Infobantul’s Blog

melihat bantul dengan telinga

JK-Win kunjungi Ponpes Krapyak

20 Mei 2009

KP Selasa pagi Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Ketua Umum Partai Hanura Wiranto mengunjungi Pondok Pesantren Al Munawir Krapyak. Jusuf Kalla datang terlebih dahulu sekitar pukul 10 lebih 15 menit kemudian disusul Wiranto beberapa saat kemudian. Jusuf Kalla datang didampingi Gubernur Provinsi DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X. Kedatangan mereka diterima secara langsung oleh pengasuh Ponpes Al Munawir KH Zaenal Abidin Munawir dan KH Ahmad Warso Munawir. Mereka kemudian mengadakan pertemuan tertutup di gedung pertemuan Ponpes Al Munawir sekitar setengah jam. Sekretaris Ponpes Al Munawir Iksanudin mengatakan di dalam gedung masih terjadi pertemuan khusus yang hanya diikuti oleh Jusuf Kalla, Wiranto, KH Zaenal, KH Warso dan Hj Ida Zaenal. Iksan tidak mengetahui pembicaraan khusus yang didiskusikan. Namun Iksan menjelaskan KH Zaenal memberikan nasehat kepada Jusuf Kalla terkait dengan kepemimpinan pemerintahan yang baik. Nasehat tersebut ditulis sebanyak tiga lembar dan dimasukkan ke dalam map tertutup. Selain itu Ponpes Al Munawir juga memberikan kenang-kenangan Kamus Al Munawir Arab-Indonesia dan Indonesia-Arab karangan KH Ahmad Warso Munawir.

Di bagian lain Gubernur Provinsi DIY Sri Sultan Hamengku Bowono X sesuai kunjungan mengaku tidak kecewa meski dirinya tidak maju capres. Sultan juga tidak berkomentar banyak mengenai kemungkinan dijadikannya dirinya sebagai juru kampanye pasangan JK-Win pada kempanye pilpres. Sultan beralasan dirinya sebagai kader Golkar selama ini berkampanye atas nama partai, sedangkan dalam pencapresan partai hanya sebagai alat. (lia)

Dokter dihimbau beri pelayanan gratis

KP Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul Siti Noor Zaenab menghimbau dokter-dokter di lingkungan Kabupaten Bantul untuk membebaskan biaya pelayanan pasien pada hari bakti dokter Rabu 20 Mei 2009. Zaenab menjelaskan bakti dokter terhadap masyarakat tersebut dilatarbelakangi oleh perjuangan dokter-dokter STOVIA pada tahun 1908 yang tidak memungut biaya dari pasiennya. Saat itu kegiatan diselenggarakan oleh Dokter Sutomo dan kawan-kawan. Sekitar 100 tahun kemudian tepatnya 20 Mei 2008 kegiatan pelayanan dokter gratis disepakati oleh Ikatan Dokter Indonesia. Tahun ini merupakan tahun kedua kegiatan tersebut sehingga Zaenab berharap gaungnya lebih besar. Zaenab menambahkan meski pelayanan gratis, biaya obat masih ditanggung oleh pasien. Di Bantul terdapat kurang lebih 70 dokter umum dan 20 dokter spesialis yang membuka praktek. (lia)

Gelar Seni Budaya Rakyat akan semarakkan Peh Cun

KP Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul bekerjasama dengan Panitia Ruwatan Peh Cun 2009 berencana menyelenggarakan Gelar Seni Budaya Rakyat dan Perayaan Peh Cun tanggal 27 hingga 28 Mei 2009. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul Suyoto didampingi Humas Panitia Ruwatan Peh Cun Tun Yulianto mengatakan kegiatan dititikberatkan pada persatuan budaya tradisional jawa dan tionghoa. Kegiatan tersebut sudah beberapa kali diselenggrakan dan termasuk dalam kalender even Kabupaten Bantul. Acara akan diawali dengan lomba perahu naga di Bendung Tegal Patalan Jetis pada tanggal 27 Mei 2009. Sore harinya akan diteruskan dengan gelar seni dan pesta rakyat di Pantai Mancingan Baru Parangtritis. Serangkaian acara yang memeriahkan gelar seni dan pesta rakyat diantaranya Sendratari Dewi Sri, Tari Montro, Musik Nostalgia, Golden Dragon Ball, pertunjukan naga barongsay, musik tradisional Cina dan pagelaran wayang kulit semalam suntuk. Hari berikutnya pada tanggal 28 acara dimeriahkan dengan pertunjukan Kweechang Raksasa dan telur berdiri untuk memecahkan Rekor MURI. (lia)

Dimeriahkan uji coba biodisel buah nyamplung

Hari gotong royong dicanangkan di Sumberagung

Kp Pencanagan hari gotong royong sekaligus peringatan Hari Keluarga Nasional dan Hari Anak Nasional tingkat propinsi DIY selasa 19 Mei 2009 digelar di Balai Desa Sumber Agung Jetis. Pencanangan dilakukan Asek Pemerintahan Propinsi DIY Tafif Agus Riyanto mewakili Gubernur DIY Sri Sultan HB X. Dalam sambutan tertulisnya Sultan menekankan perlunya melestarikan tardisi gotong royong di tengah masyarakat yang terbukti mampu menjadi solusi terhadap berbagai permasalahan. Kegiatan ini juga dimeriahkan pameran produk industri dari beberapa kecamatan di Bantul.

Salah satu peserta dalam pemran ini adalah wahyudi yang bersama rekan-rekannya memproduksi biodiesel dengan bahan baku buah nyamplung. Kepada Info Bantul Wahyudi mengaku sangat membutuhkan bantuan permodalan dari pemerintah untuk melanjutkan penelitian ini. Wahyudi mengaku untuk keperluan riset telah mengeluarkan dana mencapai 800 juta rupiah hasil patungan bersama rekan-rekan yang satu pemikiran. Wahyudi menilai biodiesel dari buah nyamplung ini memiliki prospek cerah. Sebab harganya akan lebih murah karena bahan bakunya lebih murah dan banyak tersedia. Sementara itu berdasarkan hasil uji coba bio diesel dari buah nyamplung ini memiliki kemampuan kerja seperti solar. Hal ini dibuktikan dengan uji coba pada mobil yang mampu menempuh jarak diatas 1000 kilometer. Saat ini Wahyudi mampu memproduksi 80 liter biodiesel perhari. Hasil produksi baru digunakan untuk kalangan pribadi. (tok)

SMA 1 Sewon dan SMA 2 Kretek dirazia

Kp Tim Razia Narkoba Bantul yang terdiri dari Satuan Polisi Pamong Praja, Kesbanglinmas, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan dan Polres Bantul senin siang melakukan razia narkoba di SMA 1 Sewon dan SMP 2 Kretek. Kasi Rehabilitasi Tuna Sosial dan Narkoba Dinas Sosial Bantul Arfin Munajah menjelaskan sasaran sengaja dipilih sekolah yang berbatasan dengan kota dan dengan lokasi pariwisata. Selain penggeledahan terhadap perlengkapan sekolah seperti tas,dompet dan tempat pensil,juga dilakukan tes urine. Dari hasil razia yang dilakukan tidak ditemukan adanya siswa yang membawa narkoba ataupun terindikasi sebagai pengguna narkoba. Arfin mengaku sebenarnya banyak permintaan dari beberapa sekolah untuk dilakukan razia tetapi karena keterbatasan dana tidak semua permintaan tersebut dapat dipenuhi. Di lain pihak Meski merasa terkejut dengan kedatangan tim yang datang secara mendadak, pihak sekolah tidak keberatan. Kepala SMP Negeri 2 Kretek Asnawi menilai kalau tidak dilakukan secara mendadak nanti anak-anak malah sudah melakukan persiapan. Pihaknya juga sangat mendukung kegiatan semacam ini karena dinilai dapat meringankan tugas para guru untuk mengawasi anak didik serta berharap kegiatan seperti ini rutin dilakukan. Arfin menegaskan razia akan tetap dilaksanakan meski tidak ditemukan siswa yang membawa atau terindikasi sebagai pengguna narkoba. Arfin berharap razia minimal sebagai salah satu shock terapi dan agar pihak sekolah tetap  waspada dan selalu mengawasi anak didiknya. (tok)

Sidang gugatan Bupati Sleman terhadap BPK

Masuki tahap mediasi

Kp Sidang gugatan Bupati Sleman Ibnu Subiyanto terhadap Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) selasa siang di PN Bantul memasuki tahap mediasi. V Banar SH selaku mediator meminta kepada kedua belah pihak untuk menyelesaikan permasalahan pada tahap mediasi. Namun karena tidak tercapai kesepakatan akan digelar mediasi lanjutan pada 26 Mei 2009. Ditemui seusai proses mediasi PH penggugat Teguh Samudera mengaku gugatan oleh kliennya berdasar atas alasan-alasan yang ilmiah. Bukan sekedar berdasar atas pemikiran yang muncul dari emosi sesaat.

Sementara itu gara-gara mencuri 18 batang kayu jati Muhadi 55 tahun warga sawahan pendowoharjo sewon diajukan sebagai terdakwa di PN Bantul. Pada sidang yang dipimpin MH Suprapti JPU Nurkhomsiyah mendakwa terdakwa telan melanggar pasal 363 KUHP karena melakukan pencurian kayu jati milik wakhid tetangganya secara berlanjut masing-masing 12 batang pada 10 Februari 2009 dan 6 batang pada 15 Februari 2009. Dari hasil kejahatan ini terdakwa sudah menikmati uang hasil penjualan yang mencapai 9.900 ribu rupiah. (tok)

Mei 20, 2009 - Posted by | Info Harian |

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: