Infobantul’s Blog

melihat bantul dengan telinga

BKM belum mampu tarik investor

29 April 2009

Kp Kawasan Bantul Kota Mandiri (BKM) belum mampu menarik investor. Menurut Sekertaris Daerah Bantul Gendut Sudarto sebelumnya sudah terdapat investor yang inging menanamkan modal di kawasan BKM. Namun tanpa alasan yang jelas mereka akhirnya mengundurkan diri. Padahal menurut Gendut pemerintah kabupaten Bantul bersma PT Perwita Karya sudah berupaya menarik investor melalui penawaran baik kepada perusahaan di dalam maupun luar negeri. Walau demikian pemerintah kabupaten Bantul tetap optimis kawasan BKM akan mampu berkembang seperti kawasan kota setelit lainnya. Terdapatnya bantuan pembangunan Kawasan Siap Bangun (Kasiba) oleh Menteri Perumahan Rakyat menjadi salah satu pertimbangan pemerintah kabupaten Bantul untuk tetap melanjutkan proyek kawasan BKM. Gendut menjelaskan berdasarkan perhitungan bisinis maka proyek tetap akan dilanjutkan hingga 2020. Bila sampai batas waktu yang ditetapkan tidak terdapat perkembangan maka pemerintah kabupaten Bantul akan menjual seluruh asetnya.

Menanggapi sikap pemerintah kabupaten Bantul Ketua Fraksi PKS Agus Sumartono menilai pemerintah kabupaten Bantul perlu melakukan audit secara menyeluruh terhadap proyek BKM. Berdasarkan hasil audit,pemerintah kabupaten Bantul baru dapat mengambil keputisan untuk melanjutkan ataupun mengehentikan. Agus menilai dari sisi bisnis belum terdapatnya perkembangan yang signifikan di kawasan BKM yang sudah digulirkan sejak tahun 2002 menunjukan kecenderungan kurang menguntungkan. Belajar dari pengelolaan kawasan industri piyungan yang muali menampakan perkembangan agus menilai tidak terlepas dari berbagai studi kelayakan terhadap kawasan piyungan yang memang menarik bagi investor. (tok)

 

Pemkab lantik 23 Kepsek baru

Masih ada kekosongan Kepsek SD

KP Meski Pemerintah Kabupaten Bantul sudah melantik 23 kepala sekolah baru, namun masih terdapat kekosongan kepsek di beberapa SD. Kepala Dinas Pendidikan Dasar Kabupaten Bantul Sahari mencontohkan kekosongan terdapat di SD Plebengan Bambanglipuro dan beberapa SD swasta. Namun Sahari menegaskan sebelum pembagian ijazah kelulusan, pihaknya akan mengusahakan adanya kepala sekolah baru. Bila hal itu tidak dapat dilakukan maka akan diusahakan sebelum pergantian tahun ajaran baru. Sahari menambakan untuk sekolah menengah pertama (SMP) hanya terdapat 1 kekosongan jabatan kepala sekolah yakni di SMP 1 Sedayu namun melalui pelantikan kepala sekolah Selasa pagi jabatan tersebut kini sudah terisi.

Sementara itu pengambilan sumpah dan pelantikan pejabat eselon serta kepala sekolah di Pendopo Parasamya Selasa pagi dilakukan oleh Wakil Bupati Bantul Sumarno. Dalam kesempatan tersebut Sumarno melantik lima orang pejabat eselon 3, enam orang pejabat eselon 4 dan 23 kepala sekolah yang terdiri dari 19 kepala sekolah SD, satu kepala sekolah SMP dan tiga kepala sekolah SMK. Pelantikan tersebut didasarkan pada keputusan Bupati Bantul nomor 53 tahun 2009 tentang pengangkatan dan mutasi pegawai negeri sipil dan keputusan bupati bantul nomor 54 tahun 2009 tentang mutasi dan promosi kepala sekolah. Dalam sambutannya Sumarno mengatakan pejabat dan kepala sekolah yang baru saja dilantik akan menjabat selama empat tahun dan dapat menjabat kembali pada periode berikutnya bila dinilai layak. (lia)

 

Rp100.000 per RT untuk pemutakhiran DPS

KP Bupati Bantul Idham Samawi menegaskan Pemerintah Kabupaten Bantul menganggarkan dana senilai 100 ribu rupiah per RT untuk mendukung pemutakhiran data pemilih sementara (DPS) pemilihan presiden. Idham menengaskan hal tersebut dalam sosilisasi pemutakhiran DPS terhadap lurah di Pendopo Parasamya Selasa siang. Dana tersebut akan diberikan kepada setiap kepala RT melalui panitia pemutakhiran data pemilih (PPDP) yang mendatangi kepala RT pada tanggal 17 hingga 18 Mei 2009. Idham menghimbau semua pihak tidak melakukan pemotongan dana yang dianggarkan untuk setiap kepala RT tersebut. Idham menambahkan berdasar pertemuan Muspida dan KPU Bantul, KPU sudah menjanjikan pemutakhiran DPS akan dilakukan hingga di tingkat RT. Untuk itu kepala RT juga akan menandatangani data DPS yang sudah dimutakhirkan atau disebut sebagai embrio DPT. Embrio DPT akan dikirimkan kepada KPU pusat melalui KPU Kabupaten Bantul dan KPU Provinsi DIY. Setelah dicetak, embrio DPT akan diperiksa kembali hingga ke tingkat RT dan ditempelkan di tiap tempat pemungutan suara supaya warga mudah melihatnya. Bila terdapat kekeliruan atau kekurangan embrio DPT masih dapat diperbaiki sebelum dicetak sebagai daftar pemilih tetap (DPT). (lia)

 

Pengawasan flu babi hanya di sentra-sentra

KP Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (KPP) Kabupaten Bantul belum berencana mengintensifkan pengawasan sentra-sentra peternakan babi meski saat ini flu babi menjadi penyakit yang sedang mewabah di Eropa. Razia rutin hanya dilakukan di pasar-pasar tradisional untuk antisipasi adanya percampuran daging sapi dan babi. Kepala Dinas KPP Kabupaten Bantul Mursumartinah menyebutkan dua sentra peternakan babi di Bantul diantaranya di Poncosari Srandakan dan Ngestiharjo Kasihan. Dua sentra tersebut hanya memiliki jumlah populasi yang sekitar 2.000 ekor. Selain itu Mursumartinah menjelaskan konsumsi babi di Bantul masih terbatas pada kalangan tertentu saja sehingga peredaran dagingnya tidak terlalu luas. Keluar masuknya daging babi untuk Kabupaten Bantul hanya melalui Kota Jogja. (lia)

 

Warga Tembi temukan mortir

Kp Warga dusun Tembi Timbulharjo Sewon selasa pagi dikejutkan dengan laporan penemuan granat dan mortir di gudang barang bekas milik  UD Aneka Plastik. Budi salah satu Satpam perusahaan menerangkan mortir dengan panjang sekitar 40 centimeter dan diameter sekitar 10 centimeter serta berat 30 kilogram ditemukan Marno 37 tahun mandor gudang sebelah barat sabtu 25 April 2009 sekitar pukul 4 sore. Sedangkan granat berjenis manggis seberat sekitar setengah kilogram ditemukan Darwoko 50 tahun sopir perusahaan di gudang sebelah timur senin 27 April 2009 sekitar pukul 12 siang. Pihak perusahaan baru melaporkan penemuan ini selasa 28 April 2009. Polsek Sewon yang menerima laporan langsung menghubungi satuan Gegana Polda DIY. Beberapa saat kemudian satuan gegana yang tiba di lokasi langsung mengevakuasi mortir dan granat. Kapolsek Sewon AKP Aris Waluyo yang ditemui disela-sela proses evakuasi menyesalkan terlambatnya pemberian laporan. Terlepas dari kondisinya yang masih aktif atau tidak Aris berharap kepada warga masyarakat untuk segera melaporkan penemuan bahan yang mudah meledak. Sehingga tidak membahayakan masyarakat di sekitarnya.

Sementara itu Timbul warga krapyak seloharjo Pundong selasa pagi menemukan mayat surip nenek berusia 65 tahun warga bulus Seloharjo Pundong yang dikabarkan hilang sejak senin 27 April 2009. Saksi yang hendak buang hajat di sungai Opak curiga melihat sesuatu mengapung ditengah sungai. Setelah didekati ternyata sesosok mayat. Bersama warga lainnya saksi berupaya membawa mayat ke tepi. Setelah sampai di tepi mayat baru dapat dikenali sebagai Surip tetangga desanya. Diduga korban terpeleset saat mencari rumput dan tenggelam di sungai opak. (tok)

 

Kecanduan mencuri dipenjara tujuh tahun

Kp Akibat kecanduan mencuri kuadi 31 tahun warga Balakan Sumber Agung Jetis dujatuhi pidana penjara selama 7 bulan oleh MH PN Bantul yang diketuai Marlius. Dalam sidang yang digelar selasa siang di PN Bantul MH menyatakan terdakwa terbukti secara syah dan meyakinkan melanggar pasal 363 KUHP ayat ke 3 tentang pencurian berlanjut. Dalam putusan MH terungkap terdakwa melakukan pencurian 3 kali berturut turut di rumah Muji Utomo warga Cangkring Sumber Agung Jetis. Masing-masing 1 tabung LPG 3 kilogram pada 23 Januari 2009, sebuah sepeda onthel pada 27 Januari 2009 dan 3 Kilogram Gabah pada 29 Januari 2009. Putusan MH ini sedikit lebih ringan dibanding tuntutan JPU Ari Martini yang menuntut terdakwa dengan pidana penjara selama 8 bulan. Menanggapi putusan ini terdakwa menyatakan menerima. (tok)

 

Persiba kembali raih poin

Kp Tim Persiba kembali berhasil meraih poin penuh setelah mengalahkan persibo Bojonegoro dengan skor 2-0 pada pertandingan yang digelar selasa sore di stadion sultan agung. Gol pertama persiba dicetak seto nurdiyantoro pada menit ke 4. Ketinggalan 1 angka persibo meningkatkan serangan. Namun sampai berakhirnya babak pertama kedudukan tidak berubah. Ketidak siapan pemain persibo dimanfaatkan ugik sugiyanto untuk mencetak gol pada menit ke 47. Skor berubah menjadi 2-0 dan bertahan hingga pertandingan selesai. (tok)

 

Fogging kembali digalakkan

KP Ditemukannya kasus demam berdarah menyebabkan Dinas Kesehatan Bantul kembali menggiatkan fogging atau pengasapan, salah satunya di Dusun Bogoran Trienggo Bantul Selasa pagi. Kemala warga RT 05 mengatakan di RT nya terdapat seorang warga yang terserang (DB) minggu lalu. Kini warga tersebut dirawat di RSD Panembahan Senopati Bantul. Dengan rekomendasi dari RSD Panembahan Senopati RT 05 Dusun Bogoran mendapatkan fasilitas pengasapan dari Dinas Kesehatan. Kemala mengaku keluarganya menerima surat pemberitahuan akan diadakannya pengasapan satu hari sebelum pelaksanaan pengasapan. Hal ini menyebabkan Kemala dan warga lain sudah bersiap dengan menutup makanan dan membuka semua pintu ruangan yang berpotens menjadi sarang nyamuk. (lia)

 

April 30, 2009 - Posted by | Info Harian | , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: