Infobantul’s Blog

melihat bantul dengan telinga

Idham ajak DPRD ngebut

18 April 2009

Kp Bupati Bantul Idam Samawi mengajak anggota DPRD Bantul untuk menyelesaikan tugas sebelum berakhirnya masa jabatan mereka 13 Agustus 2009 mendatang. Idam mengaku dapat memaklumi bila terdapat beberapa tugas yang terbengkalai selama masa kampanye pemilu. Namun setelah pemilu berlalu hendaknya anggota DPRD kembali menjalankan tugas sebagai pemegang amanat rakyat. Terlepas dari yang bersangkutan terpilih lagi atau tidak pada masa jabatan berikutnya. Sebab menurut Idam terdapat beberapa agenda yang mendesak untuk segera diselesaikan seperti pembahasan perubahan APBD yang harus selesai Juli 2009. Sebab bila agenda tidak dapat selesai sesuai jadwal maka rakyat menjadi pihak yang paling dirugikan. Idam mengaku bila diperlukan akan melakukan upaya penjemputan terhadap anggota DPRD agar dapat memenuhi kuorum.

Sementara itu anggota Panitia Musyawarah (Panmus) DPRD Bantul Jupriyanto mengakui terdapatnya pergeseran jadwal pembahasan beberapa agenda di DPRD Bantul. Namun berdasarkan rapat Panmus DPRD Kamis siang sudah disusun jadwal pembahasan beberapa agenda dinataranya Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Bupati. Jupri mengatakan berdasarkan jadwal,pembahasan akan dimulai senin pekan depan dengan penyampaian nota LKPJ oleh Bupati. Berdasarkan jadwal pembahasan LKPJ harus selesai akhir April 2009. Sehingga Mei 2009 DPRD dapat berkonsentrasi membahasa 3 Raperda dan 1 perubahan perda. Jupri menambahkan DPRD Bantul membentuk 4 Panitia khusus (Pansus) untuk membahasnya. (tok)

 

Telat laporkan dana kampanye

Caleg terpilih tidak akan ditetapkan

KP Partai Politik yang tidak menyerahkan laporan dana kampanye hingga batas waku 24 April 2009 akan dikenai sanksi tidak ditetapkannya caleg parpol bersangkutan menjadi calon terpilih. Ketua KPU Bantul Budi Wiryawan mengatakan pihaknya sudah menerima surat dari KPU Pusat nomor 669/2009 tentang batas waktu pengumpulan dana kampanye. Laporan dari parpol akan diberikan kepada akuntan publik di tingkat provinsi yang ditentukan oleh KPU Provinsi DIY. Laporan berupa neraca penggunaan dana untuk semua keperluan yang berkaitan dengan kegiatan kampanye. Budi menambahkan pihaknya sudah melayangkan surat kepada parpol tentang pengumpulan laporan dana kampanye sejak empat hari yang lalu. Namun hingga saat ini belum ada parpol yang mengumpulkan laporan dana kampanye. (lia)

 

Pordasi siap gelar Bupati Bantul Cup

KP Persatuan olah raga berkuda seluruh Indonesia (Pordasi) Bantul bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bantul kembali menyelenggarakan pacuan kuda di lintasan sebelah barat stadion Sultan Agung Jetis. Pacuan kuda akan diselenggarakan tanggal 9 hingga 10 Mei 2009 memperebutkan tropi Bupati Bantul. Ketua Umum Kejuaraan Pacuan Kuda Bupati Bantul Cup Kompol Widiatmoko mengatakan pacuan kuda tersebut merupakan perlombaan tingkat nasional pertama yang digelar di Bantul. Perlombaan juga didukung sebagian caleg-caleg pada pemilu 2009. Widiatmoko mengatakan pacuan kuda direncanakan untuk diselenggarakan empat kali dalam satu tahun menyusul terdapatnya fasilitasi dari pemerintah kabupaten Bantul.. Hal ini bertujuan untuk mendukung 102 stabel atau peternak kuda di seluruh Provinsi DIY yang selama ini menghasilkan kuda-kuda yang banyak dipinjamkan untuk pacuan kuda daerah lain. Lapangan pacuan kuda di sebelah barat stadion Sultan Agung merupakan satu-satunya lintasan pacuan kuda bertaraf internasional di wilayah Provinsi Jawa Tengah dan DIY. Lintasan pacuan kuda bertaraf internasional yang lain terdapat di Bandung, Jakarta, Jawa Timur, Sumatra Barat dan Manado. Widiatmoko menambahkan pacuan kuda juga akan mengawali peringatan Hari Jadi Kabupaten Bantul yang ke-178. (lia)

 

Rp 500 juta perlu diganti

KP Sekitar 500 juta rupiah potensi pendapatan asli daerah (PAD) dari administrasi kependudukan yang ditiadakan perlu mendapatkan pengganti dari potensi yang lain. Anggota Komisi C DPRD Bantul Albertus Yulianta mengatakan potensi PAD senilai 500 juta tersebut dapat diganti dengan memaksimalkan PAD obyek wisata yang selama ini belum tersentuh. Yulianta menjelaskan perhatian Pemda dan DPRD baru tertuju pada obyek wisata Pantai Parangtritis yang menjadi pemasok PAD tertinggi dari sektor pariwisata. Selain itu optimalisasi PAD juga dapat diperoleh dengan meminimalkan kebocoran-kebocoran retribusi wisata. Yulianta mencontohkan pada perayaan 1 Muharam banyak pengunjung yang memasuki obyek wisata tanpa tiket.

Di bagian lain Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul Suyoto mengatakan target utama Dinas Pariwisata bukan peningkatan PAD, melainkan peningkatan jumlah pengunjung ke obyek wisata. Suyoto menjelaskan peningkatan jumlah pengunjung secara logis akan meningkatkan PAD Bantul. Suyoto menambahkan pihaknya lebih mengutamakan peningkatan jumlah pengunjung karena berdampak positif terhadap perekonomian masyarakat. Tahun 2009 Dinas Pariwisata mentargetkan jumlah kunjungan 1,7 juta orang yang tidak hanya diperoleh dari Pantai Parangtritis melainkan juga desa wisata seperti Kasongan dan Krebet. (lia)

 

Ngalap berkah motor hilang

Kp Bermaksud mengalap berkah di pantai Parangkusumo Jayadi 37 tahun warga gunung setugel ndaleman kidul Pakis Magelang justru kehilangan sepeda motor. Peristiwa terjadi jum’at pagi sekitar pukul 3. Usai melakukan ritual korban tidur dilapangan parangkusumo dengan sepeda motor terparkir di sebelahnya. Diduga korban tertidur pulas sehingga tidak menyadari sepeda motornya diambil orang lain. Saat bangun korban baru menyadari sepeda motor kawasaki AA 3177 SK miliknya sudah tidak ada. Akibat peristiwa ini korban menderita kerugian mencapai 12 juta rupiah.

Sementara itu diduga karena kelelahan sarijo 60 tahun wargaGayam RT 37 Argosari Sedayu Jum’at pagimeninggal dunia seusai mencangkul di sawah. Menurut keterangan keluarganya korban pergi ke sawah seusai menjalankan sholat subuh sekitar pukul 5 pagi. Seusai mencangkul korban beristirahat di tepi sawah. Beberapa saat kemudian warga sekitar sudah menemukan korban meninggal dunia dalam kondisi tertelungkup. Berdasarkan identifikasi tidak terdapat tanda-tanda penganiayaan. (tok)

April 19, 2009 - Posted by | Info Harian |

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: