadap petugas KPPS. Namun pihaknya akan terus mengulang saran ersebut pada pertemuan dengan KPPS berikutnya. KPU mengagendakan pertemuan dengan petugas KPPS pada hari Senin. (lia)

 

Sibuk kampanye, tiga agenda Komisi B batal

KP Selama satu minggu terakhir Komisi B DPRD Bantul mengagendakan kunjungan lapangan ke tiga lokasi. Namun ketiga rencana tersebut batal diselenggaraan karena anggota dewan sibuk kampanye. Sekretaris Komisi B DPRD Bantul Jupriyanto mengatakan agenda Komisi B dalam seminggu terakhir diantaranya kunjungan ke pembudidaya ikan di Banguntapan pada hari Selasa, kunjungan ke pabrik pupuk organik milik Dinas Pertanian dan Kehutanan di Sanden pada hari Rabu dan studi banding ke pabrik petroorganik di Sukoharjo pada hari Kamis. Jupri mengaku dirinya sudah siap kunjungan lapangan pada Hari Selasa dan datang tepat waktu di Kantor DPRD Bantul. Namun karena hanya dia seorang yang datang, kunjungan dibatalkan. (lia)

 

Boyongan pedagang Pasar Imogiri diwarnai kampanye

salah satu pedagang mengalungkan dagangannya

salah satu pedagang mengalungkan dagangannya

KP Boyongan pedagang pasar imogiri ke pasar baru diwarnai dengan kampanye. Pada arak-arakan pedagang Sabtu siang terdapat atribut dua caleg dari PDI Perjuangan diantaranya Yuke Samawi dan Hanung. Atribut berupa spanduk berukuran kurang lebih satu kali dua meter persegi bertuliskan nama caleg yang dipasang pada truk-truk pengangkut barang. Jumlah pedagang yang boyongan mencapai 1.257 orang namun kapasitas pasar baru hanya mencapai 1.020. Ketua paguyuban pasar imogiri Sukaryo mengatakan pihaknya membangun kios secara swadaya untuk mengatasi kekurangan kios sebanyak 237 kios. Dalam arak-arakan pedagang, sebagian dari mereka mengenakan kostum unik khas barang dagangan masing-masing. Acara boyongan juga dimeriahkan dengan pemotongan tumpeng oleh Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Bantul Yahya. Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Kantor Pengelolaan Pasar Kabupaten Bantil Gatot Suteja, Kepala Dinas Sosial Mahmudi dan Kepala Badan Kesejahteraan Keluarga Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Joko Sulasno Nimpuno. (lia)

 

 

Pencuri gasak motor pensiunan TNI

Kp Pencurian sepeda motor dengan pelaku yang belum dikethui identitasnya sabtu pagi menimpa Suraji 65 tahun Pensiunan TNI warga Saman Bangunharjo Sewon. Peristiwa terjadi sekitar pukul 5 pagi saat korban menjalankan sholat subuh di Masjid Nurul Hujaj jalan Imogiri barat Wojo Bangunharjo Sewon. Seuasi sholat korban sudah tidak mendapati sepeda motor supra x AB 4841 TG miliknya yang diparkir di halaman masjid. Akibat peristiwa ini korban menderita kerugian mencapai 14,5 juta rupiah. (tok)

Maret 23, 2009 - Posted by | Info Harian |

2 Komentar »

  1. DPT MENGGELEMBUNG = PEMILU BY DESIGN

    Kalau kita merenung agak sejenak, dalam waktu yang senggang, akan tergambar dalam layar ingatan kita, betapa jelas dan terang lukis kejanggalan penggelembungan Daftar Pemilih Tetap (DPT).

    Sebut saja Ali, Dia tetangga terdekatku. Rumah kita bersebelahan berbatas tembok setinggi 2 1/2 meter. Kami tinggal disebuah kota kecil. Ali, nama yang cukup terkenal di kampungku. Warga masyarakat mengenal Ali sebagai simpatisan partai politik. Ali sangat getol meneriakkan suara partainya. Dimanapun ia berada selalu berjalan gagah menjadi magnet pembicaraan orang.

    Begitu pula dalam penyusunan DPT. Ali bak magnet bagi pembuatnya. PPK menyebut 2 kali nama Ali. Ali masuk di DPT TPS 1 dan Ali DPT TPS 2.

    Dengan demikian tanpa harus melalui jalan yang berliku-liku, karena DPT ganda Ali bebas melampiaskan pilihannya. Dengan 10 jari Ali bisa mencontreng di 2 TPS berbeda.

    Inilah salah satu contoh kecurangan. KaLau sudah begini, akankah kita diam seribu basa seakan-akan tidak terjadi sesuatu??!!

    Pemilu Indonesia by design.

    sumber:http://asyiknyaduniakita.blogspot.com/

    Komentar oleh redaksi | Maret 29, 2009 | Balas

    • begitulah… tapi jangan berburuk sangka dulu
      mari kita lihat hasil pemilu 9 april mendatang^^

      Komentar oleh infobantul | Maret 30, 2009 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: