Infobantul’s Blog

melihat bantul dengan telinga

Tiga pihak bertemu bahas kematian ikan

1 Mei 2009

Komisi D saat meninjau pengolahan limbah PG Madukismo, Sabtu (30/5)

Komisi D saat meninjau pengolahan limbah PG Madukismo, Sabtu (30/5)

KP Badan Lingkungan Hidup (BLH) Bantul, Komisi D DPRD Bantul dan PG Madukismo menyelenggarakan pertemuan di PG Madukismo Sabtu siang terkait matinya ikan milik warga Dusun Miri Timbulharjo Sewon beberapa waktu lalu. Dalam pertemuan tersebut mereka sepakat untuk mengadakan pertemuan lebih lanjut di Kantor Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (KPP) Bantul setelah hasil pemeriksaan contoh air yang tercemar diperoleh. Gagasan tersebut diutarakan oleh Kepala BLH Bantul Darmawan Manaf karena menilai pertemuan lebih lanjut juga perlu dihadiri Dinas KPP. Darmawan juga menyesalkan pernyataan Kepala Dinas KPP Bantul Mursumartinah yang memojokkan PG Madukismo dengan menyatakan penyebab kematian ikan adalah limbah pabrik. Lebih lanjut Darmawan menjelaskan permasalahan yang sama pada tahun 2007 merupakan musibah, saat itu berbagai pihak terkait belum memiliki kesepakatan apapun tentang pengalihan aliran air. Setelah itu semua pihak sepakat bila terjadi perubahan aliran air harus memberi tahu pihak-pihak yang berkepentingan salah satunya petani ikan. Untuk itu Darmawan menegaskan permasalahan yang timbul tahun ini dapat dibicarakan bersama supaya ditemukan titik temu dan pihak yang bertanggung jawab bersedia memberikan kompensasi kepada para petani ikan.

Senada dengan Darmawan, anggota Komisi D DPRD Bantul Aslam Ridho juga menyesalkan pernyataan Kepala Dinas KPP Bantul. Namun karena pernyataan tersebut sudah terpublikasi maka perlu diadakan pertemuan lebih lanjut yang turut dihadiri PG Madukismo, BLH Bantul, Dinas KPP Bantul, Dinas Sumber Daya Air (SDA) Bantul, Dinas Pertanian dan Kehutanan (Dipertahut) Bantul dan DPRD Bantul. Aslam beranggapan semua pihak memiliki kompetensi yang sama misalnya Dinas SDA selaku pengatur aliran air, Dinas KPP yang menangani perikanan darat, Dipertahut yang mengarahkan penggunaan limbah cair dalam menyuburkan tanaman pertanian. Dengan demikian Aslam berpendapat akan terjadi penyelesaian masalah yang tidak merugikan semua pihak.

Sementara itu Direktur PG Madukismo Rahmat Edi Cahyono menegaskan pihaknya tidak ingin menjadi pihak yang disalahkan karena permasalahan belum jelas. Belum jelasnya permasalahan menurut Rahmat diantaranya belum teridentifikasinya limbah cair tersebut dan dugaan adanya pihak yang membelokkan aliran limbah dari Sungai Winongo Kecil ke Sungai Winongo Besar. Rahmat menambahkan pihaknya sudah melakukan pengecekan lapangan tentang aliran limbah dan memperoleh keterangan bahwa limbah dibelokkan dari S Winongo kecil ke S Winongo Besar karena pembangunan saluran air di bawah Gapura Kasongan. Saluran air tersebut merupakan bagian dari S Winongo Kecil. (lia)

Tidak ada pengajuan banding

KP Anggota Panwaslu Bantul Herlina memastikan dua terdakwa dalam persidangan kasus pemilu beberapa waktu lalu tidak mengajukan banding. Herlina menjelaskan pengajuan banding paling lambat tiga hari setelah putusan majelis hakim. Padahal saat ini sudah lebih dari satu minggu setelah putusan, Panwaslu tidak menerima laporan apapun. Herlina menambahkan bila tidak mengajukan banding, terdakwa juga harus memenuhi putusan PN Bantul untuk membayar denda sampai batas waktu yang ditentukan. Bila hal tersebut tidak dilakukan maka terdakwa harus menerima hukuman penjara.

Sementara itu Ketua Panwaslu Bantul Tentrem Widodo menambahkan dua kasus pemilu yang berhasil diperkarakan hingga ke tingkat peradilan akan menjadi bahan pembelajaran bagi pemilu presiden. Tentrem berharap para pelaku politik lebih berhati-hati dan mentaati peraturan pemilu pada pemilu selanjutnya. (lia)

Mei 31, 2009 - Posted by | Info Harian |

2 Komentar »

  1. ya saya belum bisa komentar banyak nich …. tapi sebenernya saya pengen tau kelurahan sumber agung kec.jetis bantul itu di mana ya ….?

    Komentar oleh poer | Juni 22, 2009 | Balas

    • itu dari perempatan manding ke selatan trus belok ke timur pada pertigaan, setelah ketemu lapangan balai desa ada di sebelah lapanganšŸ™‚

      Komentar oleh infobantul | Juni 25, 2009 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: