Infobantul’s Blog

melihat bantul dengan telinga

Pengiriman TKI formal ke Malaysia masih normal

6 Oktober 2009

 

KP Meski pengiriman tenaga kerja indonesia (TKI) sebagai pembantu rumah tangga (PRT) ke Malaysia sudah dihentikan sejak Juli 2009, pengiriman TKI sektor formal atau pekerja pabrik masih berlangsung. Kasi Penempatan Tenaga Kerja Disnakertrans Bantul Nandini mengatakan permintaan TKI dari Malaysia masih tinggi. Lebih dari 10 perusahaan di malaysia memberikan permohonan pengiriman TKI dari Bantul. Sebagian besar bergerak di bidang elektronik dan kontruksi. Hingga September 2009 realisasi pengiriman TKI ke luar negeri mencapai 222 orang, 80% diantaranya merupakan pengiriman TKI ke Malaysia. Sementara itu penghentian pengiriman TKI sebagai PRT ke Malaysia sejak Juni 2009 menurut Nandini hingga kini belum memperoleh tindak lanjutnya. Pemerintah RI sedang memperbaiki MOU kerjasama dengan Malaysia dalam pengiriman TKI sebagai PRT tersebut. Saat ini pengiriman PRT dari Bantul beralih ke Hongkong dan Taiwan. Sebelum berangkat, para calon PRT mendapat pembekalan terlebih dahulu dari PJTKI yang membawanya. Nandini menambahkan gaji PRT di Taiwan lebih tinggi dibandingkan Malaysia. Di Taiwan seorang PRT dapat memperoleh 3 juta rupiah per bulan sedangkan di Malaysia hanya mencapai 1 juta rupiah per bulan.

 

Pelaku pemerasan divonis 1 tahun 2 bulan

KP Bejo alias Moh Gein alias Prasetyo warga Dusun Kerto Pleret divonis 1 tahun 2 bulan oleh Majelis Hakim V Banar dalam persidangan yang digelar di PN Bantul Selasa siang. Bejo terbukti bersalah telah melanggar pasal 368 KUHP tentang pemerasan. Pemerasan yang telah dilakukan Bejo kepada korbannya mencapai 500.000 rupiah. Vonis yang dijatuhkan MH tersebut lebih ringan dibandingkan vonis terhadap Wakijan, rekan Bejo dalam perkara yang sama yang mencapai 2 tahun. Sementara itu Jaksa Penuntut Umum Nur Khomsiah mengatakan vonis lebih ringan dibandingkan tuntutan yang dia ajukan sebelumnya mencapai 1 tahun 6 bulan.

 

Haji

Calon jamaah haji mendapat vaksinasi

KP Calon jamaah haji mulai memadati Dinas Kesehatan Bantul untuk mendapatkan vaksinasi meningitis dan influenza. Mereka juga mendapat pelayanan pemeriksaan kesehatan yang lain. Ispan salah satu calon jamaah haji mengaku mendapat suntikan vaksin meningitis di lengan sebelah kanan dan vaksin influenza di lengan sebelah kiri. Ispan berpendapat vaksinasi meningitis tidak haram meski terdapat fatwa haram MUI tentang adanya kandungan babi di dalamnya. Menurut Ispan dalam keadaan darurat vaksin diperbolehkan. Ispan hanya ditarik biaya 50.000 rupiah untuk mendapatkan vaksinasi tersebut, namun bila terdapat tambahan vitamin yang perlu dikonsumsi maka terdapat tambahan biaya. Ispan mencontohkan untuk pusing-pusing biaya vitaminnya mencapai 119 ribu rupiah. Ispan menambahkan sebelumnya dirinya juga menjalani pemeriksaan kesehatan laboratorium di puskesmas dan beberapa tes kesehatan seperti EKG dan ronsen. Biaya totalnya mencapai 150.000 rupiah per orang. Pemeriksaan kesehatan kan berlangsung hingga 10 Oktober 2009 sesuai jadwal masing-masing kecamatan.

 

Pendidikan

MAN wajib buka jurusan agama

KP Madrasah aliah negeri (MAN) saat ini diwajibkan untuk membuka jurusan agama. Kepala Sekolah MAN Gandekan Bantul Imam Suaji menjelaskan pihaknya sudah memulai jurusan agama sejak angkatan 2009/2010 dengan kapasitas satu kelas yang menampung 36 siswa. Imam menjelaskan jurusan tersebut akan terus dibuka sehingga pihaknya menerima siswa baru untuk jurusan agama mulai tahun ajaran 2009/2010. Imam menambahkan sebelumnya MAN Gandekan pernah membuka jurusan tersebut namun sudah ditutup sekitar tiga tahun lalu dan dibuka kembali tahun 2009. Namun saat itu jurusan dinamakan madrasah aliah keagamaan (MAK) dan diharuskan memiliki asrama, karena MAN Gandekan tidak memiliki asrama maka jurusan kemudian ditiadakan.

Oktober 7, 2009 - Posted by | Info Harian | , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: