Infobantul’s Blog

melihat bantul dengan telinga

Tiga raperda baru siap diajukan

10 Oktober 2009

KP Bagian Hukum Sekretariat pemda bantul siap mengajukan tiga raperda baru ke DPRD Bantul. Kabag Hukum Suarman menyebutkan tiga raperda baru tersebut diantaranya raperda retribusi pasar, raperda dampak sosial dan raperda sarana kesehatan. Namun Arman masih menunggu terbentuknya kelengkapan dewan di DPRD Bantul untuk pembahasannya. Arman menambahkan terdapat satu raperda lagi yang siap diajukan yaitu raperda tentang desa, namun karena keterbatasan anggaran maka raperda tersebut menjadi angenda tahun 2010. Arman menjelaskan perda tentang retribusi hendaknya diperbaharui setiap lima tahun. Sedangkan perda yang lain harus diperbaharui ketika peraturan induknya berubah. Arman mencontohkan perda kesehatan sebelumnya sudah dibuat sejak tahun 2002 namun karena sejak tahun 2008 terdapat Dinas Perijinan maka sebagian izin kesehatan diurus di Dinas Perijinan. Perubahan pengurusan izin dari Dinas Kesehatan ke Dinas Perijinan tersebut melatarbelakangi perbaharuan perda kesehatan. Selama tahun 2009 terdapat 16 perda yang berhasil disusun oleh Bagian Hukum Pemda Bantul. (lia)

 

Dinas Perijinan berlakukan surat penegakan Perda

KP Sejak tiga bulan terakhir Dinas Perijinan Kabupaten Bantul memberlakukan surat penegakan perda. Surat penegakan perda berfungsi supaya para pemohon izin yang meningalkan izinnya di Dinas Perijinan lebih dari satu bulan segera diambil. Kabid Pelayanan dan Informasi Dinas Perijinan Dian Mutiara menjelaskan pemberlakuan surat penegakan perda dilatarbelakangi karena pada tahun 2008 terdapat 20% ijin yang sudah jadi namun tidak diambil oleh para pemohonnya. Karena tahun 2008 belum terdapat penegakan perda maka 20% izin tersebut dibiarkan menumpuk di Dinas Perijinan. Namun sejak terdapatnya surat penegakan perda Dian mentargetkan semua izin yang sudah jadi segera diambil oleh pemohonnnya. Dian menambahkan cara kerja surat penegakan perda tersebut bekerja sama dengan Satpol PP. Petugas Satpol PP mendatangi pemohon izin sambil memberikan surat penegakan perda berdasar rekomendasi Dinas Perijinan. Dian menambahkan standar pembuatan ijin di Dinas Perijinan rata-rata 12 hari sehingga setelah lewat waktu tersebut Dian menghimbau pemohon ijin untuk segera mengambil izin yang sudah jadi. (lia)

 

Pertanian

Semai benih sebelum awal November

KP Petani dihimbau untuk menyemai benih padi sekitar 10-14 hari sebelum awal November, karena mundurnya musim hujan diperkirakan sampai awal November. Himbauan tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan (Dipertahut) Bantul Edy Suharyanto. Edy menjelaskan untuk menghemat air karena Oktober kemungkinan belum hujan maka petani disarankan melakukan persemaian kering. Lahan semai dicacah kemudian benih disebar lalu diimbun tanah tipis kurang lebih satu senti meter kemudian baru ditimbun jerami. Cara pemberian air supaya hemat dengan disiram bukan diairi. Edy menjelaskan semai kering ini perlu dilakukan sebelum awal November supaya waktu yang dimiliki petani tidak terbuang banyak ketika menunggu datangnya hujan. Petani juga tidak perlu khawatir terhadap kualitas benih yang dihasilkan karena semai kering dan basah kualitasnya sama. Edy menambahkan di Bantul terdapat 16.200 hektar lahan sawah, 12.000 diataranya tidak tergantung terhadap musim hujan, sedangkan 4.200 diantaranya tergantung pada musim hujan yaitu lahan sawah tadah hujan, sawah dengan irigasi tidak stabil dan sawah yang bergantung pada sumur. Ketiga lahan ini yang dihimbau menebar benih sebelum awal November. (lia)

 

Pilkada Bantul 2010

Parpol mulai seleksi calon jagoan

Kp Partai Politik di kabupaten Bantul mulai menyeleksi calon yang akan diusung pada Pilkada 2010. Sekertaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional Bantul Fahrudin mengaku sudah mengantongi 3 nama yang bakal diajukan dalam pilkada. Saat ini tim DPD PAN masih menyeleksi untuk menentukan nama yang paling sesuai dengan kriteria PAN. Fahrudin menjelaskan menilik keberhsilan bupati Bantul sebelumnya maka PAN berharap calon yang diajukan minimal memiliki kapasitas yang sama dengan bupati sebelumnya. Walau memiliki hak untuk mengajukan calon namun PAN belum menentukan untuk mengajukan calon sendiri,berkoalisi atau justru mendukung calon dari Partai lain.

Sementara itu Dewan Pimpinan Cabang Partai Kebangkitan Bangsa Bantul mengaku sudah didekati oleh salah satu tokoh sebagai kendaraan politik. Meski tidak memiliki hak untuk mengajukan calon namun PKB optimis bila calonnya sesuai dengan kehendak masyarakat maka Partai politik lainnya akan bersedia untuk berkoalisi. Ketua DPC PKB Bantul Aslam Ridlo menilai dalam pilkada Partai Politik hanya bertugas menyediakan calon pemimpin terbaik menurut rakyat. Sehingga masalah dipilih atau tidak sepenuhnya berada di tangan rakyst.

Dibagian lain Dewan Pimpinan Daerah Partai Golkar mengaku sudah didekati 5 calon yang ingin mengandeng Partai Golkar pada Pilkada 2010. Namun berkaitan sukses pilkada sebagai salah satu agenda setelah munas. Maka DPP Partai Golkar akan mengeluarkan petunjuk teknis berkaitan dengan pilkada. Termasuk didalamnya tentang kriteria calon dari Partai Golkar.

Seleksi terhadap calon yang akan diusung pada pilkada 2010 juga dilakukan Dewan Pimpinan Daerah Partai Keadilan Sejahtera Bantul. Ketua DPD PKS Bantul Arif Haryanto mengaku sudah membentuk tim beranggotakan 11 personil yang bertugas menyeleksi nama calon sesuai dengan kriteria yang ditetapkan. Arif mengaku PKS akan mengajukan nama calon dengan kriteria memiliki integritas tinggi sehingga memiliki keberanian untuk membongkar berbagai kasus dan permasalahan yang terjadi di Bantul selama ini. Selain memiliki kredibiltas dan dapat diterima warga masyarakat. Arif menambahkan selain 3 nama dari luar Partai seleksi juga dilakukan terhadap kader yang berpotensi maju dalam pilkada. (tok)

Oktober 13, 2009 - Posted by | Info Harian | , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: