Infobantul’s Blog

melihat bantul dengan telinga

Bantul rayakan Hari jadi ke-178

21 juli 2009

KP Kinanti Subokastowo karangan Wakil Bupati Bantul Sumarno dinyanyikan dalam puncak peringatan hari jadi Bantul ke-178 di Lapangan Trirenggo Bantul Senin sore. Sekitar 1.700 orang lebih menyanyikan lagu tersebut dalam parade panembromo yang memecahkan rekor MURI ke-3.818. Senior Manajer Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) Paulus Pangka mengatakan rekor panembromo dengan peserta terbanyak ini menambah daftar rekor MURI oleh Kabupaten Bantul. Piagam rekor MURI kali ini diserahkan oleh Paulus kepada Bupati Bantul Idham Samawi, Wakil Bupati Bantul Sumarno dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Suyoto. Paulus menambahkan secara keseluruhan terdapat 11 rekor MURI yang telah dicapai Bantul diantaranya tumpeng terbanyak, memasak ikan gurameh terbanyak, macapat terlama, caping terbesar, replika gong terbesar, padasan terbesar, topeng panji terbesar, mendirikan telur terbanyak, rangkaian kuwocheng tertinggi dan bergodo panembromo terbanyak.

Selain pemecahan rekor MURI, Bupati Bantul Idham Samawi dan Wakil Bupati Bantul Sumarno juga meraih penghargaan legium veteran oleh Veteran RI. Ketua Veteran DPD DIY Sugiantoro mengatakan penghargaan veteran tidak harus diberikan kepada pejuang veteran. Melainkan warga atau pemimpin yang sangat berjasa kepada veteran juga dapat memperoleh penghargaan legium veteran tersebut. Sugiantoro mencontohkan Bupati dan Wakil Bupati Bantul yang memperoleh penghargaan legium veteran karena telah berjasa kepada veteran, diantaranya pemberian pengobatan gratis pada hari veteran dan pembangunan kantor untuk veteran. Sugiantoro menambahkan di Provinsi DIY penghargaan legium veteran kepada warga di luar pejuang veteran baru diberikan kepada Bupati dan Wakil Bupati Bantul kali ini. (lia)

Pemkab siapkan 10 miliar untuk pilkada

KP Dinas Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) mengalokasikan dana senilai 10 miliar rupiah untuk penyelenggaraan pilkada Bantul 2010. Kepala DPKAD Bantul Abu Dzarin mengatakan jumlah tersebut masih dapat berubah karena DPKAD belum menerima pengajuan resmi dari KPU Bantul. Abu menjelaskan bila dana yang dimohon KPU lebih sedikit atau lebih besar, maka alokasi juga akan diubah jumlahnya. Abu memperkirakan dana akan lebih besar daripada pilkada sebelumnya yang hanya menghabiskan 8 miliar rupiah. Abu menambahkan pihaknya sudah melayangkan surat ke KPU untuk segera mengirimkan surat permohonan pendanaan pilkada 2010. Namun hingga kini DPKAD belum mendapatkan jawabannya. Abu memaklumi hal itu karena KPU baru disibukkan dengan pemilihan legislatif dan pemilihan presiden. Jumlah anggaran kemudian akan dirapatkan juga dengan DPRD Bantul periode baru. Lebih lanjut Abu berharap pilkada hanya berlangsung satu putaran saja supaya anggaran lebih hemat. Namun bila nantinya pilkada terpaksa diselenggarakan dalam dua putaran maka DPKAD akan menambah alokasi sekitar 3 hingga 5 miliar rupiah.

Di bagian lain Anggota Komisi A DPRD Bantul Agus Efendi mengatakan terlalu dini untuk menganggarkan dana pilkada saat ini. Agus menjelaskan anggota dewan baru perlu untuk menyelesaikan permasalahan internal DPRD terlebih dahulu sebelum mengurus pembiayaan pilkada. Agus menambahkan dalam merancang pembiayaan pilkada KPU perlu lebih cermat, karena dari pengalaman pilkada-pilkada sebelumnya, jumlah yang dianggarakan KPU selalu selisih ratusan juta. Dengan alasan pendanaan tempat pemungutan suara (TPS) dan petugas di TPS. Meski demikian Agus belum bisa memberi gambaran jumlah yang pas untuk pilkada 2010. (lia)

Pemkab akan sweeping anak putus sekolah

KP Pemerintah Kabupaten Bantul akan melakukan sweeping anak putus sekolah akhir Juli hingga Agustus. Kabid Pendidikan Menengah Atas (Dkmentas) Dinas Pendidikan Menengah dan Nonformal Totok Sudarto mengatakan anak-anak putus sekolah akan diarahkan untuk bersekolah di sekolah-sekolah yang dikehendaki yang kuotanya belum penuh. Totok mencontohkan sekolah menengah atas (SMA) negeri yang kuotanya belum penuh adalah SMA 1 Dlingo. Dari kuota tiga kelas, baru terpenuhi dua kelas. Selain itu Totok menyebutkan sebagian SMA swasta juga belum penuh kuotanya. Totok berharap sekolah-sekolah yang kuotanya belum penuh tidak perlu berkecil hati karena Pemkab akan segera melakukan sweeping anak putus sekolah. (lia)

Ida Idham Samawi resmikan PAUD Fajar Manunggal

KP Ketua TP PKK Bantul Ida Idham Samawi meresmikan PAUD Fajar Manunggal di Dusun Jaten  Desa Sendangsari Kecamatan Pajangan. Dalam kesempatan tersebut Ida menyerahkan bantuan senilai 1 juta rupiah. Di bagian lain ketua PAUD Fajar Manunggal Mursidi mengatakanPAUD Fajar Manunggal telah berdiri sejak 14 Desember 2008 dan

telah menerima bantuan baik dari pemerintah desa setempat serta dari TP PKK Kabupaten Bantul. Bantuan dari Pemerintah Desa senilai 5 juta rupiah, dan bantuan dari PKK bantul senilai 400 ribu rupiah sudah digunakan untuk membeli alat permainan edukatif. PAUD menaungi tiga wilayah pedukuhan diantaranya Dusun Jaten, Manukan dan Kuden. (lia)

Juli 27, 2009 - Posted by | Info Harian |

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: