Infobantul’s Blog

melihat bantul dengan telinga

Tiga timses tandatangani kampanye damai

11 Juni 2009

Tiga tim sukses menandatangani pernyataan kampanye damami dan bertanggung jawab di Kantor KPU Bantul, Rabu (10/6)

Tiga tim sukses menandatangani pernyataan kampanye damami dan bertanggung jawab di Kantor KPU Bantul, Rabu (10/6)

KP Tiga tim sukses pasangan capres-cawapres di Bantul akhirnya menandatangi surat pernyataan kampanye damai dan bertanggungjawab di Kantor KPU Bantul Rabu siang. Sebelum penandatanganan dilaksanakan terjadi diskusi antara tiga timses dengan KPU Bantul. Tiga timses mengeluhkan salah satu poin dalam surat pernyataan kampanye damai yang dibuat oleh KPU Bantul yaitu poin kelima. Poin ke-lima tersebut menyatakan bahwa timses bertanggung jawab atas semua permasalahan yang timbul akibat pemasangan atribut. Ketua Tim Sukses SBY-Budiono Bantul Gatot Susilo mengeluh bila beban tersebut harus ditanggung timses, sedangkan atribut yang dipasang di setiap tempat tidak hanya oleh timses SBY_Budiono melainkan ormas tertentu yang juga mendukung pasangan SBY-Budiono. Gatot menegaskan pihaknya tidak bersedia bertanggung jawab bila ormas tertentu yang mealkukan kesalahan. Gatot berpendapat poin ke-lima tersebut harus diubah tata bahasanya.

Menanggapi hal itu Sekretaris Timses Mega-Pro Bantul Gunawan mengusulkan supaya poin ke-lima dijabarkan menjadi dua hal. Gunawan mengatakan hal yang pertama tentang tanggung jawab timses atas atribut yang dipasang, sedangkan hal pokok kedua tentang mediasi timses dengan organisasi masyarakat tertentu yang juga mengusung pasangan capres-cawapres yang sama. Gunawan berpendapat timses hanya perlu menjadi mediasi antara ormas tersebut dengan KPU atau Panwaslu bila terjadi kesalahan pemasangan atribut atau penyelenggaraan kampanye yang melanggar aturan.

Di bagian lain KPU Bantul akhirnya menyetujui untuk menambah satu poin di bawah poin kelima yaitu poin enam tentang mediasi timses dengan kelompok masyarakat tertentu bila terjadi pelanggaran yang disebabkan kelompok masyarakat, bukan oleh timses. Anggota KPU Bantul Nurudin Latif mencontohkan bila terjadi kecelakaan lalu lintas akibat pemasangan atribut pilpres di pinggir jalan, maka KPU Bantul akan merekomendasikannya kepada timses pengusung pasangan capres-cawapres yang bersangkutan. Timses kemudian harus bertanggung jawab bila atribut tersebut milik timses. Sedangkan bila atribut milik ormas tertentu maka timses diharuskan memediasi KPU dengan ormas tersebut. (lia)

Bantul punya SPBBE baru di Manding

KP Jumlah stasiun pengisian bahan bakar elpiji (SPBBE) di Kabupaten Bantul akan bertambah. Saat ini investor swasta sedang membangun SPBBE baru di sebelah timur perempatan Manding Sabdodadi Bantul. Kepala Dinas Perdagangan Peridustrian dan Koperasi (Disperindagkop) Bantul Yahya mengatakan pembangunan SPBBE tersebut bertujuan untuk memenuhi kebutuhan isi ulang gas elpiji di Bantul karena program konversi minyak tanah ke gas elpiji telah selesai. Pertamina menghimbau setiap kabupaten minimal memiliki satu SPBBE. Sebelumnya Bantul sudah memiliki SPBBE di Sitimulyo Piyungan, namun cakupan pelayanannya mencapai seluruh Provinsi DIY. Yahya berharap dengan adanya SPBBE di Manding dapat memenuhi kebutuhan gas elpiji yang lebih dekat. Selain itu, SPBBE Manding untuk sementara difokuskan pada pelayanan isi ulang tabung elpiji ukuran 3 kilogram. Yahya menambahkan SPBBE ditargetkan mulai beroperasi tahun 2009 dan dikelola oleh swasta. Saat ini SPBBE dalam proses pembangunan fisik. (lia)

Idham mengaku belum baca laporan

Kp Bupati Bantul Idam Samawi mengaku belum membaca laporan hasil uji laboratorium terhadap contoh air kolam milik warga miri timbulharjo Sewon yang dikirim Badan Lingkungan Hidup (BLH) Bantul. Namun Idam berjanji setelah membaca laporan akan segera menggelar rapat koordinasi untuk mengambil solusi. Idam menilai pengambilan keputusan dalam permasalahan ini harus melibatkan seluruh pihak terkait termasuk petani dan PG Madukismo. Bila terbukti limbah PG Madukismo menjadi penyebab pencemaran maka harus bersedia bertanggungjawab. Idam berharap peristiwa ini dapat menjadi pelajaran bagi semua pihak. Sehingga peristiwa serupa tidak perlu terjadi lagi.

Dukungan untuk segera menyelesaikan permasalahan ini juga disampaikan ketua DPRD Bantul Joko Purnomo. Joko menilai segera mencari solusi merupakan langkah yang lebih  bijaksana dibanding saling menyalahkan. Joko berharap dalam mencari seluruh pihak tetap menjunjung semangat untuk memberikan kemudahan bagi warga yang menjadi korban dalam peristiwa ini. Minimal memberikan subsidi bagi petani agar dapat kembali memulai usahanya. Sumber subsidi menurut joko dapat ditanggung bersama antara pemerintah kabupaten Bantul dengan pihak-pihak yang terlibat dalam permasalahan ini. (tok)

Berbaik hati malah kemalingan

KP Karena berbaik hati kepada orang yang tidak dikenal, Nyonya Dede warga Onggobayan Ngestiharjo Kasihan justru kemalingan. Kejadian berawal ketika Ny Dede kedatangan tamu di warungnya Selasa sekitar pukul setengah 12 malam. Tamu tersebut seorang perempuan yang kira-kira berusia 22 tahun. Tamu tersebut mengaku kemalaman dan minta izin kepada Nyonya Dede untuk menginap di warungnya hingga pagi tiba. Tanpa rasa curiga Ny Dede mengizinkan tamunya beristirahat di warung. Rabu pagi sekitar pukul setengah enam, saat Ny Dede melayani pelanggan yang membeli bensin, tamu tiba-tiba bergegas pergi tanpa pamit meninggalkan warung menggunakan sepeda motor kea rah timur. Sesaat kemudian Ny Dede mendapati dompet, handphone, uang dan tasnya di atas meja sudah hilang. Ny Dede memperkirakan kerugian yang dideritanya mencapai 1 juta rupiah. (lia)

Juni 11, 2009 - Posted by | Info Harian |

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: