Infobantul’s Blog

melihat bantul dengan telinga

Pembuatan akta kelahiran rawan calo

15 Juli 2009

KP Pembuatan akta kelahiran sejak Mei 2009 rawan terhadap calo. Pasalnya mulai 7 Mei 2009 pembuatan akta kelahiran bagi yang terlambat hingga lebih dari satu tahun terhitung sejak lahir harus melalui persidangan di PN Bantul. Kepala Dinas Kependudukan Bantul Kholil Hamidi mengatakan berdasar undang-undang nomor 23 tahun 2009 tentang administrasi kependudukan pembuatan akta kelahiran bagi yang terlambat ditetapkan melalui dua kali persidangan di pengadilan. Pemohon akta dibebani biaya total hingga 250.000 per akta yang digunakan untuk proses pengadilan senilai 150.000 rupiah dan legas di kantor pos senilai 100.000 rupiah. Kholil khawatir hal ini dimanfaatkan oleh para calo yang mematok harga sangat tinggi. Kholil menambahkan bagi warga yang baru dua bulan setelah kelahiran sudah diurus aktanya maka Pemda tidak memungut biaya, sedangkan bagi warga yang aktanya diurus 60 hari hingga satu tahun setelah kelahiran dibebani biaya administrasi kependudukan senilai 15.000 rupiah. Lebih lanjut Kholil undang-undang administrasi kependudukan sudah 1 Januari 2008 namun Pemda memberikan dispensasi hingga 7 Mei 2009. Setelah 7 Mei 2009 penetapan akta kelahiran ditentukan melalui persidangan di PN Bantul.

Di bagian lain Humas merangkap hakim PN Bantul M. Sukusno Aji menjelaskan biaya pembuatan akta kelahiran di PN Bantul atau disebut dengan biaya panggar perkara senilai 150.000 rupiah yang dibayarkan melalui Bank Negara Indonesia (BNI). Biaya tersebut digunakan untuk keperluan pendaftaran senilai 30.000 rupiah, relas panggilan senilai 50.000 rupiah, redaksi senilai 5.000 rupiah, materai senilai 6.000 rupiah dan tambahan salinan putusan senilai 12.000 rupiah. Bila biaya senilai 150.000 rupiah tersebut sisa, maka akan dikembalikan kepada pemohon akta. Aji mencontohkan salah satu pemohon dari Kecamatan Imogiri memerlukan biaya hingga 103.000 rupiah, maka sisanya senilai 47.000 akan dikembalikan kepada pemohon. Aji menjelaskan sisa pembiayaan dapat bervariasi tergantung besar relas panggilan antara 50.000 hingga 65.000 rupiah. Aji menambahkan sejak 15 Mei hingga saat ini PN Bantul sudah memproses penetapan 260 akta kelahiran. Untuk penetapan akta kelahiran, pemohon melalui dua kali proses persidangan setiap hari Jumat di PN Bantul. Sidang pertama beragendakan pemeriksaan saksi dan alat bukti, sedangkan sidang kedua putusan oleh Majelis Hakim. Aji menjelaskan saksi yang didatangkan pemohon minimal dua orang yang mengetahui kelahiran tersebut. (lia)

 

Ternak babi belum akan diberi vaksin

KP Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (KPP) Bantul tidak memberikan vaksin khusus bagi ternak babi untuk menanggulangi terjangkitnya virus H1N1 penyebab flu babi. Kabid Kesehatan Hewan Dinas KPP Sri Budoyo menjelaskan vaksin tidak diberikan karena hingga kini belum terjadi kasus flu babi yang menjangkiti ternak. Budoyo khawatir bila vaksin diberikan justru memancing timbulnya virus dari dalam tubuh babi. Di sisi lain populasi babi di Bantul diperkirakan akan bertambah karena sejak merebaknya kasus flu babi, kota dan kabupaten lain mulai mengurangi pembelian daging babi dari Bantul. Budoyo mengatakan kekhawatiran tersebut setelah dua kota tujuan penjualan babi dari Bantul mengurangi pembeliananya. Budoyo menyebutkan dua kota tersebut adalah Jakarta dan Bogor yang selama ini mengambil pasokan daging babi dari Bantul. Sedangkan populasi babi yang masih kecil sangat banyak karena dalam satu kali kelahiran, babi dapat memiliki anak 12 hingga 15 ekor. Saat ini di Bantul terdapat 5.047 ekor babi yang peternakannya terpusat di Kecamatan Srandakan dan Kasihan. (lia)

 

Pelunasan haji dibatasi hingga 12 Agustus

KP Pelunasan pembayaran biaya haji sudah dimulai sejak 12 Juli 2009 dan akan dibatasi hingga 12 Agustus 2009. Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh Departemen Agama Bantul Nadhif menjelaskan calon jamaah haji sebelumnya sudah membayarkan setoran awal senilai 20 juta rupiah. Total biaya haji tahun ini senilai 3.407 dolar dita,bah 100 ribu rupiah, lebih kecil 28 dolar dibandingkan tahun 2008. Pelunasannya di empat bank yaitu BRI, Bank Mandiri, BPD dan BNI akan ditunggu hingga 12 Agustus 2009. Nadhif menyebutkan sejak 12 Juli hingga kini sudah terdapat 72 calon jamaah haji yang melunasi pembayaran. Sedangkan total jamaah haji asal Bantul yang akan berangkat tahun 2009 mencapai 820 orang. Jumlah tersebut naik dibandingkan tahun 2008 sebanyak 717 orang. Menurut Nadhif peningkatan jumlah calon jamaah haji disebabkan karena peningkatan taraf ekonomi masyarakat dan meningkatnya kesadaran beribadah. Nadhif menambahkan pendaftaran haji di Bantul yang menjadi satu kuota dengan Provinsi DIY saat ini harus antri. Pendaftar tahun 2009 baru dapat berangkat tahun 2012. Hal ini menyebabkan pemerintah mengutamakan calon jamaah yang belum pernah berhaji. Kecuali bagi pendamping calon jamaah dan pembimbing jamaah haji diperbolehkan haji beberapa kali. (lia)

 

Tiga jurusan SMK akan dibatasi

Kp Dinas Pendidikan Menengah dan Nonformal kabupaten Bantul akan membatasi pembukaan jurusan sekertaris,Teknologi Informasi dan Otomotif di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Kepala Bidang Pendidikan Menengah Kejuruan Bambang Sartono mengatakan pembatasan ini dilakukan menyusul sudah tidak seimbangnya antara lapangan yang tersedia dengan jumlah siswa. Bambang menjelaskan saat ini sudah terdapat 6 SMK yang memiliki jurusan otomotif, serta 10 SMK yang memiliki jurusan sekertaris dan Teknologi Informasi dengan jumlah siswa yang selelu penuh. Dibagian lain Dikmenjur akan mengembagkan beberapa jurusan yang lapangan pekerjaannya masih terbuka luas namun jumlah peminatnya sedikit. Seperti jurusan Kimia Industri,Kria Kayu,Bangunan dan Kelautan. Bambang menilai masih terdapatnya kesalahan presepsi masyarakat terhadap jurusan –jurusan ini menyebabkan siswa enggan memilih. Bambang mencontohkan seperti jurusan kria kayu yang selama ini dianggap hanya akan menjadi tukang jika lulus. Padahal banyak perusahaan mebel berbasis teknologi tinggi membutuhkan lulusan yang menguasau kria kayu. (tok)

 

Pesta miras, meninggal dunia

Kp Heri Yuswowibowo 19 th, warga demangan kopen RT 03 Wonokromo Pleret meninggal dunia akibat over dosis. Sebelumnya korban sempat dibawa ke puskesmas imogiri 1 namun meninggal dunia di tengah perjalanan. Menurut keterangan salah satu temannya senin malam korban pergi ke pantai parangtritis. Disana korban bertemu dengan 3 temannya yang mengajak pesta miras oplosan topi miring campur sebuk kuku bima. Sekitar pukul setengah dua korban pulang ke rumah dedi di bungas Sumberagung Jetis dan langsung tidur. Namun hingga siang korban tidak bangun dan saat diperiksa nafasnya seperti orang mendengkur. Temannya yang khawatir langsung membawa ke puskesmas imogiri 1. Namun ditengan jalan nyawa korban tidak tertolong. Menurut keterangan dokter puskesmas imogiri 1 kamtian korban diakibatkan over dosis. (tok)

 

Mencabuli anak-anak dituntut tiga tahun penjara

Kp Gara-gara melakukan pencabulan terhadap anak dibawah umur Nurwidayat alias Bety dituntut pidana penjara selama 3 tahun. Tuntutan bagi warga Jomboran Gilangharjo Pandak ini dibacakan JPU Uji Untari dalam persidangan yang digelar selasa siang di PN Bantul. Dalam tuntutan terungkap pria 44 tahun yang berprofesi sebagai pedagang ayam ini lebih menyukai pasangan sejenis. Salah satunya terhadap korban kumbang tetangganya yang masih merusia 14 tahun. Peristiwa terjadi saat korban main ke rumah terdakwa. Terdakwa yang sudah cukup lama memendam rasa meminta korban agar bersedia dicabuli dengan imbalan uang sepuluh ribu rupiah. Meski menurut pengakuan terdakwa pencabulan dilakukan suka sama suka. Namun korban mengaku dipaksa terdakwa. Sidang lanjutan kasus ini akan digelar selasa pekan depan. (tok)

 

HUT Bantul diawali peresmian fasilitas umum

Kp Peresmian beberapa proyek pembangunan rabu 15 Juli 2009 menandai peringatan hari jadi kabupaten Bantul ke-178. Diantaranya peresmian jalan usaha tani di poncosari srandakan,Kantor Desa Sumbermulyo Bambanglipuro dan Jembatan Lantang Selopamioro Imogiri. Peresmian akan dilakukan ketua umum peringatan hari jadi Bantul ke-178 Sumarno Prs. Sebelum peresmian jembatan lantang akan dilakukan panen raya tembakau di dusun Kalidadap Selopamioro Imogiri. Acara yang dimulai pukul 8 ini diikuti seluruh kepala Dinas Instansi dilingkungan pemerintah kabupaten Bantul. (tok)

Juli 21, 2009 - Posted by | Info Harian |

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: