Infobantul’s Blog

melihat bantul dengan telinga

SBY-Budiono menang telak

17 Juli 2009

KP Pasangan SBY-Budiono menang telak di Bantul dengan hasil perolehan suara mencapai 310.119 suara atau 59,11% dari total suara sah. Hal ini diketahui dari hasil pleno rekapitulasi KPU Bantul Kamis siang. Sementara itu urutan kedua ditempati pasangan Mega-Prabowo dengan perolehan mencapai 156.013 suara atau 29,76%. Pada urutan terakhir pasangan JK-Wiranto memperoleh 59.188 suara atau 11,13%. Pasangan SBY-Budiono dan JK-Wiranto meraih suara tertinggi di Kecamatan Pleret. Sedangkan pasangan Mega-Prabowo meraih suara tertinggi di Kecamatan Dlingo. Ketua KPU Bantul Budi Wiryawan mengatakan tingkat partisipasi pemilih di Bantul cukup tinggi mencapai 78,88%. Partisipasi memilih tertinggi di Kecamatan Pleret, mencapai 81,91%. Sedangkan partisipasi pemilih terendah di Kecamatan Sanden yang hanya mencapai 74,24%. Dari partisipasi tersebut total suara sah hanya mencapai 525.320 suara atau 93% dari total suara masuk, sedangkan total suara tidak sah mencapai 39.430 suara atau 7%. Di bagian lain Ketua Panwaslu Bantul Tentrem Widodo mengatakan tidak terdapat permasalahan yang berarti selama rekapitulasi suarat suara. Tentrem menjelaskan semua proses berjalan lancar dan tidak terjadi kecurangan dalam penghitungan suara. Semua saksi yang hadir juga menyetujui hasil rekapitulasi suara yang ada. Tentrem menambahkan selama rekap suara terjadi sedikit permasalahan pada giliran PPK Kecamatan Kasihan. Saat itu rekap suara yang seharusnya diberikan berada di tengah-tengah tumpukan. Padahal seharusnya untuk mempermudah pencarian, rekap tersebut ditaruh pada tumpukan paling atas. Meski demikian Tentrem menilai, permasalahan tersebut tidak memberikan dampak buruk dalam rekap suara. Rekap tetap berjalan semesatinya dari pukul 10.00 hingga 12.00 siang. (lia)

Kasongan masih berprospek cerah

Kp Kasongan masih memiliki prospek cerah sebagai sentra industri dan pemasaran gerabah. Pernyataan ini dismapaikan Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Yahya terhadap kondisi terakhir kasongan. Yahya menilai keberadaan produsean dan pedagang di kasongan justru dapat bersinergi. Keberadaan pedagang dapat menyediakan pasar bagi produsen. Sementara keberadaan produsen dapat menyediakan barang untuk dijual. Yahya optimis bila sinergi ini dapat terjaga maka kasongan masih memiliki prospek jangka panjang. Kondisi ini juga ditunjukan Departemen perdagangan yang menunjuk kasongan sebagai salah satu percontohan dalam program One Vilage one product (OVOP) dengan produk unggulan gerabah. Yahya menilai terdapatnya inovasi produk kerajinan selain gerabah menjadi salah satu alasan kasongan masih menjadi tujuan wisatawan. (tok)

Desa Sidomulyo ajarkan pembelajaran demokrasi

Kp Pembelajaran berdemokrasi bagi warganya dilakukan pemerintah desa Sidomulyo Bambanglipuro dalam pemilihan pengurus Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Mitra Mandiri. Melalui pemungutan suara layaknya pemilihan umum 75 perwakilan dari 15 dusun akan memilih 13 pengurus BKM yang akan bertugas 3 tahun kedepan. Lurah Desa Sidomulyo Edi Murjito mengatakan untuk memilih 13 pengurus BKM setiap perwakilan diharuskan memilih 7 nama sebagai kandidat. Selanjutnya hasil pemilihan dirangking untuk mendapatkan 13 nama yang terpilih menjadi pengurus BKM. Seperti pada pemiliha caleg keterwakilan 30 persen perempuan menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi. Edi menilai pemilihan secara langsung perlu dilakukan karena BKM harus menjadi lembaga yang bertugas mengelola dana bantuan melalui berbagai program untuk mengurangi jumlah warga miskin dan pengangguran. Edi menjelaskan terdapat 3 bidang kerja BKM. Namun selama ini baru bidang simpan pinjam yang berjalan di desa Sidomulyo. Dibagian lain koordinator BKM Sumantara menilai selama ini BKM Mitra Mandiri belum dapat bekerja secara independen. Keputusan lurah seringkali masih berpengaruh terhadap program kerja BKM. Sehingga sumantara bertekad akan membawa pengurs BKM yang terpilih untuk dapat bekerja secara mandiri. Sehingga peran BKM justru dapat menjadi penyeimbang bagi pemerintah desa. Sumantara mengatakan sejak berdiri tahun 2000 BKM telah mengelola dana sekitar 5 Milyar rupiah. Diantaranya untuk program pembagunan sarana irigasi dan bantuan perumahan bagi korban gempa. Berkat kerja keras seluruh anggota BKM Mitra Mandiri mampu menekan jumlah kepala keluarga miskin dari 2000 menjadi 900. Sumantara menjelaskan secara rutin pengurus menggelar pertemuan untuk membahas program kerja. Sedangkan laporan pengurus disampaikan kepada warga melalui Rapat Warga Tahunan (RWT) (tok)

Peduli kesehatan meningkat

Kp Kepedulian generasi muda terhadap kesehatan pribadi dan lingkungan di Bantul mengalami peningkatan. Kondisi ini tampak dari tingginya animo peserta lomba kader kesehatan remaja yang digelar Kantor Pemuda dan Olahraga bersama Dinas Kesehatan Bantul. Ketua Panitia Lomba Sumarjono menjelaskan dari segi kualitas peserta lomba memiliki kemampuan yang merata. Sehingga penitia terpaksa menggelar babak semifinal menyusul terdapatnya beberapa yang mendapat nilai sama. Sumarjono memastikan kepedulian generasi muda ini tidak hanya sebatas teoritis. Sebab dalam beberapa soal peserta mampu memberikan jawaban dengan uraian secara terperinci. Sumarjono menambahkan untuk lebih meningkatkan kepedulian generasi muda terhadap kesehatan kantor pora akan menggelar lomba penyuluh kesehatan. (tok)

Sambut hari jadi Bantul Panitia selenggarakan lomba Panembromo

KP Dalam rangka menyambut hari jadi Bantul yang ke-178, Panitia Hari Jadi menyelenggarakan lomba panembrama di Pendopo Parasamya Kamis pagi. Lomba panembrama merupakan perlombaan paduan suara dalam bahasa Jawa yang diiringi musik gamelan. Lagu wajib yang dinyanyikan berjudul Kinanti Subokastowo karangan Wakil Bupati Bantul Sumarno. Koordinator Lomba Panembromo tingkat kabupaten Sahari mengatakan lagu tersebut merupakan cerminan pelestarian budaya Yogyakarta sebagai daerah istimewa. Syair-syair dalam bahasa Jawa dinyanyikan sebagai paduan suara bergaya macapat oleh satu regu peserta yang terdiri dari 30 hingga 40 orang. Masing-masing regu dapat membawa pangrawit atau regu gamelan sendiri maupun tampil bersama regu pangrawit panitia. Sahari menambahkan perlombaan juga bertujuan untuk melestarikan penggunaan busana Jawa, terbukti para peserta menggunakan busana adapt Jawa lengkap ketika tampil di atas panggung. Perlombaan diikuti oleh 75 regu dari 75 desa se-Kabupaten Bantul. Sebelumnya masing-masing berlomba di tingkat kecamatan sehingga hanya tinggal 17 regu yang tampil Kamis pagi di Pendopo Parasamya. Pemenang akan ditampilkan kembali dalam upacara peringatan HUT Bantul 20 Juli 2009 di Lapangan Trirenggo Bantul. (lia)

Curi helm, dipenjara dua bulan

KP Dua pelajar SMA pencuri helm dijatuhi hukuman dua bulan penjara dalam persidangan yang digelar PN Bantul Kamis siang. Ketua Majelis Hakim Agus Rumekso mengatakan tindakan keduanya meresahkan masyarakat dan merugikan orang lain sehingga menjadi pemberat putusan. Namun karena keduanya masih pelajar dan belum pernah mencuri helm sebelumnya maka hanya dijatuhi hukuman dua bulan penjara. Barang bukti dua buah helm yang masing-masing senilai 125.000 rupiah dikembalikan kepada pemiliknya. Kejadian terjadi pada Bulan Mei 2009 di halaman parkir RSD Panembahan Senopati Bantul. Menurut pengakuan dua terdakwa, keduanya berangkat dari rumah salah satu terdakwa di Kecamatan Pandak berboncengan sepeda motor. Saat itu hanya salah satu terdakwa yang menggunakan helm. Sesampainya di tempat parkir, keduanya memarkir kendaraan dan berpura-pura menjenguk orang sakit. Sesaat kemudian keduanya keluar dari gedung menuju parkiran. Terdakwa sengaja mengambil helm untuk dibawa pulang. Sesampai di perempatan Bejen mereka memutuskan untuk makan mie ayam, sedangkan helm curian ditaruh di sebuah rumah kosong. Keduanya kemudian kembali lagi ke parkiran RSD untuk mengambil helm curian yang kedua. Namun petugas keamanan rumah sakit curiga dan melaporkan terdakwa. (lia)

Juli 27, 2009 - Posted by | Info Harian |

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: