Infobantul’s Blog

melihat bantul dengan telinga

9 parpol duduki DPRD Bantul

18 Mei 2009

Kp 9 Partai Politik berhasil mendudukan wakilnya sebagai anggota DPRD Bantul periode 2009-2014. Keputusan ini muncul dalam rapat pleno penetapan kursi minggu siang di kantor KPU Bantul. PDIP yang meraih suara terbesar di Bantul mendapat 11 kursi di DPRD Bantul. Disusul PAN dengan 7 kursi. Demokrat,PKS dan Golkar masing-masing meraih 5 kursi,PPP meraih 4 kursi, PKB dan Gerindra masing-masing mendapat 3 kursi serta PKPB 2 kursi. Pelaksanaan pleno penetapan kursi berjalan lancar. Tidak terdapat keberatan dari saksi partai politik maupun Panwaslu. Sehingga ketua KPU Bantul Budi Wiryawan menyatakan pleno penetapan kursi dianggap syah.

Sementara itu berdasarkan pencermatan hanya terdapat 6 perempuan dari 45 anggota DPRD terpilih sehingga keterwakilan 30 persen suara perempuan belum terpenuhi. Namun berdasarkan tempat lahir 34 anggota DPRD lahir di Bantul sehingga diharapkan mampu mewakili aspirasi warga kabupaten Bantul. Meski berdasarkan pendidikan 33 anggota DPRD sarjana namun berdasarkan pengalaman hanya 12 anggota DPRD terpilih yang pernah menjalankan tugas dan fungsi legislasi. Sementara itu usia rata-rata anggota DPRD terpilih antara 36 hingga 40. Dengan anggota termuda arni tyas palupi 23 tahun dari Golkar dan anggota tertua Saji 65 tahun dari PAN. (tok)

Surat pembatalan pengangkatan 6 PNS ber-PAK palsu segera dikirim

Kp Inspektorat Daerah Bantul segera mengirim Surat ke Gubernur untuk membatalkan pengangkatan 6 PNS yang terbukti menggunakan Penetapan Angka Kredit (PAK) Palsu. Kepala Inspektorat Bantul Subandrio menjelaskan dengan surat pembatalan yang tembusannya hingga ke Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Bupati dapat membatalkan kenaikan pangkatnya. Dengan pembatalan kenaikan pangkat maka 6 PNS yang sebelumnya memiliki golongan 4B akan turun menjadi 4A. Bandrio menjelaskan pembatalan kenaikan pangkat ini bukan merupakan sangsi. Sebab berdasarkan Undang-Undang tentang kepegawaian PNS yang melakukan pelanggaran masih akan mendapat sangsi mulai dari teguran,penurunan golongan hingga pemecatan. Bandrio menjelaskan penurunan golongan secara otomatis diikuti dengan pengembalian tunjangan yang sudah diterima yang bersangkutan. Bandrio menambahkan berdasarkan pemeriksaan yang menunjukan terdapatnya besar kecilnya pelanggaran maka sangsi yang akan dijatuhkan juga beragam.

Sementara itu Ketua Fraksi PKS Bantul Agus Sumartono mendesak pemerintah kabupaten Bantul agar menjatuhkan sangsi kepada PNS yang terbukti menggunakan PAK Palsu. Agus menilai sangat tidak adil bila pemerintah kabupaten Bantul tidak memberikan sangsi sementara terdapat PNS yang harus belajar dengan keras dan mengeluarkan biaya untuk mendapat PAK. Agus menilai bila pemerintah kabupaten Bantul akan mengambil kebijakan maka harus dilakukan dengan cermat. Sehingga tidak melanggar Undang-Undang yang berlaku. (tok)

Wilayah selatan butuh tambahan pom bensin

Kp Wilayah selatan kabupaten Bantul masih membutuhkan pom bensin untuk mendukung kegiatan industri. Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Bantul Yahya menjelaskan penyebaran pom bensin menjadi salah satu langkah pemerintah kabupaten Bantul mendorong perkembangan sektor industri. Selain sarana jalan,listrik,telpon,internet dan perbankan. Berdasarkan data Disperindagkop perkembangan sektor industri di Bantul hingga mei 2009 baru mencapai 2 persen. Wilayah kecamatan Kretek menjadi satu-satunya wilayah yang sama sekali belum memiliki kegiatan industri. Sedangkan 16 kecamatan lainnya sudah memiliki kegiatan industri dengan skala yang beragam. Yahya menambahkan pembebasan retribusi Surat Ijin Usaha Perdagangan menjadi upaya lain mendorong perkembangan sektor industri.

Sementara itu Kepala Dinas Perijinan Bantul Helmi Jamharis mengaku hingga Mei 2009 baru mengeluarkan satu ijin usaha pom bensin. Dari 2 lokasi pembangunan pom bensin masing-masing di Pandak dan Sewon. Helmi menjelaskan keluarnya ijin usaha pom bensin tergantung dari rekomendasi dari pertaminan. Helmi mengaku tidak berani mengeluarkan ijin usaha pom bensin tanpa rekomendasi pertamina. Helmi menilai peluang untuk usaha pom bensin masih terbuka untuk wialyah selatan. Sedangkan wialayah lainnya sudah terpenuhi. (tok)

Untuk membayar uang jasa pengabdian per 2004-2009

Sekretariat DPRD Bantul siapkan Rp300 juta rupiah

KP Sekretariat DPRD Bantul mempersiapkan anggaran hingga 300 juta rupiah untuk membayar uang jasa pengabdian anggota dewan periode 2004-2009. Kepala Bagian Keuangan  sekertariat DPRD bantul Clemen Chamdani mengatakan pengadaan anggaran tersebut sesuai dengan UU nomor 24/2004 tentang pemberian uang jasa pengabdian di akhir periode jabatan baik meninggal dunia maupun mengakhiri jasa pengabdiannya. Besar uang jasa pengabdian disesuaikan dengan masa baktinya. Untuk masa bakti kurang dari satu tahun hingga satu tahun diberikan uang jasa pengabdian sebesar 1 bulan uang representasi. Untuk masa bakti hingga 2 tahun, 3 tahun atau 4 tahun masing-masing diberikan sebesar 2 bulan, 3 bulan atau 4 bulan uang jasa representasi. Untuk masa bakti 5 tahun diberikan setinggi-tingginya 6 bulan uang representasi. Anggota dewan yang menjabat kurang dari 5 tahun terdiri dari 5 orang. Sedangkan untuk ketua dan wakil ketua besar uang jasa pengabdian melebihi anggotanya. Uang jasa pengabdian sudah dianggarkan dalam APBD 2009 dan siap diberikan Bulan Agustus 2009. (lia)

Nelayan Samas panen tengiri

18 tengiriKP Sabtu siang nelayan Pantai Samas berhasil menangkap ikan tenggiri berkualitas ekspor. Dwi Wiratno pengepul ikan di Pantai Samas menjelaskan dua ekor tenggiri tersebut berukuran cukup besar diantaranya memiliki berat 17,5 kilogram dan 13,5 kilogram. Ikan tenggiri ini layak diekspor karena memiliki berat antara 7 hingga 20 kilogram. Harga jualnya mencapai 45.000 rupiah per kilogram. Ikan lain yang berhasil dijaring nelayan adalah ikan layur dengan harga jual 9.000 rupiah per kilogram. Ikan layur yang layak diekspor diharuskan tidak mengalami pecah perut. Ikan-ikan yang akan diekspor dijual kepada pengepul besar di Depok Parangtritis kemudian dijual lagi ke Jakarta. Dwi menambahkan saat ini sedang musim layur dan tenggiri dengan cuaca yang bersahabat. Dwi menjelaskan 12 kapal yang saat ini ada di Pantai Samas melaut semua. (lia)

Wahana Depok Samas Speed Zone diresmikan

salah satu wahana air, naik speedboat

salah satu wahana air, naik speedboat

KP Wahana Depok samas Speed Boat Zone diresmikan Sabtu siang di Pantai Samas. Dalam acara peresmian juga diselenggarakan uji coba perahu boat serta atraksi perahu di Laguna Pantai Samas. Direktur PT Arghento Bogasari Indonesia Sukahar mengatakan pihaknya menganggarkan dana senilai 1,8 miliar rupiah untuk pengembangan laguna. Sukahar menjelaskan laguna di Pantai Samas cukup langka karena hanya terdapat dua di dunia diantaranya di Pantai Samas Indonesia dan di Meksiko. Di laguna Pantai Samas terdapat pertemuan muara tiga sungai diantaranya Sungai Winongo, Opak dan Cawang. Air tawar dari ketiga suangi tersebut bertemu dengan air asin dari Pantrai Samas dalam kondisi terbuka tanpa ditutupi hutan bakau. Sukahar mengatakan hal ini akan menjadi daya tarik wisata tersendiri karena pengunjung dapat dibawa masuk hingga sungai. Laguna Pantai Samas panjangnya mencapai 2 kilometer dengan lebar 500 meter. Untuk sementara sudah tersedia 3 speed boat dan 3 perahu jukung untuk wisatawan. Menaiki speed boat hanya dikenakan retribusi 7.500 rupiah pulang pergi dan perahu jukung 5.000 rupiah pulang pergi. Selain laguna, Bantul juga memiliki potensi wisata lain yakni sebagai pertengahan jalur selatan dari Sukabumi hingga Banyuwangi. Sukahar menambahkan proyek ini akan dikembangkan di Pantai Kuwaru-Pandansimo dengan investasi mencapai 1 triliun rupiah.

Dalam mengembangkan wisata Pantai Samas Sukahar mengatakan pihaknya terkendala pada pola kehidupan masyarakat dan gambaran Pantai Selatan yang selama ini tidak dapat digunakan sebagai wahana tantangan air. Sukahar menjelaskan pola kehidupan masyarakat Samas menjadi kendala pengembangan wahana air karena sudah terpola sebagai kehidupan nelayan pesisir pantai. Di sisi lain ombak yang cenderung besar di Pantai Selatan menyebabkan sulitnya pengembangan wisata air. Namun dengan adanya laguna gambaran tersebut kini dapat dihilangkan secara berangsur-angsur. (lia)

Ditinggal pergi, rumah kecolongan

Kp Kasus pencurian dengan pelaku yang belum diketahui sabtu pagi menimpa Anisa warga Gunungan pleret Bantul. Peristiwa ini diketahui korban saat pulang dari berpergian sekitar pukul 9 pagi. Samapi di rumah korban mendapati pintu depan rumahnya sudah rusak. Saat memeriksa kedalam korban tidak mendapati sepeda motor mio AB 2311HK. Akibat peristiwa ini korban menderita  kerugian mencapai 14 juta rupiah. (tok)

Mei 19, 2009 - Posted by | Info Harian |

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: