Infobantul’s Blog

melihat bantul dengan telinga

Buruh tani divonis 12 bulan penjara

23 Mei 2009

KP Kisdiyono, seorang buruh tani divonis 12 bulan penjara dengan masa percobaan 1 tahun 3 bulan dan denda 6 juta rupiah oleh PN Bantul Jumat pagi yang diketuai MH Suprapti. Vonis tersebut sama dengan tuntutan Jaksa Penuntut Umum Rini Tyas Utami 12 bulan penjara dengan masa percobaan 1 tahun 6 bulan dan denda 6 juta rupiah. Terdakwa terbukti melakukan politik uang pada pemilu 9 April 2009 dengan membagikan uang senilai 10.000 rupiah kepada warga Manding Kidul Sabdodadi Bantul dengan ajakan supaya memilih salah satu caleg PAN bernama Atmaji. Hal itu menjadi salah satu hal yang memberatkan dakwaan terhadap terdakwa selain bertentangan dengan asas pemilu dan mencoreng kesuksesan pemilu 2009. Sedangkan hal yang meringankan dakwaan diantaranya terdakwa hanya pelaksana lapangan saja dan belum pernah melakukan tindak pidana sebelumnya.

Di bagian lain pengacara terdakwa Suryono Basuki menilai vonis yang dijatuhkan MH memberatkan terdakwa yang hanya berprofesi sebagai buruh tani. Untuk itu pihaknya akan memikirkan secara matang untuk mengajukan banding. Suryono menambahkan terdakwa juga bukan tim sukses Atmaji karena uang yang dibagikan terdakwa adalah uang pribadi, bukan milik Atmaji. Terdakwa cukup simpatik dengan Atmaji yang juga guru mengaji terdakwa tersebut sehingga mengajak beberapa warga untuk memilih Atmaji. Suryono menambahkan diperkerakannya masalah ini hingga ke tingkat pengadilan mengindikasikan Panwas yang berusaha mendapatkan prestasi karena jarangnya pelanggaran pemilu 2009 di Provinsi DIY yang diperkarakan hingga ke tingkat pengadilan. Tetapi di Bantul terdapat dua pelanggaran yang diperkarakan hingga ke pengadilan.

Menanggapi hal itu Anggota Panwaslu Kabupaten Bantul, Herlina menilai tidak masuk akal bila seseorang rela mempertaruhkan kehormatannya untuk orang yang diidolakan seperti pengakuan terdakwa. Herlina menilai terdapat actor intelektual di balik perbuatan terdakwa dan terdakwa hanya melindunginya dengan pengakuan tersebut. Meski demikian Herlina memaklumi karena melindungi actor intelektual tersebut merupakan hak terdakwa. (lia)

 

Beasiswa Dewan Pendidikan salah sasaran

KP Bantuan beasiswa bagi warga kurang mampu dari Dewan Pendidikan Kabupaten Bantul diindikasikan salah sasaran. Anggota Komisi A DPRD Bantul Agus Efendi menemukan adanya 10 pegawai negeri sipil (PNS) yang memperoleh beasiswa pendidikan pada tahun 2008. Masing-masing memperoleh beasiswa yang bervariasi dari 2 juta hingga 5 juta rupiah, sebagian besar untuk keperluan membayar kuliah. Rata-rata PNS tersebut memiliki jabatan yang tinggi diantaranya pejabat eselon. Agus menilai beasiswa tersebut salah sasaran karena masih banyak warga miskin yang lebih membutuhkannya. Agus menerangkan dalam keputusan Bupati disebutkan warga yang berhak menerima beasiswa Dewan Pendidikan adalah warga miskin dan bukan PNS.

Di bagian lain Sekretaris Dewan Pendidikan Kabupaten Bantul Edi Susanto mengatakan pihaknya memiliki tim khusus untuk menyeleksi warga yang berhak mendapatkan beasiswa. Namun Edi tidak bersedia menyebutkan anggota tim khusus tersebut. Edi manambahkan mulai tahun 2009 beasiswa Dewan Pendidikan sudah diserahkan pengelolaannya kepada Dinas Sosial Kabupaten Bantul. (lia)

 

Dua investor besar tawarkan pembangunan Water Boom

Kp Dinas Perijinan kabupaten Bantul sudah menerima permohonan ijin 2 investor besar masing-masing untuk pembangunan water boom dan pelabuhan kapal di Pantai Kuwaru. Kepala Dinas Perijinan Helmi Jamharis mengatakan untuk pembangunan watre boom memasuki tahap pembebasan lahan sedangkan pembangunan pelabuhan di kuwaru masih dalam tahap penyusunan vasibility study. Helmi menjelaskan selain permohonan ijin 2 investor besar ini terdapat pengajuan permohonan ijin dari pengusaha lokal Bantul. Berdasarkan data terjadi peningkatan permohonan ijin mencapai 5 persen. Helmi menilai selain menunjukan meningkatnya kesadaran untuk mengurus ijin kondisi ini menunjukan meningkatnya kreatifitas warga Bantul dalam membuka peluang usaha. Helmi menjelaskan pemohon biasanya mengajukan ijin secara paralel.  (tok)

 

Pengentasan kemiskinan prioritas utama tahun 2009

Kp Pemerintah kabupaten Bantul menetapkan pengentasan kemiskinan sebagai prioritas utama pembangunan pada tahun 2009.  Kepala Badan kesejahteraan Keluarga, Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BKK, PP dan KB) Joko Sulasno menyampaikan pernyataan ini saat membacakan sambutan tertulis bupati Bantul Idam Samawi dalam evaluasi Bina Lingkungan Keluarga (BLK) Tegalrejo Sanden beberapa waktu lalu. Selain pengentasan kemiskinan pemerintah kabupaten Bantul juga menetapkan 7 prioritas lainnya meliputi Pendidikan,Kesehatan,Pertanian,Industri kecil,Perdagangan,Ketenagakerjaan serta Infrastruktur dan Peningkatan Kapaistas Pemerintah Daerah. Namun pemerintah kabupaten Bantul tidak dapat mencapai target sesuai prioritas tanpa peran serta masyarakat. Salah satunya melalui BLK yang terbukti mampu memadukan program dan kerjasama lintas sektoral. (tok)

 

PSK bawah umur divonis denda Rp250.000

KP Jumat siang PN Bantul mengadili 30 pekerja sek komersial (PSK) dan 11 lelaki hidung belang yang pada Kamis malamnya tertangkap petugas kepolisian dalam penggerebekkan PSK Polres Bantul di Parangkusumo. Ella, salah satu PSK masih berumur 16 tahun. Meski demikian PN Bantul tidak menunggu adanya komisi perlindungan anak atau lembaga lain untuk mendampingi Ella dalam persidangan. Persidangan tindak pidana ringan tersebut diselesaikan secepatnya oleh PN Bantul dengan MH Marliyus. Marliyus berharap adanya pendamping bagi Ella seusai vonis supaya terdakwa tidak terjerumus kembali dalam kehidupan yang sama. Marliyus berharap setelah terdakwa menyelesaikan vonis dapat memperoleh pendampingan tersebut. Dalam persidangan PSK divonis denda 500 ribu rupiah atau kurungan selama satu minggu kecuali Ella yang hanya divonis denda 250 ribu rupiah atau kurungan satu minggu. Sedangkan pria hidung belang divonis denda 1 juta rupiah atau kurungan selama satu minggu. (lia)

Mei 24, 2009 - Posted by | Info Harian |

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: