Infobantul’s Blog

melihat bantul dengan telinga

Puskesmas kekurangan dokter

4 Juni 2009

Warga membaca papan pengumuman di depan Puskesmas Imogiri I, Rabu (3/6)

Warga membaca papan pengumuman di depan Puskesmas Imogiri I, Rabu (3/6)

Kp Inspeksi mendadak Komisi A DPRD Bantul menemukan kekurangan tenaga dokter di Puskesmas Imogiri 1. Agus Prakoso satu dari 2 dokter di Puskesmas Imogiri 1 mengaku kewalahan untuk memberikan pelayanan kepada pasien yang setiap harinya mencapai 100 orang.  Selain pasien yang datang berobat terdapatnya pasien rawat inap dan persalinan membutuhkan pelayanan ekstra. Agus mengaku pelayanan seringkali mengalami gangguan bila kedua dokter harus menghadiri acara dalam waktu yang hampir bersamaan. Kurangnya jumlah dokter juga menyebabkan tidak terdapat personil yang mengoperasikan alat tertentu seperti EKG dan USG. Sehingga Agus berharap terdapat tambahan tenaga dokter. Sebagai pembanding menurut agus untuk puskesmas dengan pelayanan rawat inap dan persalinan di kota Yogyakarta terdapat sekitar 5 dokter. Agus menambahkan selain pemeriksaan rutin Puskesmas Imogiri 1 juga menyelenggarakan pemeriksaan khusus mata dan penyakit dalam setiap hari selasa.

Menanggapi temuan ini Wakil Ketua Komisi A DPRD Bantul Agus Subagyo mengatakan pemerintah kabupaten Bantul perlu melakukan evaluasi terhadap pelayanan di puskesmas. Diantaranya dengan manambah jumlah dokter sehingga sebanding dengan jumlah pasien. Agus menilai akan sulit untuk mewujudkan pelayanan yang optimal bila jumlah dokter tidak sebanding dengan jumlah pasien. Selain dokter keberadaan peralatan medis modern juga membutuhkan personil yang menguasai operasionalnya. Sehingga peralatan yang dibeli dengan harga relatif mahal ini tidak terbengkalai sia-sia. Agus menambahkan pasca gempa bumi sebagian besar puskesmas di Bantul sudah dilangkapi fasilitas rawat inap. (tok)

GTT PTT ingin diangkat menjadi Honda

Kp Paguyuban Guru Tidak Tetap dan Pagawai Tidak Tetap (GTT/PTT) kabupaten Bantul kembali mengirmkan surat permohonan kepada Bupati untuk dapat diangkat menjadi tenaga Honorer Daerah (Honda). Ketua Paguyuban GTT/PTT Bantul Subardi mengaku sudah dua kali mengirimkan surat serupa kepada Bupati. Sebelumnya Bupati menolak permohonan dengan alasan keterbatasan anggaran. Menyusul keluarnya pernyataan dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN) yang menyerahkan sepenuhnya pengangkatan Honda kepada pemerintah daerah Paguyuban GTT?PTT kembali mengirimkan surat permohonan kepada Bupati. Subardi mengaku saat ini masih menunggu balasan surat Bupati. (tok)

Minggu ini KPU akan undang tiga timses

KP Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bantul dalam minggu ini berencana mengundang tim sukses pasangan capres-cawapres. Divisi Sosilisasi dan Pendidikan Pemilih KPU Bantul Nurudin Latif mengatakan tiga tim sukses tersebut akan diminta untuk menandatangani kesepakatan kampanye damai dan bertanggung jawab. Latif menjelaskan berdasar pengalaman kampanye pileg, banyak pemasangan spanduk dan baliho di pinggir jalan yang menggangu ketertiban lalu lintas bahkan menyebabkan kecelakaan. Namun tidak ada pihak yang bersedia bertanggungjawab. Untuk itu dalam kampanye pilpres tiga tim sukses dituntut untuk lebih bertanggung jawab. Pemasangan atribut pilpres juga tidak diperbolehkan di sepanjang jalan protokol. Kampanye pilpres diselenggarakan mulai Selasa 2 Juni hingga Minggu 5 Juli 2009 dengan pembagian dua pekan pertama tanggal 2 hingga 14 Juni dijadwalkan untuk kampanye non rapat umum dan tanggal 14 Juni hingga 5 Juli dijadwalkan untuk kampanye rapat umum. Latif menambahkan juru kampanye harus berkoordinasi dengan KPU, minimal melaporkan namanya. Bila jurkam tersebut pejabat maka harus mengambil cuti dan hanya diperbolehkan menjadi jurkam Bila hal ini dilanggar KPU akan memberikan sanksi lisan dan tertulis.

Di bagian lain Wakil Ketua 2 Tim Sukses Mega-Pro Uminto Giring Wibowo mengaku sudah mendaftarkan tim suksesnya ke KPU Bantul. Melalui pendaftaran tersebut tim sukses Mega-Pro menginformasikan susunan panitia tim sukses mulai dari Ketua, wakil ketua, bendahara dan sekretaris. Giring menjelaskan tim sukses Mega-Pro sudah siap untuk mengkampanyekan pasangan presiden Megawati Sukarnoputri dan Wakil presiden Prabowo Subianto dengan jargo “Mega Pro Rakyat”. Giring berharap KPU segera mengundang tim sukses untuk penandatanganan deklarasi damai dan pemberitahuan jadwal kampanye. Giring menilai meski hanya ada tiga pasangan capres-cawapres, KPU tetap perlu membuat jadwal kampanye supaya lebih aman. Giring menambahkan Bupati Bantul Idham Samawi kemungkinan besar akan menjadi juru kampanye di tingkat provinsi, namun istrinya Ida Idham Samawi akan menjadi juru kampanye di Bantul. Giring menambahkan saat ini tim sukses Mega-Pro belum memiliki anggaran khusus untuk kampanye.

Di bagian lain Ketua DPD Partai Golkar Bantul Agus Subagyo mengatakan pihaknya belum mendaftarkan tim sukses pasangan presiden-wakil presiden Jusuf Kalla-Wiranto (JK-Win) ke KPU meski sudah ada kesiapan tim. Agus menjelaskan pihaknya belum menerima undangan maupun himbauan dari KPU untuk segera mendaftarkan tim sukses. Agus menambahkan juru kampanye di Bantul kemungkinan besar diambilkan dari pengurus DPW Provinsi DIY. Saat ini tim sukses JK-Win sudah mempersiapkan anggaran meski anggaran dari tim sukses pusat sudah ada. Tim Sukses JK-Win juga sudah mempersiapkan atribut kampanye.

(lia)

Masih tersisa 150 proposal

Stimulan pembangunan fisik tinggal 500 juta rupiah

KP Belum genap 6 bulan, stimulan pembangunan fisik di Bantul senilai 6 miliar rupiah, hanya tinggal 500 juta rupiah. Padahal masih terdapat 150 proposal permintaan stimulus pembangunan fisik yang belum dipenuhi dari total proposal sebanyak 2.000. Kepala Bagian Administrasi Pembangunan (AP) Didik Warsito mengatakan kekurangan anggaran akan diusulkan melalui APBD perubahan Agustus mendatang. Di bagian lain Anggota Panitia Anggaran DPRD Bantul Agus Efendi memperkirakan kondisi ini disebabkan terdapat permasalahan dalam manajemen pengelolaan dana stimulan. Namun dapat juga deisebabkan faktor lain misal adanya kesepakatan sejak awal bahwa stimulan hanya akan digulirkan hingga pertengahan tahun. Sedangkan sisanya akan dianggarkan dalam APBD perubahan. Agus mencontohkan sistem ini pernah diterapkan dalam penganggaran pelatihan kerja bagi pengangguran. (lia)

Gus Tur ditangkap

KP Polres Bantul telah menangkap Tur Haryanto alias Gustur yang juga terpilih sebagai anggota legislatif DPRD Bantul 2009-2012 dari Partai Amanat Nasional (PAN). Kasat Reskrim Polres Bantul AKP Doni Siswoyo mengatakan pihaknya menangkap Gustur pada Senin sore. Namun karena kondisi tersangka sedang sakit maka tidak ditahan di Polres Bantul melainkan menjalani rawat inap di RSD Penambahan Senopati Bantul. Doni mengatakan hingga saat ini Gustur belum bersedia dimintai keterangan apapun oleh Polres Bantul. Sehingga Polres baru mendapat keterangan dari saksi-saksi yang sementara berjumlah 12 orang. Rata-rata para saksi menyatakan diri terpengaruh pemberian bantuan pembangunan rumah dari tersangka. Mereka pun memberikan uang senilai 1 hingga 1,5 juta per kepala keluarga (KK). Doni menambahkan Gustur terjerat pasal 378 tentang penipuan dengan ancaman penjara maksimal 5 tahun. Doni menambahkan pihaknya belum memiliki dokuman yang menyatakan Gustur sebagai anggota dewan maupun calon anggota dewan, namun proses hukum tetap berlangsung karena tersangka terjerat kasus penipuan. (lia)

Juni 6, 2009 - Posted by | Info Harian |

2 Komentar »

  1. HERE GOOD SITE FOR INFO EKG FOR MEDICAL STUDENTS

    http://mediccall.blogspot.com/search/label/EKG

    Komentar oleh mediccall | Juni 6, 2009 | Balas

  2. A colleague recommended this book to me after I lamented that competing text was amusing and easy to understand, but didn’t really foster any permanent functional understanding of EKGs.Like THIS text(DOWNLOAD IN PDF), EKG Book takes a leisurely approach to deconstructing the EKG.
    http://mediccall.blogspot.com/search/label/EKG

    Komentar oleh mediccall | Juni 7, 2009 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: