Infobantul’s Blog

melihat bantul dengan telinga

Mengawali Ramadhan dengan wiwitan

Mozaik Ramadhan 24 Agustus 2009

 

Kp Mozaik Ramadhan edisi kali ini akan menghadirkan festifal sego wiwit di dusun Gatak Sumberagung Jetis. Berikut laporan selengkapnya.

 

Jarum jam menunjuk pukul 2 siang saat ratusan warga masyarakat berkumpul di depan masjid An-Nuriyah Gatak Sumberagung Jetis. Terik sinar matahari yang masih terasa menyengat tidak menyurutkan niat ibu-ibu ini untuk mengikuti festifal sego wiwit yang menandai permulaan bulan Ramadhan. 30 kelompok yang masing-masing beranggotakan 5 orang langsung memasak sego wiwit yang terdiri dari nasi,sambel gepeng (Sambel kacang),ikan petek (ikan asin),telur ayam kampung dan jajan pasar. Ketua Takmir masjid An-Nuriyah Budi Hartono selaku ketua panitia menjelaskan sego wiwit biasa disajikan menjelang panen padi. Namun dengan kemasan yang berbeda festifal sego wiwit yang digelar pada awal bulan Ramadhan ini bertujuan mengingatkan umat islam agar menjalankan puasa dengan ikhlas dan dapat menaham hawa nafsu sehingga mendapat ridho dari Allah swt.

 

Selain memasak sego wiwit sebagai menu utama setiap peserta, juga diwajibkan menggunakan tungku kayu sebagai alat untuk memasak. Berkaitan dengan hal ini Budi menjelaskan langkah ini bertujuan melestarikan kuliner tradisional. Budi menilai cita rasa kuliner tradisional akan berubah bila dimasak menggunakan kompor atau gas.

 

Ingin melestarikan tradisi wiwit menjadi alasan sebagian peserta untuk mengikuti festifal ini. seperti Indun Winarsih peserta dari dusun Pangkah Sumberagung Jetis. Indun mengaku tradisi wiwit mulai ditinggalkan masyarakat di dusunnya saat menjelang panen. Tradisi wiwit hanya dilakukan oleh segelintir warga yang masih memegang teguh tradisi. Indun mengaku sebelumnya sudah pernah mengikuti festifal serupa meski belum pernah meraih juara. Untuk memasak satu paket sego wiwit indun mengeluarkan biaya 30 ribu rupiah.

 

Kelengkapan paket sego wiwit yang meliputi nasi,sambel gepeng,ikan petek,telur ayam kampung dan jajan pasar menjadi kriterian utama penilaian. Sebab menurut ketua dewan Yuri Istiyatun setiap bagian dari paket sego wiwit memiliki makna yang saling berhubungan. Sehingga doa yang dipanjatkan tidak akan terkabul bila salah satu bagian dihilangkan. Selain rasa penyajian yang harus sesuai dengan tampilan sego wiwit pada masa lalu menjadi kriteria penilai berikutnya.

 

Sebelum dihidangkan sebagai menu berbuka puasa bagi seluruh warga yang menghadiri festifal. Sego wiwit diarak terlebih dahulu sambil diiringi musik tradisional dari bambu yang dimainkan anak-anak dusun gatak sumberagung Jetis. Setelah tiba waktunya berbuka seluruh warga menikmati bersama sego wiwit sebagai menu berbuka puasa.

 

Kp Demikian Mozaik ramadhan kali ini bagi Kp yang memiliki kegiatan menarik selama bulan ramadhan dapat menginformasikan kepada redaksi di Jalan Jendral Ahmad Yani 22 Bantul,melalui telpon di nomor 367-267 atau 367-503 atau e-mail di persatuan942@ymail.com

Agustus 24, 2009 - Posted by | Uncategorized

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: