Infobantul’s Blog

melihat bantul dengan telinga

Buruh PT Gabela audensi di Pemkab Bantul

18 Juni 2009

Kp Puluhan buruh PT Gabela Mandiri rabu pagi menggelar audiensi dengan jajaran pemerintah kabupaten Bantul di Pendopo Parasamya. Sekertaris Serikat Pekerja Gabela Mandiri Ita Fitriani mewakili rekan-rekannya menyampaikan aspirasi kepada Sekertaris Daerah Kabupaten Bantul Gendut Sudarto. Terdapat 4 tuntutan yang disampaikan buruh masing-masing pelunasan upah pokok bulan Februari dan Maret 2009,pelunasan upah lembur mulai februari 2008 hingga Maret 2009,seluruh pekerja harus masuk jamsostek dan penghentian intimidasi terhadap Serikat Pekerja Gabela Mandiri. Selain itu buruh juga menuntut gaji sesuai Upah Minimum Propinsi (UMP) sebesar 700 ribu rupiah perbulan. Ita mengaku sudah menyampaikan aspirasi ini ke pihak pengusaha dan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Bantul. Namun hingga saat ini belum terdapat tanda-tanda akan dipenuhi. Ita menambahkan selama ini pihak perusahaan selalu mengatakan kinerja buruh belum mendatangkan keuntungan padahal setiap target yang ditetapkan perusahaan selalu terpenuhi.

Menanggapi aspirasi buruh PT Gabela ini Sekertrais Daerah Bantul Gendut Sudarto berjanji akan memberikan fasilitasi. Gendut mengaku akan memanggil pihak perusahaan untuk melakukan kroscek terhadap aspirasi yang disampaikan buruh. Gendut menilai kurang bijaksana bila hanya mendengarkan keterangan dari satu pihak untuk menyelesaikan masalah hubungan kerja. Namun Gendut memperkirakan perusahaan akan mengalami kesulitan untuk memenuhi seluruh tuntutan buruh. Sehingga Gendut berharap pembayaran upah pokok dan lembur menjadi prioritas utama.

Sementara itu saat dihubungi melalui telpon tidak terdapat perwakilan PT Gabela yang bersedia berkomentar. Menurut keterangan resepsionis Bagian personalia sedang tugas luar. Sedangkan jajaran mangemen sedang menggelar rapat. (tok)

Tingkat kesalahan pengisian C1 tinggi

KP Untuk meminimalkan kesalahan pengisian formulir-formulir pemilihan presiden, KPU Bantul menyelenggarakan bimbingan teknis untuk panitia pemungutan suara (PPS) dan panitia pemungutan kecamatan (PPK) di Gedung Induk Parasamya Rabu pagi. Ketua KPU Bantul Budi Wiryawan dalam sambutannya mengatakan tingkat kesalahan pengisian formulir terbanyak dalam pemilu legislatif adalah pengisian formulir C1 yang berisi data primer. Kesalahan pengisian C1 menimbulkan perselisihan yang cukup panjang di beberapa TPS hingga tingkat kecamatan. Untuk itu dalam bimtek tersebut juga diselenggarakan simulasi pengisian formulir per kelompok. Metode ini dilakukan supaya PPK dan PPS memahami permasalahan yang dihadapi dalam pengisian formulir. Budi menambahkan PPK dan PPS diharapkan dapat menularkan ilmunya kepada petugas di tingakt lebih rendah sehingga tingkat kesalahan semakin kecil. Budi menegaskan semua petugas pemilu harus menunjukka profesionalisme kerja karena menjadi sorotan media massa dan pakar politik. Bimtek diselenggarakan selama tiga hari mulai Selasa 16 Juni hingga Kamis 18 Juni dengan peserta PPK dan PPS se-Kabupaten Bantul yang dibagi dalam tiga zona. (lia)

PPDB SMA dilaksanakan 2 hingga 4 Juni

KP Penerimaan peserta didik baru (PPDB) untuk sekolah menengah atas (SMA) sederajat akan diselenggarakan tanggal 2 hingga 4 Juli 2009. Kepala Dinas Pendidikan Menengah dan Norformal Masharun Ghazalie mengatakan Bantul memiliki daya tampung yang cukup besar untuk menerima siswa baru. Untuk itu pihaknya tidak mutlak berpegangan pada kuota-kuota yang telah ditentukan khususnya bagi siswa dari luar daerah. Masharun menjelaskan untuk daerah perbatasan seperti Kecamatan Sedayu, Kasihan, Sewon dan Banguntapan diperbolehkan menerima siswa luar daerah dengan prosentase 25-50%. Sedangkan di kecamatan lain siswa dari luar daerah kuotanya dibatasi hingga 30% saja. Masharun menambahkan SMA tidak diperbolehkan menambah kuota siswa maupun membuka kelas baru, tiap kelas maksimal 36 murid. Sedangkan SMK diperbolehkan membuka kelas baru atau prodi baru setelah kuota 32 siswa per kelas terpenuhi. Masharun menambahkan untuk sekolah rintisan internasional diperbolehkan membuka pendaftaran lebih awal dengan kuota 32 siswa per kelas. (lia)

Pantai Depok dicanangkan sebagai kawasan wisata terpadu

Kp Menteri coordinator kesejhteraan rakyat Aburizal Bakri dan Menteri kebudayaan dan pariwisata  jero wacik rabu 17 Juni 2009 secara simbolis melakukan penanaman pohon di laboraturium Geoparsial Parangtritis. Penanaman pohon ini menandai pencanangan pantai depok sebagai kawasan wisata terpadu. Kegiatan ini sekaligus menandai peluncuran Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) bidang Pariwisata. Menurut Direktur Pemberdayaan Masyarakat Bakri PNPM Pariwisata bertujuan memberikan bantuan modal untuk meningkatkan pembanguanan sector pariwisata. Bakri menjelaskan pada tahap awal pemerintah akan mengucurkan dana sekitar 9 milyar rupiah. Di propinsi DIY terdapat 19 desa yang memiliki obyek wisata akan mendapat bantuan salah satunya depok parangtritis. (tok)

Pertanggungjawaban APBD Bantul baik dengan catatan

Kp Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) memberikan predikat baik dengan catatan terhadap laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD tahun anggaran 2008 bupati Bantul. Penilain ini tercantum dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK yang diserahkan jum’at 12 Juni 2009 kepada DPRD Bantul. Dalam LHPO terdapat 3 catatan yang diberikan BPK masing-masing nilai asset milik pemerintah kabupaten Bantul,belanja barang dan jasa RSUD Panembahan Senopati dan Saldo hutang jangka pandek yang tidak dapat diyakini kewajarannya. Wakil ketua DPRD Bantul Slamet Abdulah menilai predikat yang diberikan BPK cukup baik,mengingat terdapatnya lembaga-lembaga yang mendapat predikat di bawahnya. (tok)

Beberapa kali mencuri, dipenjara 14 bulan

KP Setelah beberapa kali melakukan pencurian, terdakwa Supardi warga Suropadan Tirtomulyo Kretek dijatuhi hukuman penjara 14 bulan, lebih ringan dari tuntutan sebelumnya 16 bulan penjara. Terdakwa terbukti telah mencuri emas perhiasan yang beratnya mencapai 30 gram milik Diah Sudartini, tetangga terdakwa. Jaksa Penuntut Umum Erlyn Ninis Pristyanti mengatakan terdakwa mencuri ketika rumah ditinggalkan pemiliknya dan hanya ditunggui ibu pemilik yang sudah renta dan penglihatannya tidak maksimal. Terdakwa kemudian menjual emas perhiasan tersebut di Pasar Imogiri. Uang hasil penjualan digunakan untuk keperluan pribadi dan bersenang-senang karena terdakwa tidak memiliki istri dan anak. Terdakwa diketahui mencuri dari keterangan seorang saksi yang juga tetangga korban karena curiga ketika melihat terdakwa melintas di gang di dekat rumah korban yang jarang dilewati orang. Erlyn menambahkan dari persidangan juga terungkap bahwa terdakwa pernah mencuri uang senilai 800 ribu rupiah di rumah yang sama. Dari catatan kriminal terdakwa, terdakwa juga pernah mencuri sepeda. Erlyn mengatakan hal-hal tersebut menjadi pertimbangan yang memberatkan  putusan dalam persidangan. (lia)

Juni 25, 2009 - Posted by | Info Harian |

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: