Infobantul’s Blog

melihat bantul dengan telinga

Tradisi Padusan

Mozaik Ramadhan 22 Agustus 2009

Kadang persatuan mozaik ramadhan edisi kali ini akan membahas tradisi padusan sebelum menjalankan ibadah puasa. Berikut ulasan selengkapnya.

Kp Padusan atau mandi besar sebelum menjalankan ibadah puasa sudah menjadi tradisi sebagian warga Bantul. Tidak heran sehari menjelang datangnya bulan ramadhan warga masyarakat berduyun-duyun pergi ke kolam.tempat pemandian umum bahkan pantai. Seperti yang terjadi jum’at siang di Pantai Parangtritis kretek Bantul. Ratusan orang tumpah ruah di pantai selatan kabupaten Bantul ini. sebagian pengunjung berasal dari luar kabupaten Bantul. seperti faisal warga Maguwoharjo Sleman yang sengaja datang bersama-sama temannya untuk padusan. Faisal mengaku setiap menjelang puasa selalu datang ke Pantai Parangtritis untuk Padusan. Faisal mengaku tidak mengetahui secara pasti tujuan dari tradisi padusan. Namun yang pasti faisal bersama teman-temanya ingin membersihkan diri sebelum menjalankan ibadah puasa.

Meski sudah menjadi tradisi namun tidak terdapat landasan yang jelas tentang padusan dari sisi agama islam. KH Muzamil pengasuh pondok pesantren Rohmatul Umah di Tegalsari Donotirto Kretek menilai selama tidak dicampuri dengan unsur-unsur syirik dan tidak melanggar norma agama islam pelaksanaan padusan diperbolehkan. Muzamil memastikan tidak terdapat tuntunan berkaitan dengan pelaksanaan padusan dalam Al-qur’an maupun hadist. Menurut Muzamil agama Islam hanya memerintahkan umatnya untuk membersihkan diri sebelum menjalankan ibadah diantaranya dengan mandi. Namun mandi yang diajurkan oleh agama Islam tidak harus dilakukan di tempat umum yang tentu akan lebih banyak mudaratnya daripada manfaatnya.

Bila ditimbang-timbang pernyataan KH Muzamil ternyata banyak benarnya. Padusan di tempat umum yang tidak membedakan jenis kelamin dapat menimbulkan perbuatan maksiat. Selain itu melaksanakan padusan ditepi laut juga rentan terhadap kecelakaan. Tidak heran bila Tim SAR Pantai Parangtritis-Depok menerjunkan seluruh personilnya untuk menjaga pelaksanaan padusan. Tim SAR Pantai Parangtritis-DEpok bahkan harus menggelar doa bersama satu malam sebelum padusan untuk  memohon kemudahan kepada Tuhan supaya tugas selama padusan berjalan lancar. Koordinator SAR Parangtritis-Depok Suroyo mengatakan timSAR siap berjaga hingga pengunjung mulai meninggalkan pantai. Di beberapa titik pantai terdapat papan peringatan berbunyi “daerah berbahaya” yang dipasang oleh SAR. Sesekali pengeras suara di sekitar papan tersebut mengumandangkan peringatan bagi pengunjung yang dinilai terlalu jauh masuk ke dalam air. Suroyo menambahkan tim SAR belum diperbolehkan pulang bila masih terdapat pengunjung di pantai. Tak heran sesaat setelah azan Maghrib berkumandang masih terdapat beberapa anggota SAR yang berkeliling karena masih terdapat pengunjung yang bermain air.

Padusan yang belum jelas landasan hukumya dalam agama islam sudah menjadi tradisi. Sementara beberapa amalan yang oleh ajaran Islam dianjurkan untuk dilaksanakan sebelum menjalankan ibadah puasa justru ditinggalkan. Seperti niat dan saling memaafkan sebelum menjalankan ibadah puasa. Menyitir sebuah hadist KH Muzamil mengatakan bahwa bulan ramadhan adalah bulan yang penuh rahmat. Sedangkan rahmat hanya akan diberikan oleh Allah kepada hambanya yang tidak saling manyakiti dan tidak merampas hak orang lain. Sehingga sebelum menjalankan ibadah puasa dianjurkan untuk saling memaafkan sehingga akan menerima rahmat dari Allah swt.

Kp Demikian Mozaik ramadhan kali ini bagi Kp yang memiliki kegiatan menarik selama bulan ramadhan dapat menginformasikan kepada redaksi di Jalan Jendral Ahmad Yani 22 Bantul,melalui telpon di nomor 367-267 atau 367-503 atau e-mail di persatuan942@ymail.com

Agustus 24, 2009 - Posted by | Uncategorized |

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: