Infobantul’s Blog

melihat bantul dengan telinga

Bantul galang dana untuk korban gempa Sumatera Barat

7 Oktober 2009

KP Pemerintah Kabupaten Bantul melakukan penggalangan dana untuk membantu pemulihan paska gempa di Sumatera Barat. Wakil Bupati Bantul Sumarno menjelaskan penggalangan dana dilakukan di setiap dinas instansi pemerintah yang mencakup pegawai negeri sipil (PNS), masyarakat dan murid-murid sekolah-sekolah. Untuk penggalangan dana PNS Sumarno mentargetkan jumlahnya mencapai 150 juta rupiah. Dana tersebut akan dibawa sendiri oleh Bupati Bantul Idham Samawi dalam kunjungan Pemda Bantul ke Sumatera Barat yang diagendakan dalam waktu dekat. Kunjungan tersebut diharapkan dapat menjadi dukungan moral bagi warga Sumatera Barat karena Bantul pernah mengalami gempa besar tahun 2006 silam.

Salah satu instansi yang melakukan penggalangan dana yaitu RSD Panembahan Senopati Bantul. Wakil Direktur RSD Panembahan Senopati Gandung Bambang Hermanto menjelaskan penggalangan dana berawal dari inisiatif Direktur RSD I wayan Sudana untuk memberikan dukungan kepada warga Sumatera Barat. Penggalangan dana segera dimulai Senin 5 Oktober kepada segenap staf dan karyawan RSD Panembahan Senopati. Penggalangan dana yang bersifat sukarela tersebut hingga Rabu 7 Oktober jumlahnya sudah mencapai 100 juta rupiah. Dana yang berhasil digalang akan diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten Bantul dan direncanakan akan diserahkan ke Sumatera Barat oleh Bupati Bantul Idham Samawi dalam silaturahmi Pemda Bantul. (lia)

 

Tim relawan kesehatan berangkat ke Padang Pariaman

KP Tim relawan kesehatan dari Bantul akan berangkat ke Sumatera Barat Kamis 8 Oktober setelah pamitan dengan Bupati Bantul di rumah dinas. Koordinator tim kesehatan ortopedi Gandung Bambang Hermanto menyebutkan tim kesehatan terdiri dari 4 tenaga medis, 4 perawat, 1 penata anestesi dan 1 KSR. Mereka dilengkapi dengan peralatan dan obat-obatan yang mendukung 20 hingga 25 paket operasi besar. Operasi besar yang disiapkan diantaranya bedah ortopedi dan pemasangan pen. Gandung menambahkan tim kesehatan dari Bantul diarahkan untuk ditempatkan di RS Kabupaten Padang Pariaman. Karena di kabupaten tersebut masih terdapat korban-korban yang belum mendapat penanganan. Di samping itu akses jalan ke Padang Pariaman sudah baik dan dapat dilewati alat-alat transportasi dengan mudah. Gandung menambahkan tim kesehatan akan berada di Padang Pariaman selama satu minggu sebagai tim tanggap darurat. Mereka satu paket dengan tim satkorlak dan evakuasi dari Pemda Bantul yang didanai oleh Pemda Bantul dan Pemprov DIY. (lia)

 

Pertanian

Dana paska panen akan dikembalikan dalam bentuk hasil panen

KP Pemerintah Desa Gadingharjo Sanden dan Dinas Pertanian Kehutanan (Dipertahut) Bantul sepakat supaya peminjam dana paska panen di Gadingharjo Sanden dikembalikan dalam bentuk hasil panen. Sebelumnya dana paska panen Dipertahut senilai 1,7 miliar rupiah dipinjam oleh petani bawang merah yang panennya kebanjiran. Kepala Dipertahut Bantul Edy Suharyanto menjelaskan berdasar kesepakatan dengan Pemdes Gadingharjo Sabtu 26 September, peminjam sanggup membayar dalam bentuk hasil panen senilai 200 juta rupiah. Sedangkan desa lain belum terdapat perkembangan informasi. Edy menambahkan berdasar kesepakatan bawang merah tiron dihargai 5.000 rupiah per kilogram, sedangkan bawang merah biru seharga 7.000 rupiah per kilogram. (lia)

 

Pendidikan

Jumlah RSBI belum akan ditambah

Kp Dinas Pendidikan Dasar kabupaten Bantul belum akan menambah jumlah Rintisan Sekolah Berbasis Internasional (RSBI). Kepala Dinas Pendidikan Dasar Bantul Sahari mengatakan saat ini pihaknya berkonsentrasi untuk menjadikan 3 RSBI masing-masing SD Manunggal,SMP Negeri 1 Bantul dan SMP Negeri 1 Piyungan menjadi Sekolah Berbasis Internasional (SBI). Sahari mengaku untuk mewujudkan RSBI menjadi SBI dibutuhkan biaya,tenaga dan pikiran yang tidak sedikit. Sahari menjelaskan untuk menjadi SBI maka RSBI harus memenuhi 8 kriteria meliputi kemampuan guru dibidang bahasa inggris dan teknologi informasi,jumlah siswa dan ruang kelas,tingkat pendidikan guru serta kurikulum berbasis nasional.

Dibagian lain anggota DPRD Bantul dari Fraksi PKS Agus Efendi berharap pembentukan RSBI maupun SBI tidak semata-mata hanya mengejar target. Berkaca dari penggabungan SMP Negeri 1 dan 4 Bantul Agus melihat kesan dipaksakan. Indikasi inidilihat dari munculnya keluhan guru,siswa maupun orangtua murid khusunya dari SMP Negeri 4. Agus dapat memaklumi munculnya keluhan ini sebab 2 sekolah ini memang memiliki input yang berbeda. Sehingga akan muncul permasalahan bila keduanya digabung dengan standar yang sama. Belajar dari kondisi ini agus berharap berbagai bentuk penggabungan maupun pemisahan sekolah tidak terjebak pada target-target jumlah. Yang menurut Agus justru dapat menurunkan kualitas pendidikan. (tok)

 

Kriminal dan Hukum

Curi ayam jago divonis 2,5 bulan

Kp Gara-gara mencuri seekor ayam jago Sunaryo warga Wates Kulon Progo dijatuhi pidana penjara 2 bulan 15 hari oleh Hakim PN Bantul Suharyanti. Putusan ini sedikit lebih ringan dibanding tuntutan JPU Dian Natalia yang menuntut terdakwa dengan pidana penjara selama 3 bulan. Dalam putusan terungkap peritiwa pencurian terjadisabtu 1 Agustus 2009 di rumah ribut suwito Ngepet Srigading Sanden. 2 hari setelah pencurian terdakwa ditangkap petugas dan diproses lewat jalur hukum. Dalam memutuskan pidana bagi terdakwa hakim mempertimbangkan hal-hal yang memberatkan diantaranya perbuatan terdakwa merugikan orang lain serta hal-hal yang meringankan diantaranya terdakwa belum pernah dihukum. (tok)

Oktober 8, 2009 - Posted by | Info Harian | , , ,

1 Komentar »

  1. lanjutkan berita Bantul ….

    silahkan ke blog saya Richocean tentang

    Foto GOOGLE 3 IN 1 : Lempeng, Gempa, Gunung Api Sumatra, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Sumbawa, Timor, Sulut, Halmahera, Malut

    atau blog saya lainnya
    Richmountain

    salam …

    Komentar oleh richocean | Oktober 8, 2009 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: