Infobantul’s Blog

melihat bantul dengan telinga

Jahit onthel di Bulan Ramadhan

Mozaik Ramadhan 4 September 2009

 

Assalamu’alaikum wr wb

Kp Mozaik Ramadhan edisi kali ini akan menghadirkan jasa jahit onthel. Berikut laporan selengkapnya.

 

Kp aku beli celana baru tapi kepanjangan dimana ya aku harus memotongnya. Kalau ke tukang jahit pasti antri,padahal kan celananya mau aku pakai nanti sore. Oh iya di pasar Bantul kan ada tukang jahit yang bisa ditunggu, kesana aja ah

 

Sejak puluhan tahun lalu  tukang jahit onthel membuka jasa di pasar Bantul. Berbeda dengan tukang jahit pada umumnya yang mengayuh pedal menggunakan kaki,tukang jahit onthel menggerakan roda dengan cara memutar menggunakan tangan sambil duduk dilantai. Karena proses menjahitnya lebih lambat maka mereka lebih banyak melayani perbaikan pakaian seperti menambal,memasang kancing dan memasang retsleting. Salah satu penjahit onthel di Bantul adalah ibu mujilah yang sudah menekuni usaha jahit onthel sejak tahun 1981. Selain menerima perbaikan pakaian mujilah tidak jarang juga menerima pesanan membuat kebaya dan seragam sekolah. Untuk membuat kebaya dan seraga sekolah mujilah mematok harga rata-rata 15 ribu rupiah. Sedangkan untuk perbaikan pakaian rata-rata dihargai 3 ribu rupiah.

 

Tahun-tahun sebelumnya setiap memasuki tahun ajaran baru dan mendekati lebaran seperti saat ini pendapatan mereka selalu meningkat. Namun tidak untuk saat ini mujilah mengaku hanya menerima pesanan membuat beberapa kebaya. Pesanan inipun datang dari pelanggan setianya yang sudah puluhan tahun memanfaatkan jasanya. Kondisi ini semakin diperparah dengan munculnya penjahit-penjahit baru setiap mendekati lebaran. Sehingga setiap penjahit harus meningkatkan pelayanan untuk menarik perhatian konsumen.

 

Walau demikian Mujilah mengaku bersyukur,sebab melalui usaha jahit onthel ini mampu memenuhi kebutuhan rumah tangganya selama puluhan tahun. Mujilah hanya berharap masih terdapat pelanggan setia yang memanfaatkan jasanya. Sebab pekerjaan ini sangat tergantung kepada kesetiaan konsumen di tengah membajirnya produk pakaian jadi dan penjahit dengan kemampuan dan ketrampilan yang terus mengalami peningkatan.

 

Salah satu konsumen yang masih setia memanfaatkan jasa jahit onthel adalah suprihati. Meski tidak pernah memanfaatkan jahit onthel untuk membuat baju. Namun suprihati selalu menggunakan jasa jahit onthel untuk memperbaiki pakaiannya yang rusak. Selain tarifnya murah memperbaiki pakaian di tukang jahit onthel relatif cepat sehingga bisa ditunggu.

 

Wah sudah selesai menjahitnya. Berarti celanya bisa dipakai untuk buka bersama nanti sore. Kalau begitu sudah dulu ya Kp jumpa lagi di mozaik Ramadhan selanjutnya Wassalamu’alaikum wr wb

September 10, 2009 - Posted by | Uncategorized |

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: