Infobantul’s Blog

melihat bantul dengan telinga

Bantul kirim Tim SAR dan tim kesehatan

2 Oktober 2009

 

KP Kabupaten Bantul akan mengirimkan tim SAR dan tim kesehatan untuk membantu pemulihan paska gempa di Sumatera Barat. Sekretaris SAR Bantul Taufik Faqih Husman mengatakan pihaknya sudah mendapatkan intruksi dari Kesbanglinmas Provinsi DIY untuk mempersiapkan 10 personil yang dapat dikirim ke Sumatera Barat sewaktu-waktu. Taufik menjelaskan 10 personil tersebut disesuaikan dengan kebutuhan yang dikehendaki, misalnya pembuatan sumur pantai maka Kesbanglinmas Bantul akan mempersiapkan personil berkemampuan tersebut. Taufik menambahkan Jumat pagi pihaknya sudah mengirim personil untuk berkoordinasi dengan Kesbanglinmas Provinsi namun hingga kini belum diperoleh hasilnya. Di bagian lain Wakil Direktur Bidang Pelayanan RSD Panembahan Senopati Bantul Bambang Gandung Hermanto juga mempersiapkan tim medis untuk dikirim ke Sumatera Barat. Terdapat 8 personil yang akan dikirim terdiri dari 1 dokter umum, 1 dokter spesialis bedah, 1 dokter spesialis ortopedi, 1 dokter spesialis anestesi, 2 perawat dan 2 pembantu umum untuk persiapan akomodasi. Tim kesehatan akan berada di lokasi bencana selama 1 minggu, namun hingga kini Gandung masih menunggu instruksi Dinas Kesehatan Provinsi DIY tentang tanggal keberangkatan.

 

Dua terdakwa P2KP dituntut 2,5 tahun

KP Dua terdakwa kasus penggelapan dana rekonstruksi P2KP diantaranya Siswanto dan Pardi warga Wonokromo Pleret dituntut hukuman penjara 2 tahun 6 bulan dan denda 500 juta rupiah, oleh Jaksa Penuntut Umum sekaligus Kasi Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Bantul Herlina dalam persidangan di PN Bantul Kamis siang. Tuntutan tersebut lebih ringan dibanding tuntuttan kasus yang sama sebelumnya yang mencapai 3 tahun penjara. Herlina menjelaskan kedua tersangka dalam kasus yang kedua ini sudah sempat mengembalikan dana rekonstruksi masing-masing 9 juta rupiah sehingga tuntutan yang diajukan lebih ringan setengah tahun. Herlina menambahkan kedua tersangka merupakan anggota BKM Wonokromo Pleret yang membentuk tim relawan sendiri dan menggelapkan dana rekonstruksi. Total dana yang disalahgunakan mencapai 150 juta rupiah, yang seharusnya akan digunakan untuk rekontruksi 180 rumah. Herlina menambahkan tim jaksa penuntut umum diketuai oleh Herlina dengan anggota Uji Antari, Heny Hendriastuti, Ari Martini dan Basaria. Agenda selanjutnya putusan akan dibacakan Majelis Hakim pada tanggal 19 Oktober 2009.

 

Bantul siapkan EWS di 8 titik

Gempa Sumbar, wisatawan pantai diprediksi turun 25%

KP Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul Suyoto memprediksi penurunan kunjungan di obyek wisata pantai Bantul mencapai 25%. Namun Suyoto memperkirakan hanya berupa dampak jangka pendek dan akan normal kembali secara berangsur-angsur paling lama selama dua tahun. Suyoto menjelaskan saat ini pihaknya juga sedang dalam proses pengamatan dampak bencana di Sumatera Barat terhadap kunjungan wisata untuk mengetahi data persisnya. Bila dibandingkan gempa Bantul tahun 2006 Suyoto memperkirakan penurunan wisatawan tidak akan sebanyak itu. Saat itu omzet wisata turun 30% dari 1,2 juta menjadi 800 ribu rupiah per hari. Suyoto menambahkan pada kondisi normal kunjungan wisata di Pantai Parangtritis mencapai 2.000 orang per hari, sedangkan saat akhir pekan mencapai 10.000 orang.

Di bagian lain Kesbanglimas bantul siap alat pendeteksi gempa dan tsunami atau early warning system (EWS) di delapan titik yang mencakup Desa Poncosari Srandakan, Tirtohargo Kretek, Gadingsari dan Gadingharjo Sanden. 8 titik EWS tersebut langsung tersambung dengan mikrofon di 21 masjid setempat. Kasubag Tata Usaha dan Satkorlak Kesbanglinmas Bantul Dwi Daryanto menjelaskan EWS akan menginformasikan bencana gempa dan tsunami dalam bentuk suara atau voice bila gempa tersebut ringan dan tidak berpotensi tsunami. Namun bila gempa besar dan berpotensi tsunami peringatan yang keluar dalam bentuk sirine supaya masyarakat siap mengungsi. Sirine bahaya dapat menyala selama 30 detik dengan bunyi spesifik yang berbeda dengan sirine ambulans maupun kebakaran. Dwi menjelaskan alat tersebut akan terus dicoba tiap satu bulan sekali meski tidak terjadi gempa bumi.

Oktober 5, 2009 - Posted by | Info Harian | , ,

1 Komentar »

  1. semoga banyak daerah lainnya yg bisa mengirim seperti Bantul…

    diterima … 86 … ganti ….

    silahkan ke blog saya richocean Richocean tentang
    2009 3009 ANGKA Gempa PADANG PARIAMAN. 2009 1010 ANGKA Gempa Tsunami ACEH?
    2009 0110 Pagi ini Gempa Bengkulu dan Jambi Menyusul Gempa Padang
    Selama 17 jam, 3x Gempa PADANG Sumatra Barat
    Gempa Sumatra Barat Tiap Bulan 666 Gempa 40 Tahun

    atau blog saya lainnya
    Richmountain

    salam …

    Komentar oleh richocean | Oktober 5, 2009 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: