Infobantul’s Blog

melihat bantul dengan telinga

Terkait DPS pilpres, Muspida undang KPU

25 April 2009

KP Jajaran Muspida Kabupaten Bantul yang terdiri dari Bupati dan wakil bupati, Polres Bantul, Kejaksaan Bantul dan Pengadilan Negeri Bantul mengundang KPU Bantul Jumat pagi terkait pemutakhiran daftar pemilih sementara (DPS) pilpres. Sehari sebelumnya Bupati Bantul Idham Samawi mengatakan pemilihan presiden (pilpres) harus lebih baik daripada pemilihan legislatif. Untuk itu KPU harus memperbaiki DPT pemilu legislatif yang akan dijadikan sebagai DPS pilpres dan akan dimutakhirkan. Idham menambahkan dirinya memaklumi pelaksanaan pemilu legislatif yang DPT nya bermasalah. Namun pada pilpres mendatang KPU harus memperbaikinya. Idham menambahkan pihaknya siap menerjunkan stafnya untuk membantu pemutakhiran DPS hingga pada tingkat RT. Pemda juga siap mengucurkan anggaran untuk pelaksanaan pilpres yang belum tercantum dalam APBN.

Sementara itu Ketua Divisi Sosialisasi KPU Bantul Nurudin Latif mengaku sudah menginstruksikan kepada Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) untuk mendata mahasiswa dari luar Bantul yang kuliah di Bantul serta warga masyarakat luar bantul yang tinggal di Bantul agar masuk dalam Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pilpres . Latif menegaskan proses penyusunan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilpres bertujuan memberikan ruang bagi warga yang sudah memiliki hak pilih agar tercatat dalam DPT pilpres. Untuk memperlancar proses ini KPU akan berkoordinasi dengan pihak perguruan tinggi. Latif menambahkan sebagai tanda bukti sudah memiliki hak pilih selain Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) mahasiswa juga dapat menggunakan SIM maupun KTP. (lia)

 

Hingga hari terakhir

Pengumpulan laporan dana kampanye hanya tambah satu

Kp Hingga hari terakhir pengumpulan laporan dana kampanye jum’at 24 April 2009 KPU Bantul baru menerima 1 tambahan tembusan dari Partai Pelopor. Sehingga sampai jum’at siang KPU Bantul baru menerima tembusan laporan penggunaan dana kampanye dari 12 Partai politik.  Kepala Divisi Hukum KPU Bantul Florentia Swity Andari berharap kepada Partai Politik lainnya untuk segera mengumpulkan laporan penggunaan dana kampanye ke Kantor audit melalui KPU Propinsi DIY. Mengingat pengumpulan laporan dibatasi hingga pukul 12 malam. Swity menambahkan KPU tidak akan menetapakan caleg terpilih dari partai politik yang belum mengumpulkan laporan penggunaan dana kampanye. (tok)

 

Soal Unas mulai didistribusikan Jumat siang

Kp Soal Ujian Nasional SMP MTs kabupaten Bantul Jum’at siang mulai didistribusikan ke setiap pokja. Kepala Dinas Pendidikan Dasar Bantul Sahari menjamin tidak terdapat kebocoran soal. Sebab distribusi dikawal petugas kepolisian. Sampai di pokja dilakukan penjagaan oleh polisi selama 24 jam sehari. Soal diditribusikan ke sekolah pagi hari menjelang pelaksanaan Ujian Nasional dengan pengawasan Tim Pemnatau Independen (TPI). Sahari menjelaskan pelaksanaan Ujian Nasional SMP MTs di Bantul melibatkan TPI dari 3 perguruan tinggi. Sahari berharap keterlibatan TPI akan menjamin mutu hasil Ujian Nasional 2009 di Bantul.

Di SMP 2 Bantul persiapan Unas diselenggarakan dengan pemberian tambahan pelajaran bagi siswa pada sore hari, ulangan mingguan dan remidi khusus. Kepala Sekolah SMP 2 Bantul Slamet Miranto menjelaskan ulangan mingguan diselenggarakan tiap hari jumat pada jam ke nol. Sedangkan remidi khusus merupakan tambahan khusus bagi siswa yang memiliki peringkat kelulusan 25% ke bawah. Peringkat kelulusan diperoleh dari hasil try out yang diselenggarakan sekolah maupun pemerintah. Remidi khusus diberikan setiap Kamis dan Sabtu pada jam ke nol. Slamet menambahkan berdasar hasil tryout terakhir di tingkat provinsi, tingkat kelulusan di SMP 2 Bantul mencapai 72,8% dan berhasil memperoleh peringkat kedua se-Kabupaten Bantul.

(tok)

 

 

ibu dan anak berpelukan dalam doa bersama sebelum ujian nasional di SMP 2 Bantul, Jumat (24/4)

ibu dan anak berpelukan dalam doa bersama sebelum ujian nasional di SMP 2 Bantul, Jumat (24/4)

 

Pemda pasang papan larangan “kungkum”

KP Pemerintah Kabupaten Bantul akan memasang papan larangan berendam atau mandi di air limbah Madukismo seiring dimulainya musim giling tahun 2009. Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Bantul Darmawan Manaf mengatakan papan larangan tersebut akan dipasang di sekitar lokasi yang biasa digunakan warga untuk berendam. Darmawan mengatakan resiko yang terjadi akibat warga berendam merupakan tanggungjawab Pemda sehingga papan larangan tersebut diatas namakan Pemda. Darmawan menambahkan pihaknya mengirim Kabid Pengendalian Pencemaran Edi Mahmud Jumat pagi ke PG Madukismo untuk menegaskan penurunan suhu yang harus diterapkan PG Madukismo. Darmawan menjelaskan pemikiran masyarakat tentang hangatnya limbah menjadi penyebab mereka berendam sehingga bila suhu diturunkan Pemda berharap akan mengubah pemikiran mereka. Meski demikian alur pembuangan limbah masih sama dengan alur terdahulu. Darmwan menambahkan berdasar analisis, kandungan kimia limbah masih aman namun kandungan bakterinya di atas ambang batas sehingga berpotensi menimbulkan penyakit terutama penyakit kulit.

Dibagian lain Direktur PT Madu Kismo Rahmat Edi Cahyono menyambut positif langkah Badan Lingkungan Hidup (BLH) Bantul. Rahmat menyampaikan pernyataan ini disela-sela pelaksanaan tradisi awal giling di PT Madukismo. Pada musim giling kali ini PT Madukismo mentargetkan dapat menggiling 5,6 juta kwintal tebu. Dengan rendemen 7,5 persen maka dapat dihasilkan 42 ribu ton gula. Produksi ini belum mampu memenuhi kebutuhan gula di DIY yang mencapai 50 ribu ton. Rahmat menambahkan giling akan dimulai 3 mei 2009. (lia)

 

Dipukul dengan botol sotfdrink lapor polisi

KP Tidak terima karena dipukul menggunakan botol minuman ringan, Hadi Pratama 18 tahun warga Ringinharjo Bantul melaporkan tersangka Riri Kurniawan 21 tahun warga Bangunjiwo Kasihan. Kejadian bermula ketika korban sedang berbincang dengan temannya di pinggir jalan di Dusun Niten Trirenggo Bantul, sebelah barat SMA 3 Bantul Kamis sekitar pukul 4 sore. Terlapor datang bersama temannya mengendarai sepeda motor Shogun dan secara tiba-tiba memukul korban menggunakan botol Pepsi. Korban berhasil menangkis pukulan tersebut sehingga tidak berhasil mengenainya. Namun terlapor mengulangi pukulannya dan berhasil mengenai bibir korban hingga memar. Keributan di pinggir jalan tersebut menarik perhatian polisi yang sedang melintas. Melihat kedatangan polisi terlapor kabur dan hingga kini masih buron. (lia)

 

Jajanan tak sehat beredar, Dharma Wanita prihatin

Kp Keprihatinan terhadap beredarnya jajanan tidak sehat disampaikan Dharma Wanita Bantul. Ketua Dharma Wanita Bantul Farida Gendut Sudarto mengatakan jajanan yang banyak beredar di sekolah sebagian besar mengandung bahan berbahaya yang dapat menimbulkan beragam penyakit. Salah satu upaya menghindarkan anak dari jajanan berbahaya adalah memberikan bekal bagi anak sehingga tidak perlu jajan. Namun untuk dapat memberikan bekal bagi anak setiap ibu dituntut mampu membuat jajanan sehat, menarik dan bervariatif. Semangat inilah yang menjadi latar belakang pelaksanaan lomba memasak jajanan sehat jum’at pagi di Pendopo Parasamya. Lomba diikuti 30 peserta mewakili dinas instansi di lingkungan pemerintah kabupaten Bantul. Keluar sebagai juara 1 dan 2 wakil dari Bagian umum sedangkan juara 3 wakil dari bagian tata pemerintahan. (tok)

April 26, 2009 - Posted by | Info Harian |

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: