Infobantul’s Blog

melihat bantul dengan telinga

Idham: ATM harus dicor

14 Mei 2009

KP Bupati Bantul Idham Samawi menegaskan pemasangan mesin ATM di Bantul harus dilengkapi konstruksi yang kuat. Idham mengaku telah menyampaikannya kepada pimpinan Bank BPD Bantul setelah adanya kasus pembobolan ATM BPD di Kasongan awal Mei lalu. Idham menilai keamanan ATM sangat minim karena hanya dikait dengan empat baut. Bahkan dalam kasus pembobolan ATM Kasongan, pencuri mampu membobol hanya dalam waktu 15 menit. Idham menghimbau semua Bank yang memiliki ATM di Bantul untuk menanam mesin ATM dengan pondasi kuat. Bila harus diadakan biaya tambahan, Pemda Bantul siap membantu pembiayaannya.

Senada dengan Idham, Kapolres Bantul AKBP Stephen M Napiun juga menilai lemahnya pengamanan dari pihak bank. Selain konstruksi mesin ATM yang kurang kuat, pihak bank tidak mempertimbangkan jarak mesin ATM dari Polsek terdekat. Stephen menambahkan Bank diperkenankan merekrut petugas keamanan dari warga setempat. Namun Stephen menyarankan petugas keamanan harus yang berkualitas. Stephen menjelaskan petugas yang kurang berkualitas tidak akan banyak membantu. Stephen mencontohkan petugas yang direkrut Bank BPD ketika dimintai keterangan polisi tidak sempat melaporkan adanya pembobolan ATM kepada kepolisian karena pulsanya habis. Stephen menambahkan pihaknya sudah mengantongi beberapa nama tersangka kasus pembobolan ATM BPD di Kasongan. (lia)

Idham mengelak anggapan PSG sepi transaksi

KP Bupati Bantul Idham Samawi mengelak anggapan sepinya Pasar Seni Gabusan dari kegiatan transaksi. Idham menjelaskan hampir setiap hari terjadi transaksi di PSG diantaranya transaksi secara langsung, melalui telepon maupun melalui internet. Oleh karena itu Idham menilai PSG masih akan dipertahankan sebagai sebuah pasar kerajinan untuk menyokong kehidupan perajin di Bantul yang jumlahnya mencapai 18% dari total penduduk. PSG juga memiliki dua target yang jelas tiap tahunnya yaitu target pendapatan dan target kunjungan. Idham menambahkan adanya gagasan untuk mengubah pasar menjadi taman dinilai belum tepat karena hanya beralasan sepi transaksi.

Di bagian lain Ketua Komisi C DPRD Bantul Uminto Giring Wibowo menilai status PSG hingga kini belum jelas. Giring menjelaskan PSG belum dapat disebut sebagai sebuah BUMD maupun pasar tradisional. Setelah adanya kejelasan status maka dana-dana yang mengalir akan jelas penggunaan dan perlakuannya. Giring mencontohkan pendanaan usaha kecil dan menengah (UKM) akan lebih jelas dan tepat sasaran bila status PSG udah jelas. Pelaporan penggunaan dana juga mudah dilacak karena lebih terorganisir. (lia)

Sidang lanjutan caleg Demokrat

Kampanye bentuk lain tidak terjadwal

Jaksa Penuntut Umum memperlihatkan gambar lokasi kepada para saksi

Jaksa Penuntut Umum memperlihatkan gambar lokasi kepada para saksi

KP PN Bantul Rabu siang kembali menggelar sidang pidana kasus pemilu dengan terdakwa Sri Yuli Waryati dan Siti Shoimah keduanya caleg dari Partai Demokrat. Keterangan saksi ahli yang berprofesi sebagai Dosen Tata Negara meringankan terdakwa. Saksi menyebutkan berdasar keputusan KPU nomor 20 tahun 2008, kampanye di luar rapat umum diperbolehkan untuk diselenggarakan tidak sesuai jadwal kampanye terbuka. Kampanye di luar rapat umum diantaranya bazaar sembako yang diselenggarakan terdakwa. Saksi menjelaskan KPU hanya menjadwalkan rapat umum dalam kampanye terbuka tanggal 21 Maret hingga 5 April 2009. Di luar rapat umum, para caleg diperbolehkan melakukan kampanye tanpa menyesuaikan jadwal namun masih dalam kurun waktu 12 Juni 2008 hingga 5 April 2009. Saksi menambahkan dalam kampanye di luar rapat umum atau disebut sebagai kampanye bentuk lain, juga diperbolehkan penggunaan atribut partai dan perkenalan caleg serta visi dan misisnya. (lia)

Mei 15, 2009 - Posted by | Info Harian |

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: